Informasi penting
Study abroad: Before you leave

5 PROSPEK KARIR UNTUK LULUSAN JURUSAN PARIWISATA

prospek karir jurusan pariwisata

Bidang pariwisata yang cepat berubah dan sangat kompetitif mengharapkan profesional yang terlatih dengan etos kerja yang serius. Memilih gelar Pariwisata akan membuat kamu terbiasa bekerja di lingkungan internasional dan menjadi lebih selaras dengan kebutuhan tamu dari berbagai latar belakang sosial dan budaya sambil membantu mereka menikmati liburan. Berikut adalah prospek karir untuk lulusan Pariwisata. 

 

AGEN PERJALANAN 

Meskipun orang-orang mulai meneliti dan memesan rencana perjalanan mereka secara online, seringkali perjalanan akan lebih mudah dengan menggunakan jasa agen perjalanan karena mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan selama bertahun-tahun. 

 

 

Mereka dapat membantu pemesanan pesawat, pemilihan hotel, dan kegiatan liburan. Jika kamu mempertimbangkan untuk menjadi agen perjalanan, kamu membutuhkan keterampilan organisasi yang hebat, perhatian terhadap detail, dan kemampuan untuk berpikir kreatif. Semua itu tentunya bisa kamu dapatkan di jurusan pariwisata. 

 

MANAJER HOTEL

 

Manajer Hotel mengawasi semua aspek menjalankan hotel, mulai dari tata tertib dan pemeliharaan umum hingga manajemen anggaran dan pemasaran hotel. Jika kamu mempertimbangkan karir sebagai Manajer Hotel, kamu memerlukan keterampilan interpersonal yang sangat baik, pengalaman di industri perhotelan, dan beberapa tahun pengalaman dalam mengelola karyawan. 

 


 

Kamu akan bertanggung jawab untuk memantau hotel setiap hari, termasuk merekrut, melatih, dan mengawasi staf, mengelola anggaran, merencanakan pekerjaan pemeliharaan umum, menangani keluhan pelanggan, mengawasi reservasi, mempromosikan dan memasarkan hotel.

 

 

OPERATOR TOUR 

 

Operator Tour biasanya menggabungkan komponen wisata dan perjalanan untuk membuat paket liburan. Ia akan berurusan dengan berbagai penyedia layanan, termasuk operator bus, maskapai penerbangan, dan pelaku bisnis perhotelan.

 

Operator Tour menyiapkan rencana perjalanan untuk berbagai tujuan dan akan sering memantau tren di destinasi populer untuk mengumpulkan paket liburan yang menarik bagi klien. Operator Tour biasanya berurusan dengan Agen Travel, sedangkan Agen Travel berurusan dengan publik. Jika kamu suka bepergian, pekerjaan ini mungkin cocok untuk kamu. 

 

PEMANDU TOUR 

 

Pemandu Tour bekerja di industri perjalanan, dan memberikan tour berpemandu kepada kelompok pengunjung / wisatawan. Pemandu Tour harus memiliki pengetahuan tentang bidang tertentu, termasuk fitur alam, situs bersejarah, museum, dan tujuan wisata lainnya.

 

 

Pemandu dapat memberikan tour hiking, tour bus, atau bahkan wisata dengan perahu. Jika kamu memutuskan untuk menjadi Pemandu Tour, kamu mungkin akan mendapatkan sebagian besar pengalaman kamu di tempat kerja. Kamu harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan bisa berbicara lebih dari satu bahasa. 


 

MANAGER PR

Di lingkungan Pariwisata, Manajer PR bekerja untuk jaringan hotel, atau perusahaan pelayaran. Pekerjaan ini akan melibatkan penulisan dan siaran pers positif tentang merek, mengatur acara di hotel dan terhubung dengan influencer yang relevan di industry pariwisata.

 

 

Manajer PR juga harus berurusan dengan situasi krisis potensial. Jika kamu tertarik untuk menjadi Manajer PR, kamu harus memiliki keterampilan komunikasi dan pemecahan masalah yang baik.

 

 

 

Baca juga:

MENGENAL JURUSAN KULIAH DAN PROSPEK KARIR PARIWISATA & PERHOTELAN

 

 

TENTANG PENULIS

prospek karir jurusan pariwisata

Wajib dibaca