Cross-border study : Memilih cara kuliah - Wajib dibaca

Apa yang dimaksud dengan kampus cabang? (Branch Campus)

362

Ada banyak kosakata dan istilah baru yang ditemui di saat mencari informasi kuliah ke luar negeri. Beda bahasa membuat masing-masing negara memiliki cara yang berbeda dalam mendeskripsikan sesuatu: degree atau program? College atau universy? Istilah-istilah ini kadang cukup membingungkan.

 

Terlebih lagi jika membaca pilihan tentang kuliah lintas negara – dimana kamu dapat kuliah di kampus cabang universitas yang terletak di negara lain dan bukan di kampus di negara asal universitas. Nah lho? Kok bisa?

 

Definisi kampus cabang 

Yang dimaksud dengan cabang di sini sebenarnya sama dengan pengertian cabang dari toko atau bank yang berada di lokasi lain yang berbeda. Contohnya, University of Nottingham di Inggris memiliki kampus cabang di Malaysia.

 

Kabar baiknya adalah walau kuliah di kampus cabang pun, gelar yang kamu peroleh tetap diakreditasi oleh kampus utama. Jadi, kamu tidak perlu kuliah di negara asal universitas dan tetap dapat mendapatkan gelar dari universitas tersebut. Menarik bukan?

 

Singkat kata, jika ingin mendapatkan gelar dari University of Nottingham, kamu tidak perlu kuliah jauh-jauh ke Inggris, kamu cukup berkuliah di kampus cabang universitas tersebut di Malaysia.

 

 

Istilah lain untuk kampus cabang

Karena ini adalah ide yang relatif baru, masing-masing universitas mungkin menggunakan istilah yang berbeda, tetapi artinya sebenarnya sama, yaitu cabang dari suatu kampus.

 

Beberapa istilah yang biasa digunakan adalah:

  • Satellite site
  • Foreign campus
  • International branch campus
  • Overseas campus

 

Negara mana saja yang memiliki kampus-kampus cabang?

Sangat banyak! Terutama Asia dan Timur Tengah adalah kawasan yang populer. Mungkin dikarenakan fasilitas-fasilitas dan tawaran dari universitas lokal di kedua kawasan tersebut masih terbatas.

 

Universitas-universitas Amerika adalah pelopor kampus cabang. Berbagai kampus cabang universitas Amerika dapat ditemukan di Thailand, Jepang, US, Arab dan Spanyol.  

 

Universitas-universitas Inggris, Eropa dan Australia juga tidak ingin ketinggalan. Setiap tahun semakin banyak kampus cabang dibuka, untuk memenuhi permintaan yang juga semakin meningkat. 

 

 

Apa kelebihan dari berkuliah di kampus cabang?

Setidaknya ada 3 kelebihan yang bisa ditawarkan oleh keberadaan kampus cabang:

 

1. Hemat! Kamu bisa mendapatkan gelar Inggris, Amerika, Eropa atau Australia yang bergengsi hanya dengan kuliah di Asia, yang biaya hidupnya jauh lebih murah. 

 

2. Kamu tidak perlu pergi terlalu jauh dari rumah. Kamu bisa lebih gampang dan lebih sering mengunjungi keluarga dan teman di kampung halaman.

 

3. Kamu bisa mendapatkan gelar berkelas dunia yang mungkin tidak bisa didapatkan di negaramu. Jika pilihan pendidikan tinggi masih terbatas di negaramu, ini adalah suatu cara untuk lebih unggul dari yang lain.

 

 

Bagaimana mencari universitas yang memiliki kampus cabang

Jika tertarik untuk berkuliah di kampus cabang universitas, kamu bisa mulai mencari di sini. Setelah menentukan jurusan, pilih lokasi kuliah yang kamu inginkan, kemudian setelah hasil pencarian keluar:

 

1. Gunakan ‘SARING’

 

 

2. Klik ‘PILIHAN KULIAH’ untuk memilih pilihan ‘lintas-negara’

 

 

3. Dengan demikian, kamu bisa melihat pilihan kampus-kampus cabang yang tersedia.

 

 

Selamat mencoba!

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS