Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

MENGENAL INTERNATIONAL BACCALAUREATE (IB)

share image
42739

Sewaktu membaca bagian syarat penerimaan di universitas luar negeri, terutama universitas-universitas di Inggris dan Eropa, sering kita temukan istilah International Baccalaureate (IB). Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan program ini? Mari kita simak lebih lanjut...

 

Mengenai IB

 

IB berasal dari sebuah fondasi pendidikan internasional yang berlokasi di Jenewa, Swiss. IB merupakan kualifikasi yang diakui secara internasional dan diterima di berbagai universitas-universitas ternama di dunia. Mengapa IB begitu diakui? Alasannya karena IB memberikan dasar yang kuat dalam pemahaman konsep setiap mata pelajaran, dan selain itu juga menekankan penyesuaiaan terhadap globalisasi, yakni memahami dan menghormati setiap kebudayaan yang berbeda-beda. Di Program IB, para pelajar dituntut untuk berpikiran kritis dan dilatih untuk belajar secara mandiri.

 

 

Komponen-komponen IB

Setiap pelajar akan diperkenankan untuk memilih 6 mata pelajaran dari bidang matematika, seni, pelajaran sosial, bahasa serta pengalaman eksperimental.

 

Penilaian setiap mata pelajaran akan dibagi menjadi 3 komponen yaitu:

 

1. Extended Essay

Para pelajar akan diberikan sebuah topik dan diminta untuk meyelesaikan essay (sejenis makalah) sepanjang 4000 kata. Untuk menyelesaikan tugas ini, para pelajar harus melalukan penelitian, baik melalui artikel, jurnal, survei, dan metode lainnya yang sesuai dengan mata pelajaran yang diambil. Disini para pelajar dituntut untuk mandiri, menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari untuk membahas dan menganalisa topik yang diberikan.

 

Proses penyelesaian extended essay ini sangat membantu para pelajar untuk menyesuaikan diri dengan perkuliahan sarjana. Karena sema perkuliahan sarjana, tugas seperti ini akan diadakan bagi semua mata kuliah sebagai bagian dari proses penilaian.

 

2. Theory of Knowledge (TOK)

Proses ini membahas 6 bidang, yaitu etika, sejarah, seni, matematika, sains dan ilmu sosial. Disini para pelajar dilatih untuk mengemukakan pendapat, argumen, disertai dengan teori-teori yang telah mereka pelajari, atau didukung oleh berita-berita relevan yang pernah mereka baca (baik dari artikel, televisi, jurnal dan lain-lain).

 

Disini para pelajar akan diuji seberapa mereka memahami pelajaran yang telah mereka pelajari, dan seberapa bisa mereka menerapkannya dalam menganalisa dan menyelesaikan kasus nyata yang terjadi di dunia atau dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Setiap pelajar bisa saja memiliki pandangan yang berbeda terhadap suatu masalah. Sering kali jawaban tidak dinilai dari benar dan salah, tetapi melalui bagaimana para pelajar menyampaikan sudut pandang mereka danbagaimana para pelajar menyampaikan dan memperkuat argumen mereka. Dari sini selain bisa melihat seberapa dalam para pelajar memahami konsep pelajaran yang disampaikan, emosi tiap pelajar juga bisa dilihat dan dinilai.

 

3. CAS (Creative, Action, Service)

CAS merupakan suatu proyek yang dilakukan di luar kelas. Para pelajar bisa memilih sesuai dengan mata pelajaran yang mereka ambil. Misalnya untuk mata pelajaran ilmu sosial, pelajar bisa membuat proyek “mengatur acara donor darah”, atau “mengedukasi masyarakat akan pentingnya pendidikan” dan lain sebagainya.

 

Setelah menentukan topik yang diinginkan dan sesuai dengan mata pelajaran, maka pelajar harus mengatur pelaksanaan proyek. Hal ini melatih pelajar untuk terjun ke lapangan, mengadakan interaksi dengan orang-orang, mengadakan survei dan penelitian, kemudian menyampaikannya dalam laporan. Dengan demikian, para pelajar akan lebih terbuka wawasannya dan berkesempatan untuk menerapkan teori-teori yang mereka pelajari di kelas dalam dunia nyata.

 

Kelebihan IB dari program pre-university

Menurut kebanyakan pelajar, program IB jauh lebih sulit dari program pre-university. Akan tetapi hal yang dipelajar juga lebih banyak dan lebih mendalam. Karena selain mempelajari teori, para mahasiswa juga akan dilibatkan dalam kegiatan  atau proyek praktikal seperti CAS.

Tetapi justru karena alasan inilah, program IB sangat dipandang tinggi di berbagai universitas ternama di dunia. Banyak universitas yang akan menerima kredit dari IB, sehingga para pelajar dengan kualifikasi bisa menamatkan gelar sarjana mereka dengan lebih cepat.

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

346924

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

180793