Informasi penting
Study abroad: Before you leave

TRADISI IMLEK YANG MENARIK DARI BERBAGAI BELAHAN DUNIA

288

 

Tahun Baru Cina dirayakan oleh seperempat warga di dunia! Perayaan ini adalah hari libur utama di Cina, Hong Kong, Macau, Taiwan dan negara lainnya seperti Singapura dan bahkan Korea Selatan. Di luar itu, Tahun Baru Cina juga dirayakan di banyak Chinatown di berbagai negara, misalnya Inggris, Amerika, Kanada dan Australia.

 

Berbeda dengan hari raya lainnya, Tahun Baru Cina jatuh di tanggal yang berbeda setiap tahun. Biasanya berkisar antara 21 Januari hingga 20 Febuari. Di tahun ini, Tahun Baru Cina jatuh pada tanggal 16 Febuari 2018.

 

 

Tahun Baru Cina atau Imlek dirayakan selama 16 hari, dimulai dengan 除夕(ChuXi), yaitu makan malam bersama keluarga sebelum hari Imlek, dan diakhiri dengan 元宵节 (YuanXiaoJie) atau dikenal sebagai festival lentera.

 

 

Tradisi Imlek sangat bervariasi. Walau di Cina sendiri, masing-masing lokasi memiliki tradisi yang unik dan khas. Misalnya di Cina bagian Utara, pangsit adalah makanan wajib sewaktu Imlek. Sedangkan di Selatan Cina, lumpia atau kue keranjang menjadi makanan yang harus ada sewaktu Imlek.

 

Akan tetapi tradisi utama yang selalu dipatuhi oleh semua yang merayakan Imlek adalah: makan malam bersama sehari sebelum Imlek, memberikan ang pao, kembang api, pakai baju baru (termasuk sepatu, tas, dll) dan dekorasi Imlek.

 

 

 

PERSIAPAN MENYAMBUT IMLEK

 

Bersih-bersih: Seminggu sebelum Imlek, semua orang akan bersih-bersih rumah. Bersih-bersih ini tidak hanya nyapu dan ngepel, tetapi membersihkan setiap sudut rumah, dengan harapan membuang semua ketidakberuntungan dan menyambut tahun baru dengan peruntungan yang lebih bagus.

 

 

 

 

Menghias dengan warna merah: Merah adalah warna wajib di Hari Imlek. Maka tidak heran menjelang Imlek, setiap rumah, jalanan dan toko-toko yang merayakan akan dipenuhi hiasan merah, seperti lentera, gantungan dinding, pita dan lain sebagainya. Alkisah dulu desa di Cina setiap tahun sekali selalu diserang oleh mahkluk ganas bernama Nian. Kemudian warga akhirnya mengetahui bahwa mahkluk tersebut takut dengan warna merah, sinar dan suara berisik. Oleh karena itu dipasanglah hiasan merah di setiap rumah ditambah dengan membunyikan petasan dan kembang api. Sejak saat itu Nian tidak pernah datang lagi.

 

Monster yang bernama 'Nian'

 

 

 

Makan malam bersama:  Makan malam bersama adalah waktu berkumpul bersama keluarga. Biasanya orang-orang Cina yang merantau ke kota atau negara lain akan mengusahakan untuk pulang dan berkumpul bersama keluarga di hari ini.

 

Ada beberapa makanan yang wajib dihidangkan di hari spesial ini, tetapi setiap lokasi memiliki tradisi khas tersendiri. Umumnya hidangan yang wajib adalah ikan (menyimbolkan harapan supaya setiap tahun ada sisa tabungan/rezeki) dan kepiting (supaya mendapatkan rezeki sampingan, misalnya menang undian). 

 

 

 

 

Kumpul bersama:  Setelah makan malam, keluarga dan saudara akan kumpul bersama. Di Cina mereka akan nonton acara TV Spring Festival Gala yang diramaikan oleh banyak artis terkenal Cina, dan juga artis tamu dari Korea, Jepang dan negara lainnya.

 

Orang tua akan mulai membagikan ang pao untuk anak-anak. Kemudian semua akan saling mengiriman ucapan selamat Hari Imlek melalui telpon atau aplikasi HP WeChat. Sekarang angpao bahkan juga dapat dikirimkan via WeChat.

 

 

 

 

Malam Kembang Api:  Begitu jam menunjukkan pukul 12 malam tepat, langit akan dipenuhi dengan kembang api, jalanan akan diramaikan dengan petasan. Cina adalah produsen kembang api terbesar di dunia. Jadi bisa dibayangkan betapa meriahnya pesta kembang api di sana. Semua warga akan keluar dan berdesakan untuk menyaksikan pertunjukan kembang api terbesar yang hanya diadakan setahun sekali.

 

 

 

ACARA IMLEK

 

Di hari pertama Imlek, keluarga akan berdoa ke kuil, kemudian mengunjungi sanak saudara, dimulai dari yang paling berumur. Di hari berikutnya mereka akan mengunjungi teman-teman dan relasi. Orang tua akan memberikan ang pao kepada anak-anak. Tuan rumah menyambut tamu dengan berbagai kue kering, makanan ringan dan minuman.

 

 

 

 

PERAYAAN  IMLEK DI LUAR CINA

 

Hari Imlek juga dirayakan besar-besaran di luar Cina, terutama di Asia. Walau secara umum sama, setiap tempat juga memiliki tradisi yang khas:

 

 

Hong Kong & Macau

 

Warga Hong Kong dan Macau libur tiga hingga lima hari selama Imlek. Yang khas di sini adalah setelah makan malam, warga akan mengunjungi pasar bunga untuk membeli bunga persik, dafodil dan jeruk kumquat.

 

 

Di Hong Kong, di malam hari kedua Imlek, warga dan turis akan memenuhi Victoria Harbour untuk menyaksikan pertunjukan kembang api spektakuler.

 

 

Taiwan

Tradisi Imlek di Taiwan lebih dekat dengan propinsi Fujian di Cina. Yang khas dari Taiwan adalah di hari tersebut, warga juga memuka Dewa Bumi. Kebanyakan perusahaan atau toko akan memberikan bingkisan untuk para karyawan sebagai tanda terima kasih. Taiwan juga mengadakan acara pelepasan lampion. Warga akan menulisnya permohonan mereka di lampion dan melepaskannya ke langit.

 


 

 

Singapura

 

70% populasi Singapura adalah orang Chinese. Tradisi khas di Singapura adalah Lao Yu Sheng, yang juga dibawa hingga pulau sebelahnya, Batam - Indonesia. Yu Sheng adalah sejenis salad dari sayur dan sashimi. Keluarga atau teman akan mengelilingi meja bundar dan menjepit hidangan tersebut dengan sumpit sambil mengucapkan harapan. Siapa yang bisa menjepit paling tinggi dipercaya akan mendapatkan paling banyak keberuntungan.

 

 

 

Kreta Ayer Square adalah pusat keramaian sewaktu Imlek. Warga akan mengelilingi bazaar,  Chingay Parade dan menyaksikan atraksi barongsai dan naga.

 

Ketika saling mengunjungi, warga akan membawa 2 buah jeruk mandarin, kemudian tuan rumah akan membalas dengan hal yang sama. Di Hari Imlek, warga akan memakai baju dan topi baru, mereka bahkan memasang seprei dan selimut baru.


 

 

Malaysia

 

 

Menjelang Imlek, jalanan dan tempat umum akan dihiasi dengan lentera merah, bunga persik dan jeruk mandarin. Suasana sangat meriah terutama di Kuala Lumpur. Berbeda dengan negara tetangganya Singapura, warga akan saling memberikan nenas, bukan jeruk. Karena nenas dipercaya sebagai simbol keberuntungan dan pertanda baik untuk kebahagiaan.


 

 

Amerika

 

 

Ada sekitar 2.7 juta orang Chinese yang tinggal di California, San Francisco, New York, Seattle dan Washington DC. Festival Imlek dirayakan di pusat komunitas Chinese seperti Chinatown. Bukan hanya orang Chinese, orang-orang barat juga ikut menyaksikan festival bunga dan lentera yang dimeriahkan oleh barongsai dan naga.

 

 

Toko-toko dan jalanan juga dihias dengan ornamen Imlek dan terlihat meriah. Cantik juga ya perpaduan antara bangunan yang moderen dan hiasan yang oriental.

 

 

Kanada

 

 

Suasana Imlek di Kanada paling terasa di Vancouver dan Toronto yang banyak dihuni oleh orang Chinese. Biasanya festival diisi dengan arak-arakan di jalan, konser musik tradisional, tarian, pertunjukan kostum tradiional, pesta kembang api, bazaar makanan dan pameran seni. Jalan-jalan tertentu ditutup demi kelancaran acara. Jika kebetulan kamu mengunjungi Montreal sewaktu Imlek, jangan lupa mampir di pameran lampion yang spektakuler.


 

 

Inggris

 

 

Perayaan Imlek terbesar di luar Asia dapat ditemui di London, yang juga banyak memiliki populasi Chinese. Acara-acara besar biasa diadakan di Chinatown, Leicester dan Trafalgar Square. Komunitas-komunitas Chinese biasanya menerima sponsor untuk mengadakan acara dan parade. Acara tersebut bukan hanya diisi oleh orang Chinese, tetapi juga warga London lainnya. 

 

 

Australia

 

 

Chinatown di Sydney diramaikan oleh lebih dari 600,000 orang stiap Imlek. Jalan akan dipenuhi dengan pondok makanan, parade kostum, pertunjukan opera tradisional, atraksi barongsai dan naga. Lentera dan pertunjukan kembang api juga turut memeriahkan suasana.

 

Baca juga:

Serunya merayakan Imlek di kampus-kampus di luar negeri

 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

8 KEAHLIAN YANG PERLU DIMILIKI SEORANG MAHASISWA

Kuliah itu seperti apa ya? Yang pasti kehidupan perkuliahan tentu saja jauh berbeda dengan kehidupan sewaktu SMU. Mulai dari gaya dosen menyampaikan pelajaran, menyelesaikan tugas, berpartisipasi dalam kelas dan mencari teman baru, semua adalah pengalaman baru bagi seorang pelajar yang baru memulai langkahnya sebagai seorang mahasiswa. Steven Schwartz dari  The Guardian  menjelaskan beberapa keahliah yang perlu dimiliki mahasiswa untuk menyesuaikan

68914