Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

Kuliah jurusan Keuangan di Luar Negeri: Pilih Australia atau Kanada?

355

Mendapatkan gelar jurusan keuangan bisa membukakan banyak peluang, apalagi jika kamu mendapatkannya dari institusi yang bereputasi bagus. Saat ini, Australia dan Kanada adalah dua negara yang paling diminati oleh para mahasiswa internasional yang ingin kuliah di jurusan keuangan. Bukan hanya karena kualitas program kuliahnya, tetapi di kedua negara itu, mahasiswa internasional lebih mudah menemukan pekerjaan setelah lulus kuliah, sehingga mereka bisa mendapatkan gelar, sekaligus pengalaman kerja di bidang keuangan, yang tentunya bisa menjadi modal dan persiapan yang mantap untuk karir mereka di masa depan, di mana saja.

 

Sebelum mengulas dan membandingkan secara mendetil, mari kita bahas terlebih dahulu poin-poin di bawah ini:

 

 

Mengapa kuliah keuangan di luar negeri?

 

Karena program kuliah yang ditawarkan lebih luas dan beragam. Sehinga kamu bisa memilih secara detil bidang mana yang cocok untukmu, baik itu keuangan yang bersifat matematika, ekonomi, korporasi dan lainnya.

 

Selain itu kamu juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk membangun koneksi dan mencari kesempatan kerja, misalnya magang di perusahaan-perusahaan ternama, atau mengikuti program studi ke luar negeri, di institusi rekanan universitas yang kamu ikuti.

 

Setelah lulus banyak pula lowongan kerja yang bisa dicoba, misalnya bekerja sebagai bankir investasi, manajer portfolio, kapitalis ventura, penasihat keuangan, atau analis keuangan.

 

 

Bagaimana prospek kerja saya setelah lulus kuliah?

 

Jawabannya tergantung dari apa yang kamu lakukan selama perkuliahan. Mahasiswa pasif tidak akan mendapat sebanyak yang didapat oleh mahasiswa aktif yang memanfaatkan waktu kuliahnya dengan baik, bukan hanya dalam artian pencapaian nilai, tetapi juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, bersosialisasi, membangun koneksi, ikut magang, menghadiri pekan karir, workshop karir dan kegiatan-kegiatan lain yang menambah nilai jual kamu di mata perusahaan, yaitu pengalaman dan wawasan, selain dari ilmu yang kamu dapatkan di kelas.

 

Secara umum, seorang lulusan S2 dari jurusan keuangan bisa mendapatkan posisi yang lebih bagus di perusahaan-perusahaan ternama, dengan pemasukan rata-rata USD 73,000 per tahun (jika dirupiahkan sekitar 1 Milyar).

 

 

Seperti yang telah disebutkan di atas, saat ini Australia dan Kanada adalah dua destinasi populer untuk kuliah jurusan Keuangan. Manakah yang lebih cocok untukmu? Mari kita ulas lebih lanjut...

 

 

 

Persyaratan Masuk

 

Untuk mendaftar ke jurusan S1 harus terlebih dahulu menamatkan SMU dan lulus tes IELTS/TOEFL/PTE. Untuk skor minimal, tergantung dari masing-masing universitas.

 

Untuk mendaftar ke jurusan S2 harus lulus S1 atau setara dan lulus tes IELTS/TOEFL/PTE jika gelar S1 diperoleh dari institusi yang bukan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

 

 

Program Studi yang ditawarkan

 

Ada beragam prodi yang bisa kamu pilih, mulai dari analis keuangan, matematika dan keuangan (honours), analis keuangan/MBA, analis/master keuangan bisnis internasional, hingga akuntansi dan manajemen keuangan.

 

 

Apa saja yang dipelajari?

 

Beberapa mata kuliah yang juga akan dipelajari adalah kalkulus keuangan, risiko dan asuransi, matematika, ekonomi dan ekonomi keuangan, keuangan korporasi dan lainnya.

 

 

Kesempatan Kerja

 

Mahasiswa dapat bekerja sebagai bankir, auditor, peneliti pasar, investor, analis bisnis, konsultan bisnis, perencana keuangan, spesialis marketing dan broker saham.

 

 

Universitas-universitas Australia yang terkenal akan jurusan keuangan

  1. La Trobe University
  2. University of Southern Queensland
  3. University of Technology, Sydney
  4. University of Wollongong

 

Selain itu juga ada pilihan lain seperti Victoria University, Swinburne University of Technology, University of New South Wales, RMIT University, University of South Australia dan University of Melbourne.

 

Klik link dari masing-masing universitas untuk informasi biaya kuliah.

 

 

Biaya Hidup

 

Melbourne adalah salah satu kota paling nyaman untuk dihuni di dunia. Sehingga tidak heran biaya hidupnya agak tinggi. Akan tetapi kamu masih memiliki banyak pilihan lain. Selain itu, homestay dan berbagi apartemen adalah cara yang baik untuk menghemat biaya hidup.

 

 

 

 

Persyaratan masuk

 

Sama seperti Australia, untuk mendaftar ke Kanada, pelajar harus tamat sekolah menengah atas atau setara. IELTS lebih disukai daripada tes Bahasa Inggris lainnya, dengan minimal skor 6.5 jika ingin diterima di universitas-universitas yang lebih populer.

 

 

Program Studi yang ditawarkan

 

Ada banyak pilihan yang ditawarkan, misalnya BSc in Actuarial Science, BComm in Personal Financial Planning, BComm in Risk Management and Insurance dan masih banyak lagi. Beberapa institusi menawarkan program diploma lanjutan dengan pengalaman kerja, sehingga mahasiswa lulus dalam kondisi siap kerja dan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja.  

 

 

Apa saja yang akan dipelajari?

 

Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari: keuangan global, konsep akuntansi, bisnis internasional, strategi bisnis dan masih banyak lagi.

 

 

Kesempatan Kerja

 

Banyak sektor kerja yang memperkerjakan lulusan jurusan keuangan dari universitas Kanada, mulai dari perusahaan asuransi, investasi hingga kepemerintahan.

 

Universitas-universitas Australia yang terkenal akan jurusan keuangan

 

  1. University of Toronto
  2. Douglas College
  3. Centennial College
  4. University of Calgary
  5. Western University (Ontario)
  6. Fanshawe College

 

Klik link dari masing-masing universitas untuk informasi biaya kuliah.

 

 

Biaya Hidup

 

Kanada menawarkan lingkungan hidup yang aman dan nyaman untuk mahasiswa internasional, dan biaya hidupnya juga termasuk lebih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Kebanyakan kota di Kanada biaya hidupnya cukup terjangkau, kecuali Toronto dan Vancouver, dimana biayanya masih tergolong agak tinggi untuk mahasiswa internasional. Untuk informasi mendetil tentang biaya hidup di Kanada bisa dilihat di Numbeo

 

 

Kanada dan Australia keduanya adalah destinasi yang menarik. Keduanya memiliki komunitas internasional yang kuat, sehingga mahasiswa internasional lebih mudah menyesuaikan diri.

 

Terlebih lagi banyak perusahaan ternama yang memiliki kantor pusat di kedua negara tersebut, sehingga lebih mudah menemukan lowongan magang yang berkualitas.

 

Masih belum bisa menentukan pilihan? IDP bisa membantu kamu dengan layanan konsultasi gratis. Kamu hanya perlu mendaftar (klik gambar di bawah ini) dan tunggu telepon dari konsultan pendidikan kami:

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS