Jurusan Kedokteran di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Medicine

Medicine(farmasi) mempelajari obat-obatan dan merupakan seni dalam menyembuhkan penyakit baik fisik maupun mental pada tubuh manusia. Berasal dari bahasa latin “medicina” yang berarti “seni penyembuhan”, ilmu obat-obatan menjadi sangat penting sejak zaman prasejarah dimana tumbuh-tumbuhan dan organ hewan digunakan untuk menyembuhkan penyakit.

Saat ini, saat teknologi sudah sangat berkembang, keahlian diagnostik menjadi lebih efisien dan pertumbuhan tingkat kesembuhan yang jauh meningkat. Sebagai salah satu ilmu akademik, farmasi selalu berkembang dan menjadi jurusan yang semakin menarik, baik pada program sarjana maupun pascasarjana.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda tertarik untuk mengerti cara kerja tubuh manusia? Apakah Anda berencana menjadi seorang dokter? Apakah Anda tertarik pada perkembangan dunia medis dan mengenai dampaknya pada lingkungan sosial? Jika demikian, maka jurusan farmasi merupakan pilihan yang ideal untuk Anda.

Namun farmasi merupakan bidang ilmu yang kompleks dan mahasiswa tidak hanya diharuskan untuk mempunyai minat yang mendalam terhadap jurusan ini, namun juga harus dapat menunjukkan bakat alami pada ilmu sains. Mempelajari farmasi juga membutuhkan waktu kuliah yang panjang, begitu juga dengan kelas tambahan, sehingga penting bagi Anda untuk bekerja keras, selalu termotivasi dan berdedikasi pada perkuliahan.

PROSPEK KERJA

Sebagian besar mahasiswa mengambil jurusan yang berhubungan dengan farmasi bertujuan untuk menjadi dokter ataupun praktisi medis profesional. Dengan rata-rata gaji £29,146 per tahun, sebenarnya terdapat beragam pilihan pekerjaan tersedia bagi lulusan jurusan farmasi. Selain pilihan pekerjaan seperti dokter, ahli bedah, dan konsultan, lulusan jurusan farmasi juga dapat melakukan penelitian laboratorium dalam merancang serta menganalisa berbagai penelitian ilmiah. Keahlian mereka juga dibutuhkan dalam meramu resep pengobatan dan menawarkan saran medis yang berhubungan dengan obat-obatan.

Selain itu, banyak mahasiswa jurusan medis yang mengambil pendidikan lanjutan, yang dapat mengembangkan pengetahuan mereka ke dalam industri lainnya, seperti jurnalisme, atau pelatihan ulang untuk menjadi pengacara pada bidang hukum dan etika medis yang menjanjikan.

Bagi mereka yang ingin bekerja pada bidang yang tidak berhubungan, ilmu farmasi merupakan jurusan bergengsi, dimana para lulusannya dapat mengembangkan berbagai keahlian beragam. Mulai dari kemampuan bekerja secara mandiri dan keahlian komunikasi yang tinggi, hingga pengembangan kepemimpinan dan beradaptasi dengan lingkungan dinamis yang cepat berubah, semua keahlian yang dipelajari selama kuliah dapat diaplikasikan pada dunia industri seperti bank dan lembaga keuangan, serta pemasaran.

PROSES PERKULIAHAN

Farmasi merupakan jurusan bergengsi yang membutuhkan dedikasi dan bakat intelektual, baik pada program sarjana maupun pascasarjana. Untuk mendaftar ke program sarjana, Anda harus memiliki nilai minimal 3 nilai As atau yang setara. Untuk mendaftar ke program Pascasarjana, Anda harus memiliki gelar sarjana dengan predikat 2:1 pada jurusan farmasi atau jurusan lain yang berhubungan dengan sains.

Jika bahasa ibu Anda bukan bahasa Inggris, maka Anda harus membuktikan bahwa bahasa bukanlah penghalang bagi Anda untuk mengikuti perkuliahan. Anda diwajibkan mengikuti ujian IELTS dan mendapatkan nilai minimal 6.0.

Lamanya masa perkuliahan, sangat bergantung pada universitas dan di tingkat mana Anda kuliah. Sebagian besar program pascasarjana membutuhkan waktu kurang lebih 2 hingga 3 tahun, sedangkan program sarjana membutuhkan waktu 5 tahun. Metode penilaiannya juga beragam, dengan tugas tertulis dan eksperimen praktek sebagai indikator untuk menilai pemahaman Anda.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Persaingan untuk masuk jurusan farmasi cukup ketat, hal ini disebabkan oleh universitas tempat Anda kuliah akan menentukan masa depan Anda. Jika saat ini Anda sedang mendaftar untuk program sarjana, namun berencana untuk menjadi dokter nantinya, maka pastikan Anda masuk pada universitas ternama seperti Cambridge atau Nottingham. Apapun program kuliah Anda, baik itu sarjana maupun pascasarjana, pastikan universitas pilihan Anda memiliki hubungan kerja erat dengan rumah sakit dan fasilitas medis lokal yang memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal selama berkuliah.

Pertimbangan lainnya adalah biaya kuliah Anda dan juga syarat penerimaan. Sebagian besar universitas hanya akan menerima mahasiswa yang memiliki nilai A-level untuk program sarjana, atau dengan nilai 2:1 bagi program pascasarjana. Sebelum memutuskan bahwa farmasi adalah jurusan yang tepat untuk Anda, periksa kembali apakah nilai Anda sudah memenuhi persyaratan ini. Karena jurusan farmasi memutuhkan waktu hingga lebih dari 5 tahun, Anda harus memikirkan masalah biaya secara seksama. Apakah Anda mampu membiayai kuliah Anda? Apakah Anda mampu membiayai kebutuhan hidup Anda?

Jika Anda mengalami masalah keuangan, terdapat berbagai pilihan beasiswa yang tersedia.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Kedokteran apa saja yang tersedia di sana?

1

Ilmu Kesehatan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Pengobatan (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Farmasi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Patologi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Kedokteran

1
114
Malaysia
DILIHAT 16,971 KALI Lihat 40 program
2
9
Australia
DILIHAT 16,014 KALI Lihat 71 program
3
210
Inggris
DILIHAT 13,489 KALI Lihat 157 program
4
93
Jepang
DILIHAT 6,062 KALI Lihat 10 program
5
69
Jerman
DILIHAT 5,246 KALI Lihat 15 program
6
173
Korea Selatan
DILIHAT 5,211 KALI Lihat 3 program
7
168
Singapura
DILIHAT 5,067 KALI Lihat 13 program
8
211
Amerika Serikat
DILIHAT 2,229 KALI Lihat 699 program
9
39
Cina
DILIHAT 1,783 KALI Lihat 16 program
10
131
Belanda
DILIHAT 1,582 KALI Lihat 13 program