Informasi penting
Singapura: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Biaya Hidup Di Singapura

28487

Biaya hidup di Singapura termasuk sangat tinggi jika dibandingkan dengan negara Asia lainnya. Tetapi jika dibandingkan dengan negara barat, biaya hidup di Singapura masih bisa dibilang terjangkau.

Pengeluaran terbesar semasa kuliah tentunya adalah biaya kuliah, diikuti dengan biaya akomodasi dan makan. Biaya hidup di Singapura pada umumnya berkisar antara S$750-S$2000 per bulan tergantung gaya hidup masing-masing pelajar.   

Berikut ini adalah perkiraan perincian biaya:

  • Makan per bulan S$225 - S$400 (jika makan di kantin kampus atau food court, kira-kira S$3 - $5 untuk tiap kali makan)
  • Transportasi S$20 - S$150 (tergantung frekuensi dan apakah Anda bisa mendapatkan diskon dengan kartu pelajar Anda)
  • Telekomunikasi S$30 atau lebih (tergantung paket yang Anda pilih)
  • Buku dan alat tulis S$30 – S$70 (tergantug keperluan jurusan masing-masing)
  • Biaya lain-lain S$50 - S$100 (misalnya biaya hiburan, keperluan sehari-hari, dan lainnya)

Hiburan dengan harga terjangkau

Singapura dikenal sebagai surga belanja. Orchard Road Singapore dikenal akan pusat perbelanjaannya  yang menawarkan berbagai merk terkenal di dunia. Sayangnya tempat tersebut tidak menawarkan harga yang bersahabat bagi pelajar yang umumnya memiliki anggaran terbatas. Tetapi jangan khawatir, itu tidak berarti Anda tidak bisa shopping. Anda bisa mengunjungi pasar loak. Lime Flea market diadakan setiap Sabtu, menjual berbagai baju vintage, dan aksesoris buatan tangan berbagai desainer. Anda juga bisa mencoba mengunjungi Clark Quay di hari Minggu, dan mengunjungi  Thieves Market. Di sini Anda bisa menguji keahlian Anda dalam tawar menawar, Anda bisa saja mendapatkan barang keren dengan harga sangat murah.

Banyak pelajar menghabiskan akhir pekan mereka dengan menonton di bioskop. Di Singapura, harga tiket bioskop adalah S$10, dengan berbagai pilihan film terbaru dari Hollywood, Cina, Jepang dan Korea, tentu saja dalam teks Inggris.

Makan-makan juga merupakan salah satu hiburan. Jika Anda penggemar kuliner, cobalah mengunjungi Chinatown dan Little India untuk mencicipi berbagai masakan Asia dengan harga terjangkau. Singapore Food Festival diadakan setiap bulan Juli. Di sini Anda bisa mendapatkan kupon diskon atau bahkan kupon gratis untuk mencicipi makanan tertentu, misalnya Singapore Chilli Crab!

 

Mencari jurusan

Singapura
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS