Cross-border study : Memilih cara kuliah - Wajib dibaca

Apa Itu Kuliah/Studi Lintas Negara (Gelar Ganda)

1660

Apa itu studi lintas-negara?

Kami menjelaskan apa itu pilihan studi lintas-negara fleksibel, mengapa program ini jadi semakin popular di seluruh dunia dan manfaat yang ditawarkan kepada mahasiswa internasional dan universitas.


Apa itu studi lintas-negara?

Studi lintas-negara*, juga dikenal sebagai transnational education (TNE), terdiri dari program-program studi yang melintasi perbatasan negara. Bisa mendapatkan kualifikasi luar negeri di kampus cabang, menerima gelar ganda di 2 universitas/perguruan tinggi di negara-negara yang berbeda, atau bahkan kuliah untuk kualifikasi online luar negeri adalah semua contoh dari studi lintas negara. Lihat daftar lengkap pilihan studi lintas negara di bawah ini.

 

*Seperti semua jurusan yang terdaftar di situs internasional kami, pilihan studi lintas negara adalah program-program yang diajarkan dalam Bahasa Inggris, walaupun program tersebut adalah kualifikasi yang diberikan oleh universitas/perguruan tinggi di negara yang tidak berbahasa Inggris.



Apa saja manfaat studi lintas-negara?

Studi lintas-negara berkembang luar biasa cepat. Untuk kualifikasi lintas-negara Inggris sendiri, lebih dari 650,000 mahasiswa internasional terdaftar di tahun ajaran 2015/16! Namun, mengapa lintas-negara menjadi sangat popular? Kami menjelaskan beberapa manfaat untuk mahasiswa dan universitas di bawah ini…

Untuk mahasiswa:

  • Memberikan mereka akses untuk kualifikasi luar negeri yang berkualitas yang mungkin tidak bisa mereka dapat
  • Biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan kuliah di luar negeri secara ‘tradisional’
  • Menawarkan studi dengan metode yang lebih fleksibel, yang bisa menyesuaikan dengan komitmen hidup dan menghindari masalah-masalah seperti jaminan mendapatkan bisa pelajar
  • Memiliki gelar kualifikasi luar negeri yang berkualitas bisa menuntunmu ke prospek karir dan kerja yang jauh lebih baik
  • Menawarkan peluang menerima kualifikasi dari lebih dari satu universitas/perguruan tinggi

Untuk universitas/perguruan tinggi/sekolah:

  • Memungkinkan mereka merekrut mahasiswa internasional yang bertalenta yang mungkin bisa mengakses program-program mereka di pasar kuliah luar negeri yang semakin bersaing ketat
  • Mereka bisa mengembangkan hubungan dengan institusi luar negeri
  • Dalam kasus kampus cabang, mereka bisa membawa kehadiran fisik bernuansa luar negeri dengan staf dan system mereka sendiri
  • Mereka bisa meningkatkan jumlah mahasiswa internasional secara keseluruhan tanpa harus mengalokasikan ruang tambahan di kampus-kampus yang telah ada di dalam negeri
  • Seringkali, mereka didukung oleh pemerintah yang melihat studi lintas-negara sebagai pergerakan penting
     

Jenis-jenis studi lintas-negara


Studi lintas-negara datang dari berbagai bentuk dan ukuran. Dengan banyak pilihan, studi ini bisa sangat membingungkan untuk mahasiswa yang ingin mencari jurusan terbaik untuk mereka! Kami telah menjabarkan jenis-jenis utama dari studi lintas-negara di bawah ini dengan contoh masing-masing…

 

Gelar Ganda

Gelar yang diserahkan oleh 2 universitas/perguruan tinggi (atau lebih), di berbagai negara dengan 1 gelar penghargaan yang diakreditasi bersama oleh masing-masing institusi ATAU gelar-gelar diberikan oleh 2 universitas/perguruan tinggi (atau lebih) di berbagai negara dengan 2 gelar individu (atau lebih) yang diberikan, masing-masing diakreditasi oleh institusi individu.

 

Contoh gelar ganda (double degree)

Institusi: ITMO University
Program: Double Degree Master's Program in Optics, Photonics & Optoinformatics (dengan University of Rochester, Amerika Serikat)
Diakreditasi oleh: Master of Science (MSc) dari ITMO university untuk program Optical and quantum technology of transmission, storage and treatment of information, Quantum Informatics, Biophotonics. Master of Science (MSc) dari UR untuk program Optics.

Durasi: 2 tahun
Diambil di luar negeri: Iya – 1 tahun di Rusia + 1 tahun di Amerika Serikat

 

Contoh gelar ganda (dual degree)

Institusi: Sciences Po Paris (Perancis)
Program: Dual Master of International Affairs & Law
Diakreditasi oleh: Gelar LL.M (Dari Georgetown University (Amerika Serikat)) / Master untuk program International Affairs (dari Sciences Po Paris (Perancis))
Durasi: 2 tahun penuh waktu
Diambil di luar negeri: Iya – 1 tahun di Perancis + 1 tahun di Amerika Serikat

 

Kampus cabang internasional

Ketika universitas atau perguruan tinggi terakreditasi mendirikan kampus di luar negeri.

Contoh dari kampus cabang

Institusi: Monash University Malaysia
Program: Master of Philosophy
Diakreditasi oleh: Monash University (Australia)
Durasi: 2 tahun penuh waktu
Diambil di luar negeri: Tidak

 

Program Franchise

Ketika universitas/perguruan tinggi terakreditasi yang bersangkutan memberikan izin kepada suatu institusi di negara lain untuk menawarkan program-programnya di luar negeri.

Contoh program franchise

Institusi: City Unity College (Yunani)
Program: MSc Health Psychology
Diakreditasi oleh: Cardiff Metropolitan University (Inggris)
Durasi: Tidak ditentukan
Diambil di luar negeri: Tidak

 

Program Twinning

Kualifikasi dari universitas/perguruan tinggi yang mengakreditasi dengan waktu yang dihabiskan untuk menjalani perkuliahan di negara lain.

Contoh program twinning

Insitusi: Shaheed Zulfikar Ali Bhutto Institute of Science and Technology (UEA)
Program: BA (Hons) International Business
Diakreditasi oleh: University of South Wales (Inggris)
Durasi: 3 tahun penuh waktu
Diambil di luar negeri: Iya - 2 tahun di UEA + 1 tahun di Inggris

Pembelajaran online/jarak jauh

Kualifikasi dari universitas/perguruan tinggi luar negeri yang diambil secara online atau melalui pembelajaran jarak jauh.

Contoh pembelajaran online/jarak jauh

Insitusi: King’s College London, University of London
Program: International Programme in Addiction Studies MSC
Diakreditasi oleh: King’s College London, University of London (Inggris), University of Adelaide (Australia), Virginia Commonwealth University (Amerika Serikat)
Durasi: 1 tahun online
Diambil di luar negeri: Tidak

 

Siapa yang sebaiknya mempertimbangkan studi lintas-negara?

Mungkin kamu adalah mahasiswa dewasa yang ingin meraih kualifikasi luar negeri tetapi terikat dengan tinggal di rumah karena komitmen keluarga atau lainnya. Mungkin, kamu khawatir tentang sulitnya mendapat visa pelajar. Kamu mungkin mendambakan kualifikasi luar negeri namun keadaan keuangan untuk kuliah luar negeri belum memungkinkan. Studi lintas-negara mungkin cocok untuk kamu!

 

Program ini menawarkan jenis fleksibilitas baru yang berarti kamu bisa kuliah dari rumah secara online atau di kampus cabang yang berada di negara asal atau negara tetangga. Dengan cara ini, kamu tidak akan perlu merelokasi kehidupan kamu ke luar negeri tapi tetap bisa meraih kualifikasi luar negeri yang nantinya bisa membawamu ke masa depan yang lebih baik dengan prospek kerja yang menguntungkan.

 

Lintas-negara juga bisa lebih menarik perhatian mahasiswa internasional yang suka berpetualang! Beberapa jenis studi lintas-negara, seperti gelar ganda, memungkinkan kamu untuk menyelesaikan kuliah di dua negara yang berbeda, yang mana bisa memperkaya pengalaman budaya dan pembelajaran! Kamu juga akan mendapatkan kualifikasi dari dua universitas/perguruan tinggi yang berbeda, yang mana nantinya akan membuat CV kamu lebih unggul dan memungkinkan kamu menerima manfaat sumber daya dari kedua institusi.



Kami mendengarkan mahasiswa kami dan merupakan kebanggaan tersendiri menjadi situs kuliah luar negeri global pertama yang memberikan pilihan daftar studi lintas-negara. Gunakan situs kami untuk melakukan pencarian jurusan dan program yang paling cocok untuk kamu atau baca artikel-artikel di bawah ini untuk mempelajari lebih rinci pilihan studi lintas-negara individu.



Artikel:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS