Informasi penting
Study abroad: Before you leave

TIPS SUKSES MENGAMBIL KULIAH S2 DI LUAR NEGERI

share image

Peluang milenial untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri di era digital dan globalisasi yang maju pesat saat ini terbuka lebar. Tak hanya orang kaya dan banyak uang saja, mereka yang memang pintar, berkemauan keras dan lulus beasiswa juga bisa sekolah di luar negeri.

 

"Bagaimana caranya sih bisa kuliah ke luar negeri?"

 

Berdasarkan pengalaman beberapa orang, ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan ketika berencana untuk kuliah ke luar negeri: 

 

Bahasa Inggris

Salah satu syarat untuk kuliah di luar negeri adalah pelamar memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris, contohnya IELTS. Jadi sebelum mulai melamar, pastikan kamu mengambil tes IELTS akademik. Rata-rata kampus di Eropa, Australia, dan Amerika Serikat mengharuskan pelamar memiliki IELTS 6,5, namun bisa lebih karena tergantung tiap program studi. 

 

 

Jadikan IELTS sebuah investasi. Jika kamu mendapatkan skor yang baik, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk melamar berbagai beasiswa. IELTS hanya memiliki masa berlaku 2 tahun jadi cobalah melamar beasiswa sebanyak mungkin.

 

Jurusan Pilihan

Jurusan apa yang kamu mau dan kenapa kamu pilih jurusan tersebut? Itu yang harus kamu tanyakan lagi ke diri sendiri. Setelah tau jawabannya, lakukan riset universitas mana yang paling bagus sesuai jurusan kamu.

 

 

Pelajari dengan sungguh-sungguh mengenai jurusan tersebut, mulai dari mata kuliah yang disediakan, ekstrakurikuler yang ada, hingga dosen pengajar. Pastikan kamu tahu detail tentang program studi yang diinginkan sehingga ketika ditanya saat interview kamu bisa menjawab dengan penuh keyakinan.

 

Kelengkapan administrasi

Setelah mendapatkan beberapa referensi universitas dan jurusan yang diinginkan, berikutnya mulai mengumpulkan persyaratan yang diminta. Pada dasarnya yang diminta oleh berbagai universitas itu selain ijazah, transkrip dan dokumen dasar lainnya, yang kamu perlu perhatikan dan mulai dipersiapkan dari awal adalah TOEFL/IELTS, surat referensi (biasanya dua buah) dari dosen dan atasan di tempat kerja, serta motivation letter.

 

 

Di motivation letter ini juga perlu kamu perhatikan karena biasanya mereka (terutama yang enggak ada interview) akan menilai apakah kamu sesuai dengan kriteria mereka atau enggak adalah berdasarkan si motivation letter ini. Tunjukkan kelebihan diri kamu dan juga kasih alasan yang jelas kenapa kamu ingin kuliah di universitas tersebut.

 

 

 

Baca juga:

5 TIPS MEMBUAT CV/RESUME KAMU LEBIH MENARIK DENGAN MENGGUNAKAN DIGITAL MEDIA

TIPS DAN INFORMASI BEASISWA DI CINA

TIPS MENGAJUKAN VISA KE US DAN UK