Informasi penting
Study abroad: Before you leave

SOSIAL MEDIA DAN PENGARUHNYA KE APLIKASI UNIVERSITAS

share image

Saat kamu sedang dalam proses melamar ke universitas, kamu mungkin tidak terlalu memikirkan profil media sosialmu selama ini. Namun perlu diingat bahwa profil sosial mediamu berada dalam domain publik dan karena itu cara kamu menampilkan dirimu di sosial media bisa menjadi penting. Kami mencari beberapa jawaban apakah petugas penerimaan aktif meneliti dan mengevaluasi profil media sosial calon siswa selama proses aplikasi. Apakah itu benar-benar salah satu sumber yang mereka percaya?

 

Penelitian kandidat online

 

Ketika melakukan penelitian profil media sosial dan aktivitas online Anda, sebagian besar institusi tidak memprioritaskan melakukannya. Dalam berurusan dengan jumlah pendaftar yang tinggi, tidak ada cukup waktu bagi petugas penerimaan untuk melakukan penelitian semacam itu. Mereka hanya akan melakukannya jika itu langsung berlaku untuk aplikasi Anda atau jika Anda membawa perhatian mereka ke profil Anda. Jauh lebih penting bahwa Anda berinteraksi dengan dan di saluran media sosial universitas dan dengan petugas administrasi. Mereka ada untuk membantu dan memfasilitasi aplikasi Anda, termasuk menjawab pertanyaan.

 

Dikarenakan banyaknya jumlah aplikasi, pengecekan satu persatu akun sosial media kandidat tentu sangat sulit dilakukan. Namun, parata petugas penerimaan siswa tetap akan melakukannya jika hal tersebut berpengaruh terhadap aplikasimu. 

 

Petugas penerimaan tertarik untuk melihat percakapan apa yang kamu lakukan dan pertanyaan apa yang diajukan. Jika kamu sempat berinteraksi dengan sebuah universitas di media sosial maka itu adalah pertanda bagus dan petugas penerimaan akan lebih tertarik terhadap aplikasimu. 

 

 

 

Posting dengan hati-hati

 

Meskipun profil media sosial bukan perhatian utama universitas ketika melamar, kamu masih perlu berhati-hati dengan apa yang diposting secara online. Pastikan bahwa kamu menjauhi kontroversi atau apa pun yang dapat melanggar kode etik universitas atau undang-undang karena hal ini dapat mengganggu aplikasimu. 

 

Salah satu cara lain untuk menambah profil daringmu adalah dengan memulai blog atau situs web tentang pengalaman siswa dan aspirasi pendidikanmu. Itu dapat menambahkan sedikit tambahan ke aplikasi yang membuatnya lebih menonjol. Proaktif online adalah kuncinya, jika kamu terlibat dan peluang berpartisipasi, kamu akan diperhatikan.

 

 

Baca juga:

5 CARA BERHEMAT SAAT KULIAH DI INGGRIS

Wajib dibaca