Cross-border study : Memilih cara kuliah - Wajib dibaca

Apa yang dimaksud dengan program ‘franchise’?

441

‘Franchise’ adalah istilah umum dalam bisnis – hampir semua orang mengerti maksudnya – yaitu suatu lisensi/ijin untuk menggunakan brand atau merek dari suatu bisnis atau usaha. Nah, kalo kata ‘franchise’ muncul sewaktu browsing informasi kuliah ke luar negeri maksudnya apa ya?

 

Definisi ‘franchise’ dalam pendidikan tinggi

Artinya kurang lebih dengan ‘franchise’ dalam dunia bisnis, yang berarti sebuat universitas menawarkan program kuliah yang diakreditasi oleh universitas lain. Contohnya: University of Westminster di Inggris memberikan ‘franchise’ kepada universitas di Cina, jadi para mahasiswa yang mengikuti program kuliah ‘franchise’ di universitas di Cina tersebut akan mendapatkan gelar dari University of Westminster. 

 

Apa keunggulannya?

Ini akan memperbanyak pilihan kuliah kamu. Kamu bisa mendapatkan gelar dari universitas impian mu di lokasi yang lebih dekat. Apalagi jika ada universitas lokal atau di negaramu yang memiliki perjanjian ‘franchise’ dengan universitas luar. Itu berarti kamu bisa hemat banyak dan tetap mendapatkan mutu pendidikan yang sama dengan universitas di luar negeri.

 

Universitas mana saja yang punya ‘franchise’?

Cukup banyak! Banyak universitas luar yang menawarkan program ‘franchise’ di universitas di negara lain, dan pilihan yang ditawarkan juga bisa beragam. Program-program ini cukup populer. Jika kamu ingin mencari program ‘franchise’ yang sesuai, kamu bisa memulainya di Hotcourses Indonesia dengan menggunakan filter yang telah tersedia.

 

Apakah mutu program ‘franchise’ sama dengan program di universitas asal?

Agak sulit untuk menjawab pertanyaan ini. Secara teori, tentu saja sama. Universitas yang memberikan ijin ‘franchise’ sangat ketat dalam memonitor dan menjaga standar kualitas program ‘franchise’ yang disampaikan di universitas rekanan mereka. Akan tetapi di luar itu tentu saja berbeda, misalnya lingkungan, fasilitas kampus, dan lain sebagainya.

 

Apakah ‘franchise’ itu sama dengan kampus cabang?

Bedanya ‘franchise’ dengan kampus cabang adalah: suatu universitas bisa menawarkan beberapa program ‘franchise’ dari universitas di luar negeri, dan hanya program-program tersebut yang akan diakreditasi oleh universitas luar negeri yang memberikan ‘franchise’. Sedangkan di kampus cabang, seluruh program kuliahnya berasal dari universitas di luar negeri yang membuka cabang. 

 

Di kampus cabang, semua hal, termasuk layanan dukungan mahasiswa dikelola oleh universitas yang membuka cabang. Sedangkan di universitas yang menawarkan program ‘franchise’, layanan dan fasilitas lainnya dikelola oleh universitas tersebut.

 

Cara menemukan universitas yang menawarkan program ‘franchise’

Kamu bisa mencari jurusan yang kamu inginkan di sini. Setelah hasil pencarian keluar:

1. Gunakan ‘SARING’

 

 

2. Klik ‘PILIHAN KULIAH’ dan akftikan pilihan ‘LINTAS-NEGARA’ untuk mencari universitas-universitas yang menawarkan program ‘franchise’

 

 

3. Pilih universitas-universitas yang memiliki simbol studi lintas-negara

 

 

Selamat mencoba!

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS