Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

SURAT REFERENSI: HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

6607

APA YANG DIMAKSUD DENGAN SURAT REFERENSI DAN MENGAPA MENJADI BAGIAN PENTING DALAM PROSES PENDAFTARAN UNIVERSITAS BAGI MAHASISWA INTERNASIONAL? BACA PANDUAN KAMI UNTUK MEMASTIKAN ANDA MEMILIKI SURAT REFERENSI YANG MEYAKINKAN...

Bagian terintegrasi dari proses pendaftaran adalah surat referensi. Ini sangatlah berharga karena membantu komite penerimaan untuk memberikan opini tentang pendaftar terlepas dari catatan akademis mereka. Ditambah lagi ini ditulis oleh orang lain, bukan pendaftar sendiri. Surat ini juga dibutuhkan jika mahasiswa ingin mencari pekerjaan jadi ini adalah latihan yang baik untuk masa depan.

 

Apa kegunaan dari surat referensi?

Sebagai permulaan, universitas berbeda memiliki persyaratan berbeda untuk surat rekomendasi. Beberapa diantara mereka hanya tertarik pada surat referensi tentang akademis, sebagian lain juga membutuhkan surat rekomendasi dari perusahaan sekarang atau sebelumnya. Hal ini menjadi umum dalam proses pendaftaran MBA.

 

Akan tetapi, terdapat pula universitas, seperti Stanford University, yang sering kali meminta referensi spesifik – rekomendasi dari rekan Anda atau seseorang yang bekerja bersama Anda di sebuah proyek terlepas dari karir akademis Anda misalnya tujuan suka rela. Kegunaan dari surat ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan Anda bekerja dan berinteraksi dalam sebuah tim, dan mengetahu lebih banyak tentang Anda sebagai individual (minat Anda, keahlian, ataupun bakat yang Anda miliki, dan sebagainya)

 

Apa yang membuat surat referensi sukses?

Hal terpenting adalah seseorang yang Anda minta untuk memberikan referensi, dikenal sebagai ‘referee’. Siapa yang akan menulis surat referensi untuk Anda bergantung sepenuhnya pada Anda, jadi pastikan Anda memilih dengan baik. Seseorang yang Anda pilih haruslah mengetahui Anda dengan baik, berinteraksi dengan dekat Anda belakangan ini, dan seseorang yang memiliki karakter yang dihormati. Lebih banyak wawasan yang dimiliki tentang Anda sebagai mahasiswa dan sebagai individu, akan lebih detail dan unik surat rekomendasi Anda. 

 

Apa yang dapat saya lakukan?

Akan tetapi, bukanlah kewajiban dari pemberi rekomendasi untuk membuat Anda diterima. Apa dapat Anda lakukan untuk mendapatkan referensi Anda:

  • Berbicara dengan pemberi rekomendasi Anda, jelaskan motivasi Anda untuk studi lebih lanjut. Jika Anda memiliki pilihan universitas atau kolese, berikan gambaran detaik kepada pemberi referensi Anda tentang pilihan Anda dan mengapa Anda merasa akan menjadi kandidat yang baik untuk universitas tersebut. Diskusikan pilihan Anda dan mintalah nasihat.
  • Pastikan Anda memberikan professor Anda daftar prestasi Anda, CV atau informasi lain yang Anda rasa penting. Dengan ini mereka dapat menyinggung poin yang Anda harap untuk disertakan dalam aplikasi/resume Anda.
  • Jika Anda tidak membutuhkan surat referensi, tetapi hanya sebuah referensi untuk dihubungi, Anda tetap dapat meminta ijin pemberi referensi Anda sebelumnya. Ini merupakan tindakan yang sopan ketimbang mereka dihubungi secara tiba-tiba dan mennayakan sesuatu tentang Anda.

Konselor penerimaan Amerika Serikat William Tran mengatakan ‘Semakin personal dan spesifik sebuah surat, semakin baik. Saya banyak membaca rekomendasi yang mengatakn hal yang umum seperti “teliti” atau “cerdas”. Ini tidaklah berarti bagi saya karena setiap mahasiswa (saya harap) cerdas, aktif bertanya di kelas, dan memiliki gairah belajar.’

Dia melanjutkan: ‘Tipe lain yang saya lihat hanyalah memberikan list tentang aktifitas extra kurikuler mahasiswa (kapten tim hockey, pendiri klub xyz). Ini seperti merekomendasikan Barrack Obama karena Dia adalah Presiden Amerika Serikat. Surat memerlukan detail, cerita personal dan karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh mahasiswa lain. Tidak hanya gelar semata. 90% surat yang saya baca generik dan mereka kehilangan kesempatan pastinya. Surat dengan kata-kata umum tidaklah membantu dikarenakan hampir semua mahasiswa memilikinya, seseorang dengan pribadi lemah sangatlah tidak diuntungkan.’

Terdapat pula kesalahan umum dari. Mereka cenderung meminta surat rekomendasi dari “orang terkenal” dengan harapan akan membuat impresi yang baik kepada komite penerimaan. Jay Bhatti pada artikel nya, An Inside Look at the Brutal Business School Admission Process berkomentar:

‘Kami mendapat rekomendasi dari senator, CEO, dan pemimpin dunia. Terkecuali jika pendaftar bekerja langsung kepada pemberi rekomendasi, surat referensi ini biasanya sangatlah samar dan tidak berguna. Akan lebih baik untuk mendapatkan rekomendasi dari seseorang yang memiliki hubungan langsung sebagai atasan Anda dan dapat menceritakan tentang prestasi Anda secara langsung.’

 

Bagaimana Anda dapat membantu pemberi referensi Anda

Anda harus memastikan Anda memberikan waktu yang cukup untuk pemberi referensi Anda untuk menulis surat referensi; bagaimanapun juga, mereka membantu Anda, jadi akanlah menjadi tidak sopan bilan Anda mendesak mereka (terlebih lagi bila mereka memiliki jadwal yang padat). Juga sertakan mereka amplop besar yang berisikan segala formulir yang diperlukan, dengan setiap formulir disertakan perangko, dengan alamat, amplop standar bisnis dan list dari universitas serta batas waktu. Setiap batas waktu formulir harus ditulis jelas. Ini menunjukkan jika Anda terorganisasi, yang diharapkan akan terefleksi dalam tulisan yang mereka buat untuk Anda.

 

Dan jika pemberi referensi tidak menulis surat referensi Anda?

Jika anda kuatir pemberi referensi tidak mengirim apa yang diperlukan dan batas waktu sudah dekat, janganlah menganggu mereka atau mereka akan memutuskan mereka tidak akan melakukannya. Kirim email singkat atau datang ke kantor mereka sambil menanyakan apabila mereka memerlukan sesuatu – mereka hanya membutuhkan pengingat dan ini merupakan hal yang baik untuk hal tersebut.

 

Baca juga:

'Tips Menulis CV'

'Proses Pendaftaran ke Universitas Luar Negeri'

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS