Informasi penting
Study abroad: Before you leave

TIPS MENGAJUKAN VISA KE US DAN UK

share image
232

Proses Pembuatan Visa Pelajar di Inggris

Inggris merupakan rumah bagi universitas tertua di dunia, Inggris telah menghasilkan beberapa  orang-orang terbaik dan paling cemerlang dalam sejarah termasuk William Shakespeare, Sir Winston Churchill, Charles Darwin, bahkan The Beatles! Tidak heran, ini adalah pilihan bagi sekitar 470.000 siswa internasional untuk melanjutkan pendidikan tinggi mereka.

 

Sebagai mahasiswa internasional, dokumen yang harus dipersiapkan adalah visa pelajar Tier 4 (General). Untuk mendapatkan visa ini, diperlukan sertifikat yang bisa membuktikan kelancaran berbahasa Inggris seperti English Language Testing System (IELTS) atau Test of English as a Foreign Language (TOEFL).

 

 

Selain itu, diperlukan pula dokumen yang menunjukkan kemampuan finansial pendaftar. Untuk mendapatkan visa belajar, pendaftar harus memiliki dana tersimpan di rekening bank minimal sebesar £1,015 atau sekitar 20.000.000 rupiah untuk per bulan atau sekitar £12,180 yakni sebesar 230.000.000 per tahun.

 

Jumlah tersebut adalah persyaratan untuk menempuh pendidikan di luar London. Jika universitas yang dituju berada di London, maka pendaftar harus memiliki simpanan dana lebih besar, minimal £1,265 atau 25.000.000 per bulan, setara dengan £15,180 atau 290.000.000 rupiah per tahun. Mahasiswa juga membutuhkan surat penerimaan dari universitas di Inggris yang terdaftar di Highly Trusted Sponsors untuk memperoleh visa pelajar.

 

Dokumen - dokumen yang harus kamu miliki adalah:

  1. Surat penerimaan dari universitas pilihan kamu di Inggris
  2. Bukti stabilitas keuangan
  3. Lulus dari tes Bahasa Inggris
  4. Hasil tes kesehatan seperti untuk TBC
  5. Biometrik diambil di pusat aplikasi visa
  6. Pembayaran GBP328 sebagai biaya visa

 

 

Proses Pembuatan Visa Pelajar di Amerika

Proses pembuatan visa pelajar untuk belajar di AS bisa sedikit berat dan panjang tetapi selalu sepadan dengan usaha. Setelah kamu diterima di universitas pilihan kamu, kamu akan menerima surat penerimaan bersama dengan Formulir I-20 atau DS-2019. Namun, harus dipastikan bahwa universitas kamu adalah lembaga yang disertifikasi dan terakreditasi oleh Student Exchange and Visitor Program (SEVP).

 

Kemudian kamu harus melanjutkan untuk mengunjungi Kedutaan Besar AS setempat untuk wawancara guna mengajukan permohonan visa non-imigran F-1, kamu harus ingat untuk membawa:

  1. Paspor, yang tidak kadaluwarsa hingga enam bulan setelah akhir kuliah kamu.
  2. Formulir DS-160, formulir Aplikasi Visa Nonimigran Online, diisi secara online dengan foto yang dilampirkan dan biaya dibayar sebelumnya,
  3. Formulir I-20 / DS-2019, dan formulir lainnya yang disediakan oleh universitas kamu.
  4. Surat penerimaan kamu dari universitas yang kamu pilih di AS.
  5. Bukti stabilitas keuangan sepanjang kuliah kamu.
  6. Transkrip dan sertifikat akademik kamu untuk meninggalkan Amerika Serikat setelah menyelesaikan kuliah kamu serta bentuk dan persyaratan lain berdasarkan negara asal kamu. ​

 

 

Keputusan untuk memberikan kamu visa tergantung pada wawancara, jika disetujui, kamu akan menerima visa pelajar tidak lebih dari 120 hari sebelum tanggal mulai kuliah kamu.

 

Baca juga:

6 PENYEBAB PERMOHONAN VISA PELAJAR AMERIKA DITOLAK

PERSYARATAN UNTUK MENGAHUKAN VISA PELAJAR AUSTRALIA

TIPS JITU MENGURUS VISA KERJA SETELAH LULUS KULIAH DI INGGRIS

 
 

Sumber:

https://www.easyuni.com.bn/united-kingdom/

https://www.easyuni.com/united-states/#

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca