Informasi penting
Study abroad: Berita Terbaru

POLITISI SUKSES INDONESIA YANG KULIAH DI LUAR NEGERI

POLITISI SUKSES INDONESIA YANG KULIAH DI LUAR NEGERI

Menjadi politisi dan pejabat publik mungkin menjadi impianmu. Berkontribusi untuk negeri demi memajukan bangsa adalah cita-cita yang sangat luhur dan mulia. Jika kita melihat jajaran menteri pada kabinet sekarang, ada lho beberapa menteri yang kuliah di luar negeri, sukes disana dan kembali ke Indonesia lalu menjadi menteri kabinet Jokowi. Siapa saja menteri yang kuliah di luar negeri:


 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim

 

Saat kecil, Mas Menteri mengenyam pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Jakarta. Setelah itu, ia melanjutkan sekolah menengah atas di United World College of South East Asia, Singapura. Setelah lulus SMA di tahun 2002, Nadiem melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di Brown University, Amerika Serikat. Di Brown University, Nadiem mengambil program studi Hubungan Internasional dan bahkan sempat mengambil program pertukaran pelajar di London School of Economics di Inggris di masa kuliahnya. Tak cukup mendapat gelar BA in International Relation, Nadiem kembali mengambil pendidikan lanjutan di program MBA Harvard Business School, University of Harvard dan lulus di tahun 2011.

 


 

Menteri BUMN, Erick Thohir

 

Erick Thohir menyelesaikan pendidikan sarjananya di Glendale University, Amerika Serikat. Selanjutnya dia melanjutkan program masternya di Universitas Nasional California, Amerika Serikat, dan berhasil lulus pada tahun 1993. Adapun jurusan yang diambil adalah Business Administration.

 

 


 

Menteri Keuangan, Sri Mulyani

 

Sri Mulyani menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia (1986). Melanjutkan pendidikannya di University of Illinois at Urbana Champaign, Amerika Serikat dan mendapatkan gelar Master of Science of Policy Economics (1990). Setelah itu ia mendapatkan gelar Ph.D. in Economics (1992). 

 


 

Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno

 

Sandiaga Uno lulus dari Wichita State University, Amerika Serikat, dengan predikat summa cum laude. Ia mengawali karier sebagai karyawan Bank Summa pada 1990. Di Bank Summa, ia bertemu dan berguru dengan konglomerat William Soeryadjaya pemilik Bank Summa. Setahun kemudian ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Universitas George Washington, Amerika Serikat. Ia lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00.

 


 

Retno LP Marsudi, Menteri Luar Negeri

 

Retno Marsudi lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada 27 November 1962. Dia menempuh pendidikan menengah atasnya di SMA Negeri 3 Semarang sebelum akhirnya memperoleh gelar S1nya di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Pada tahun 1985. Ia lalu memperoleh gelar S2 Hukum Uni Eropa di Haagse Hogeschool, Belanda. Selain S2 di Belanda, Retno juga pernah mendalami studi hak asasi manusia di Universitas Oslo.

 

 

 

 

 

 

 

Baca juga:

 

KULIAH DI LUAR NEGERI - PENGALAMAN YANG MENGUBAH HIDUP

‘WORTH IT’ GAK SIH KULIAH DI LUAR NEGERI? 

TIPS SUKSES MENGAMBIL KULIAH S2 DI LUAR NEGERI