Informasi penting
Study abroad: Before you leave

5 NEGARA TERBAIK UNTUK BELAJAR HUBUNGAN INTERNASIONAL

share image
98

Mempelajari hubungan internasional di luar negeri membantu memperluas pengetahuan kamu tentang situasi politik dan ekonomi di berbagai kawasan global, serta memberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang berbagai budaya. Gelar hubungan internasional dapat mengarah pada pekerjaan di bidang-bidang di mana pengetahuan dan pengalaman internasional dihargai, seperti diplomasi, kemanusiaan, politik, dan hukum.

 

Hubungan internasional adalah cabang studi yang memiliki banyak kegunaan. Jika kamu tidak tertarik mengejar karir di bidang politik atau pemerintahan, kamu masih dapat menggunakan pengetahuan kamu tentang hubungan internasional di berbagai karier. Mempelajari hubungan internasional di luar negeri akan mengajarkan kamu cara bekerja dengan berbagai budaya, orang dan entitas. Dengan latar belakang akademik seperti ini, kamu akan membuka banyak peluang karier yang menjanjikan di berbagai bidang.

 

 

Mempelajari hubungan internasional tidak hanya dapat dilakukan di dalam kelas. Cara terbaik untuk memanfaatkan studi hubungan internasional di luar negeri adalah dengan memilih lokasi yang tepat dan menyelaraskannya dengan tujuan akademik atau karier kamu. Berikut adalah beberapa negara terbaik yang mungkin ingin kamu pertimbangkan untuk mempelajari program hubungan internasional di luar negeri:


 

Swiss

 

Swiss menduduki puncak daftar ini karena berbagai alasan. Di Swiss terdapat situs Konvensi Jenewa, dan juga rumah bagi banyak organisasi politik dan ekonomi internasional. Sebagian besar bisnis dan kantor di Swiss juga melayani pemirsa internasional, dan kesadaran politik sangat terasa di seluruh lembaga negara. Banyak sekolah menampilkan kelas pengantar dalam hubungan internasional dan diplomatik juga. Negara ini juga merupakan rumah bagi Sekolah Diplomasi dan Hubungan Internasional Jenewa, salah satu lembaga paling dihormati yang berfokus pada politik, bisnis, dan pemerintah dalam skala internasional. Mempelajari hubungan internasional di Swiss juga memungkinkan kamu untuk bepergian ke berbagai negara di Eropa, karena kamu dapat naik kereta dan berhenti di negara-negara terdekat seperti Prancis, Jerman, Belgia, Italia, dan Austria. 

 

Inggris

 

Inggris juga merupakan tujuan yang sangat populer bagi siswa hubungan internasional. Tidak hanya universitasnya menawarkan standar keunggulan tertinggi dalam hubungan internasional, tetapi juga rumah bagi beberapa profesor yang paling dihormati di bidang ini. Banyak calon politisi dan pegawai negeri sering pergi ke Inggris untuk belajar, dan lembaga yang paling didambakan adalah Universitas Oxford dan Sekolah Ekonomi dan Ilmu Politik London. Kamu bahkan mungkin memiliki kesempatan untuk magang di Parlemen Inggris selama kamu belajar hubungan internasional di Inggris.

 


 

Belanda

 

Tujuan Eropa lainnya yang sempurna untuk siswa hubungan internasional adalah Belanda. Belajar di Belanda, tepatnya di Amsterdam tidak hanya menawarkan lingkungan global yang kondusif, tetapi juga membuka pintu untuk magang di Den Haag atau markas Pengadilan Kriminal Internasional. Jika kamu berencana untuk berkonsentrasi pada hukum internasional, maka Belanda adalah tempatnya.

 

Amerika Serikat

 

Tentu saja, mempelajari hubungan internasional di Amerika Serikat adalah salah satu pilihan terbaik. Di antara banyak alasan, Amerika Serikat menawarkan lingkungan yang paling kondusif untuk belajar lebih banyak tentang demokras. Banyak negara juga mengikuti gaya pemerintahan Amerika di negara bagian mereka sendiri, jadi pergi ke AS untuk belajar hubungan internasional akan benar-benar menjadi keputusan yang bagus jika kamu berniat menjadi pelayan publik di negara asal kamu nantinya. Selain mempelajari prinsip demokrasi, Amerika Serikat juga merupakan markas dari banyak organisasi internasional, di mana perwakilan dari berbagai negara di seluruh dunia bertemu untuk mempromosikan perdamaian dan menstabilkan hubungan sosial-ekonomi dan politik satu sama lain.

 

Singapura

 

Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang diplomasi Asia, maka kamu mungkin dapat mempertimbangkan untuk belajar hubungan internasional di Singapura. Negara ini menawarkan lingkungan belajar yang baik bagi siswa hubungan internasional, terutama mereka yang ingin berkonsentrasi pada bisnis internasional. Negara ini juga dekat dengan negara-negara Asia lainnya dan menawarkan budaya yang beragam mulai dari Cina, Melayu, Hindu, dan Barat. Di Singapura, kamu dapat belajar tentang Macan Asia baik dari perspektif teoretis maupun praktis, sesuatu yang tidak dapat kamu temukan di banyak negara lain di kawasan ini.

 

Beberapa Program Studi Hubungan Internasional terbaik di dunia yang mungkin ingin kamu ketahui:  

 

  • University Studies Abroad Consortium - Asian-Pacific Rim Economics, Politics and Culture Studies in Chiang Mai, Thailand.

  • European Study Center in Heidelberg - delve into various aspects of the European Union.

  • SIT Study Abroad - Cities in the 21st Century: Comparisons of People, Planning, and Politics in Brazil, Vietnam, South Africa, and the United States.

  • IES Abroad - Chinese Economics, Business, and Society in Shanghai.

  • Trinity College Dublin - Conflict, Religion, and Peacebuilding in International Affairs.

 

 

Baca juga:

KULIAH JURUSAN HUBUNGAN INTERNASIONAL DI LUAR NEGERI BESERTA PROSPEK KERJANYA

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca