Jurusan Psikologi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Psychology

Psikologi merupakan suatu displin ilmu mengenai penelitian ilmiah tentang perilaku mental. Bukan hanya menjelaskan apa yang kita lakukan dan bagaimana kita berperilaku, namun juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik tindakan kita. Mulai dari pemikiran persepsi, pengakuan kognitif, dan hubungan interpersonal, teori dan informasi psikologi seringkali digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam serangkaian aktivitas manusia yang luas.

Kata psikologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang jiwa, diambil dari bahasa Latin “psychologia”, pertama kali digunakan di akhir abad 15 sampai dengan awal abad 16 oleh Marlo Marulic. Saat ini, terdapat beragam teori yang dieksplorasi di jurusan psikologi, mulai dari fungsionalisme, psikoanalisa, dan kognitivisme, semuanya itu menjadi topik pada program sarjana dan pascasarjana.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda mempunyai minat untuk mengerti orang lain? Apakah Anda tertarik untuk mengetahui mengapa kita berperilaku seperti sekarang ini? Jika demikian, maka psikologi merupakan jurusan yang tepat bagi Anda.

Namun, jurusan psikologi bukan hanya membutuhkan mahasiswa yang mempunyai minat yang tinggi pada psikologi, tapi juga memiliki daya analisa yang kuat, dapat mengaplikasi dan menginterpretasi berbagai teori psikologi pada kasus hidup nyata.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini juga akan mendalami ilmu dengan waktu belajar di ruang kuliah maupun di luar jam kuliah, dan harus bekerja keras serta bisa memotivasi diri sendiri.

PROSPEK KERJA

Sebagian besar mahasiswa mengambil Jurusan Psikologi karena ingin berkarir dalam bidang konseling atau sejenisnya. Mulai dari pekerjaan seperti psikolog klinis sampai dengan psikolog perusahaan, terdapat beragam jenjang karir yang tersedia bagi para lulusan dengan nilai yang memuaskan, baik pada sektor swasta maupun pemerintah.

Selain itu, masuk pada bidang pelaksanaan hukum merupakan pilihan pekerjaan bagi sebagian lulusan jurusan psikologi. Psikolog forensik seringkali dibutuhkan dalam kesatuan polisi untuk mengerti pikiran para kriminal, dan mereka kerap kali membantu dalam memecahkan kasus kejahatan.

Pekerjaan di luar psikologi juga dapat menjadi pilihan. Karena keahlian analisa dan pengalaman dalam mengerti orang beserta perilakunya yang didapatkan selama kuliah psikologi, para lulusa bisa bekerja di bidang seperti manajemen ritel dan peran sumber daya manusia, sampai dengan kegiatan sosial. Pilihan pekerjaan bagi lulusan psikologi tidak terbatas.

PROSES PERKULIAHAN

Psikologi merupakan jurusan yang dapat dipelajari pada tingkat sarjana maupun pascasarjana, yang berarti terdapat banyak pilihan modul tersedia bagi mereka yang berminat mengambil spesialisasi. Lamanya masa perkuliahan sangat bergantung pada universitas dan tingkat kuliah Anda. Sebagian besar program pascasarjana membutuhkan waktu minimal 1 tahun (untuk penuh waktu, untuk mendapatkan gelar MA) dan program sarjana membutuhkan waktu minimal 3-4 tahun.

Sebagian besar universitas mengharuskan mahasiswa untuk menunjukkan keahlian analisa mereka selain minat pada psikologi. Nilai mata pelajaran sebelumnya, seperti bahasa Inggris, sejarah, psikologi atau bahkan biologi, dapat meningkatkan kesempatan penerimaan Anda di suatu universitas. Program sarjana mewajibkan mahasiswanya memiliki nilai 3 nilai As, sedangkan pada program pascasarjana, mahasiswa diwajibkan memiliki gelar sarjana dengan predikat 2:1 pada mata pelajaran yang berhubungan dengan psikologi.

Bagi para mahasiswa asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk lulus Tes IELTS dengan nilai minimal 6.0.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Sebagian besar universitas memiliki persyaratan khusus bagi calon mahasiswa. Untuk program sarjana, para calon mahasiswa diharapkan untuk memiliki nilai A-levels pada mata pelajaran tertentu. Persyaratan untuk mendaftar ke program pascasarjana adalah memiliki gelar sarjana dengan predikat 2:1. Sebelum Anda memutuskan jurusan yang diinginkan, pastikan dahulu Anda dapat memenuhi segala persyaratannya. Hubungi pihak universitas jika pada kondisi tertentu mereka dapat memberlakukan pengecualian.

Saat Anda mendaftar pada jurusan psikologi, penting bagi Anda untuk tidak hanya memeriksa pilihan modul yang tersedia, namun juga untuk pengalaman praktek yang disediakan universitas selama kuliah. Apakah ada pilihan untuk penempatan kerja selama kuliah? Kebanyakan universitas membina hubungan baik dengan rumah sakit dan tempat praktek pribadi yang tidak hanya akan memberikan mahasiswa pengalaman praktek, namun juga kesempatan karir yang beragam.

Penting juga bagi Anda untuk memilih lokasi yang menyenangkan selama masa kuliah, terutama jika Anda tinggal jauh dari rumah. Tentu saja perkuliahan Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka selain Anda harus berupaya untuk mendapat hasil yang maksimal selama kuliah. Pilihlah lokasi dimana Anda bisa berkembang secara baik secara akademis maupun emosional.

Jika Anda mengalami masalah keuangan, terdapat banyak pilihan beasiswa tersedia untuk membantu Anda.

Program Psikologi apa saja yang tersedia di sana?

1

Psikologi (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Psikologi Klinis

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Psikologi Kognitif

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Psikologi Perilaku

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Psikologi

1
114
Malaysia
DILIHAT 15,932 KALI Lihat 38 program
2
210
Inggris
DILIHAT 13,850 KALI Lihat 154 program
3
9
Australia
DILIHAT 10,182 KALI Lihat 49 program
4
131
Belanda
DILIHAT 5,530 KALI Lihat 11 program
5
168
Singapura
DILIHAT 5,512 KALI Lihat 15 program
6
69
Jerman
DILIHAT 3,932 KALI Lihat 9 program
7
211
Amerika Serikat
DILIHAT 3,297 KALI Lihat 741 program
8
173
Korea Selatan
DILIHAT 3,184 KALI Lihat 1 program
9
134
Selandia Baru
DILIHAT 2,098 KALI Lihat 8 program
10
32
Kanada
DILIHAT 1,885 KALI Lihat 84 program