Informasi penting
Study abroad: Berita Terbaru

MENGENAL BERBAGAI ELEMEN PEMBELAJARAN ONLINE

MENGENAL BERBAGAI ELEMEN PEMBELAJARAN ONLINE

Dengan semua perubahan yang terjadi di dunia pendidikan pada tahun ini, wajar saja kalau kamu merasa bingung dan kewalahan menghadapinya. Bisa dikatakan bahwa perubahan yang paling besar yang kita alami adalah berpindahnya proses belajar ke ranah online. Banyak institusi pendidikan tinggi sekarang menawarkan berbagai model dan opsi pembelajaran online, tetapi mempelajari tiap elemen tersebut dan memastikan kecocokannya denganmu bisa menjadi proses yang rumit.

 
Tapi kamu tak perlu khawatir lagi, karena tim Hotcourses Indonesia siap membantumu. Kami telah mengamati beberapa jenis pembelajaran online yang lazim digunakan dan mengidentifikasi hal-hal yang mungkin akan kamu alami dalam berbagai skenario. Kamu bisa langsung membaca penjelasan kami di bawah ini untuk membantumu mengerti moda pembelajaran baru ini dan memastikan rencana pendidikanmu tetap berjalan semestinya.


Definisi Berbagai Istilah Dalam Ranah Pembelajaran Online
 

Saat membicarakan online learning / pembelajaran online, ada baiknya kamu memahami dulu istilah-istilah umum dalam topik ini:

 

Online Learning / Pembelajaran online: Istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan belajar mengajar yang terjadi di ranah online dan diakses dari jarak jauh melalui suatu perangkat - seperti tablet atau ponsel - di situs web atau melalui aplikasi.

 

eLearning / ePembelajaran: Istilah yang umumnya digunakan untuk menggambarkan penggunaan teknologi dalam pengajaran suatu program studi dan pengantaran materi secara online.

 

Virtual Learning / Pembelajaran virtual: Pembelajaran yang memanfaatkan berbagai sarana online dan perangkat lunak komputer untuk menyampaikan sebuah program pendidikan. Pembelajaran virtual juga dapat menggunakan lingkungan belajar virtual (Virtual Learning Environment / VLE). Metode ini sering menggunakan kombinasi elemen pertemuan tatap muka dan virtual.

 

Blended learning / Pembelajaran kombinasi: Ini adalah pendekatan belajar-mengajar yang menggabungkan sarana dan sumber daya online dengan metode pendidikan tatap muka. Pembelajaran jenis ini bisa meningkatkan pengalaman belajar di tiap sesi tatap muka. Proporsi blended learning kira-kira 75:25 dengan lebih banyak porsi diberikan untuk pengajaran tatap muka.

 

Hybrid Learning / Pembelajaran hibrida: Integrasi sesi pengajaran tatap muka dan online dalam pengalaman pembelajaran yang terstruktur. Tiap bagian mendapatkan porsi yang seimbang (50%).

 

Remote (Distance) Learning / Pembelajaran jarak jauh: Ini adalah program yang diambil sepenuhnya secara online tanpa ada sesi tatap muka di kampus.

 

Mengenal Berbagai Elemen Pembelajaran Online


Ada beberapa elemen lain yang perlu kamu pahami saat mengambil program yang materinya diantarkan secara online:
 

  • Bagaimana program ini memungkinkan komunikasi dua arah. Misalnya, apakah ada peluang untuk berinteraksi atau mahasiswa hanya sekadar bisa menerima informasi?

  • Cara pembelajaran diatur dalam struktur tertentu, misalnya dengan fokus pada pembelajaran individu atau kerja kolaboratif. 

  • Konten dapat bersifat konstan atau dinamis / adaptif. Untuk konten yang konstan, maka kurikulum, informasi dan materi mengikuti standar yang ditetapkan. Sedangkan konten yang dinamis bisa diubah dan dikembangkan sesuai dengan tujuan, kebutuhan, kinerja, kemampuan dan pengetahuan mahasiswa.

  • Waktu interaksi Anda dengan instruktur / guru / dosen mungkin berbeda-beda. Jika pembelajaran online-nya bersifat sinkron, kamu bisa berinteraksi dan belajar di waktu dan lingkungan yang sama dengan mahasiswa lainnya. Jika bersifat tidak sinkron, artinya kamu akan lebih banyak belajar mandiri dan hanya bertemu dengan dosen/pengajar dan mahasiswa lain di waktu yang berbeda.

 

Apa Saja Moda Pembelajaran Online Yang Banyak Digunakan?
 

Setelah kamu mengenali beberapa definisi utama dan elemen pembelajaran online, saatnya untuk beralih ke moda-moda pembelajaran online yang mungkin akan kamu gunakan. Perlu diingat bahwa terkadang akan ada beberapa moda yang beroperasi dengan konteks serupa - terutama dengan banyaknya universitas terkemuka yang memilih pendekatan blended learning dan menawarkan program studi online. Seiring dengan perkembangan teknologi dan situasi saat ini, ada kemungkinan bahwa moda pembelajaran online juga akan turut berevolusi. Namun ada beberapa moda populer yang saat ini sangat mungkin kamu temui di lingkungan universitas.

 

Pembelajaran Online Yang Bersifat Sinkron (Synchronous Online Learning)
Kamu akan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran online bersama pengajar dan mahasiswa lainnya. Ini dapat dilakukan secara real-time melalui penggunaan platform video online dan sarana chatting. Komunikasi adalah kunci dari mode ini, karena mahasiswa berkesempatan mengajukan pertanyaan dan mengklarifikasi informasi. Moda pembelajaran online ini biasanya didukung oleh sumber daya online dan tugas-tugas yang diberikan dalam berbagai tahap. Ini adalah bentuk pembelajaran online yang paling umum digunakan oleh banyak universitas.

 

Pembelajaran Online Yang Tidak Bersifat Sinkron (Asynchronous Online Learning)
Moda ini memerlukan tingkat motivasi diri dan kemandirian yang jauh lebih tinggi karena mahasiswa akan belajar di waktu yang berbeda dengan mahasiswa lainnya. Moda ini tidak memberikan banyak waktu untuk interaksi dengan orang lain. Pendekatan ini dianggap lebih berpusat pada mahasiswa dan lebih fleksibel karena bisa dilakukan dengan ritme belajar pribadi tiap individu.

 

Pembelajaran Online Adaptif (Adaptive Online Learning)
Ini adalah salah satu moda terbaru yang tumbuh dari kemajuan penelitian teknologi dan pembelajaran. Pendekatan ini dirancang agar lebih dinamis dan bisa disesuaikan dengan tiap individu. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kinerja, kemampuan, pengetahuan dan keterampilan seorang mahasiswa, maka program pembelajaran bisa disesuaikan untuk mahasiswa tersebut. Moda ini cukup efektif dalam situasi kelas kecil dan di tingkat pascasarjana. Walaupun begitu, moda ini juga bisa digunakan dalam konteks laboratorium dan untuk memberikan tutorial di tingkat sarjana.

 

Pembelajaran Dengan Bantuan Komputer (Computer Assisted Learning)
Penggunaan software komputer dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk mengelola pembelajaran mahasiswa dan menilai kinerja mereka bukanlah hal yang baru dalam lingkungan pendidikan yang menggunakan blended learning. Moda ini bisa dibagi menjadi dua pendekatan utama, yaitu pembelajaran berbasis komputer dan pembelajaran dengan bantuan komputer.

 

Dalam pembelajaran berbasis komputer, kamu akan berinteraksi dan belajar dengan menggunakan database informasi yang menyajikan modul data terstruktur. Interaksimu dengan materi yang tersedia kemudian diukur menggunakan parameter yang telah ditentukan - misalnya dalam bentuk tes pilihan ganda - dan pengukuran ini akan menentukan tingkat pengetahuanmu. Pembelajaran moda ini juga bisa digunakan untuk membuat dan mengantarkan materi pembelajaran serta rekaman kuliah dan untuk menyimpan data-data mahasiswa seperti nilai.

 

Salah satu pendekatan yang lebih umum adalah pembelajaran dengan bantuan komputer. Dalam pendekatan ini, pengajaran tatap muka tradisional dikombinasikan dengan perangkat lunak komputer untuk meningkatkan dan mendukung pembelajaran.

 

Pengalamanmu di ruang kelas akan dilengkapi dengan materi seperti audio dan video serta kuis online. Kamu juga berkesempatan untuk memberikan umpan balik/masukan langsung kepada dosen dengan menggunakan alat online, misalnya jika kamu merasa sistem pengajaran dosen tersebut efektif dalam membantumu belajar.

 

Mengenal berbagai elemen pembelajaran online

 

Berbagai Jenis Platform Dan Aplikasi Pembelajaran Online 
 

Jadi setelah mengenal berbagai pendekatan pembelajaran online, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara materi dan informasi dikirim secara online dan apa saja jenis platform dan aplikasi yang ada. Saat ini ada banyak platform dan perangkat lunak pembelajaran online yang tersedia, sehingga sulit untuk membahas semuanya. Namun kedua hal tersebut sering memiliki struktur serupa dan dapat didefinisikan serta dikelompokkan secara luas.

 

Sistem Manajemen Pembelajaran / Lingkungan Belajar Virtual (Learning Management System - LMS / Virtual Learning Environment - VLE)

LMS dan VLE adalah aplikasi perangkat lunak komputer yang sebagian besar berbasis di internet untuk memungkinkan akses 24/7. Kedua aplikasi ini menyampaikan materi pelajaran serta memiliki alat penilaian dan komunikasi yang terintegrasi. LMS pada umumnya memiliki lebih banyak alat administratif dan profil.


Lingkungan Belajar yang Dikelola (Managed Learning Environment/ MLE)
Sebuah MLE akan menggunakan gabungan unsur-unsur yang sama seperti LMS dan VLE, ​​namun dengan alat dan kontrol administratif tambahan (bisa termasuk informasi mahasiswa, nilai, rincian pendaftaran, data penyelesaian program dan informasi tentang dosen/staf).

 

Lingkungan Belajar Pribadi (Personal Learning Environment / PLE )
Saat menggunakan PLE, kamu bisa mengelola dan menyusun kegiatan belajarmu sendiri. Ini berarti kamu diperbolehkan menggunakan alat yang paling sesuai dengan kebutuhanmu serta mengakses konten dan layanan yang menurutmu paling relevan.

 

Kursus Terbuka Online Masif (Massive Online Open Course / MOOC)
MOOC adalah program jarak jauh yang diselenggarakan menggunakan LMS dan dirancang untuk melayani mahasiswa dalam jumlah besar. Pembelajaran dengan MOOC sering berjalan mandiri dengan kurikulum atau struktur yang khusus. Program yang ditawarkan lewat MOOC mungkin tidak selalu memiliki beban SKS, tetapi bisa berujung pada perolehan sertifikat atau pengembangan keterampilan yang akan bermanfaat saat memasuki dunia kerja.

 

Semoga penjelasan ini membantumu memahami beberapa prinsip inti online learning dan apa saja yang bisa kamu harapkan dari metode pembelajaran ini. Sebelum memilih sebuah universitas internasional sebagai destinasi studi, ada baiknya kamu mencari tahu tentang moda pembelajaran online yang mereka gunakan. Ikutilah panduan kami mengenai cara memilih universitas di luar negeri agar kamu bisa menemukan universitas yang menawarkan metode terbaik untukmu. Jangan lupa bahwa kamu juga bisa mencari program studi online yang benar-benar cocok untukmu dengan menggunakan alat pencari jurusan kami.

 

Masih punya pertanyaan mengenai metode belajar online di berbagai universitas mancanegara? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas internasional terbaik.