Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

5 Tips Mendaftar untuk beasiswa dan dermasiswa

share image
92166

Ingin mencari beasiswa untuk mendanai kuliah? Mulai dari mana ya? Semoga artikel di bawah ini bisa membantu Anda...

Kuliah ke luar negeri membutuhkan dana yang tidak sedikit, tetapi bukan berarti mimpi Anda untuk kuliah ke luar negeri tidak bisa menjadi kenyataaan karena halangan keuangan. Anda bisa mencoba mencari bantuan dana dari beasiswa dan dermasiswa. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mulai mencari beasiswa dan dermasiswa:

 

1. Cari tahu mengenai beasiswa dan dermasiswa apa saja yang tersedia

Tentunya sangat ramai yang mendaftarkan diri untuk beasiswa dan dermasiwa, jadi ada baiknya Anda mencari tahu beasiswa dan dermasiswa apa saja yang tersedia, syarat apa saja yang diajukan, dan mendaftarkan diri ke semua beasiswa dan dermasiswa yang Anda bisa penuhi kriteria untuk mendaftar. Anda bisa mencari ke universitas atau organisasi/badan tertentu.

2. Mulailah pencarian Anda sedini mungkin

Biasanya beasiswa dan dermasiswa menetapkan syarat tertentu seperti ujian bahasa, atau tes masuk tertentu, dimana Anda perlu menyiapkan diri sebelumnya. Semakin awal Anda memperoleh informasi ini, semakin banyak waktu Anda untuk mempersiapkan diri.

3. Perkirakan biaya hidup Anda

Anda akan diminta untuk mengisi formulir mengenai kisaran biaya yang Anda butuhkan. Anda bisa mencari informasi dari blog-blog mahasiswa, katalog universitas, dan sumber lainnya.

4. Menulis personal statement

Anda juga akan diminta untuk menulis personal statement (pernyataan pribadi) untuk disertakan dengan formulir pendaftaran. Di dalam personal statement tersebut Anda perlu memberikan alasan kenapa Anda berhak mendapatkan beasiswa/dermasiswa tersebut.

5. Siap untuk wawancara

Tergantung pihak penyelenggara, proses penilaian kelayakan untuk mendapatkan beasiswa bisa melibatkan presentasi dan wawancara, atau wawancara saja. Sama halnya dengan personal statement, wawancara bertujuan untuk menilai mengapa Anda lebih berhak mendapatkan beasiswa daripada kandidat lain. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

349325

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

182597

Mengapa TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Mungkin banyak yang bertanya, kuliah ke luar negeri kan bukan untuk belajar Bahasa Inggris, kenapa sih harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa diterima di univesitas luar negeri?   Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil

55907