Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

5 Pro dan kons bekerja part-time sambil kuliah

592

Banyak mahasiswa internasional memilih untuk bekerja part-time atau bekerja sambilan sewaktu kuliah di luar negeri. Selain untuk mencari penghasilan tambahan, bekerja part-time juga merupakan cara terbaik untuk berbaur dengan budaya dan masyarakat lokal, dan mendapatkan pengalaman kerja.

 

Akan tetapi, bekerja sambil kuliah bukanlah tanpa tantangan, karena harus bisa mengatur waktu supaya kerja tidak berakibat buruk pada prestasi belajar. Sebenarnya disarankan gak sih bekerja part-time selagi kuliah?

 

 

5 Alasan yang membuatmu malas bekerja sambil kuliah:

 

1. Terlalu capek untuk bersenang-senang

Bekerja tentunya memakan energi, belum lagi kamu harus menyelesaikan tugas kuliah, atau belajar untuk ujian. Dalam keadaan capek seperti itu, kamu mungkin akan jadi malas atau terlalu capek untuk hang out dengan teman-teman.

 

2. Kurang kompak dengan teman

Karena jadwalmu padat untuk kuliah dan bekerja, waktu bersama teman lebih sedikit. Kamu jadi tidak selalu bisa mengikuti rencana mereka. Misalnya teman-teman berencana untuk travelling sewaktu liburan long weekend dan kamu tidak bisa ikut karena harus part-time. Apalagi biasanya ada bonus lembur jika kerja di shift weekend.

 

 

3. Bergadang

 

 

Karena siang hari kamu harus bekerja, kamu hanya bisa mengerjakan tugas atau belajar sewaktu malam. Dan seringkali harus bergadang di perpustakaan. Jadi, kamu harus merelakan pola hidup sehat.

 

 

4. Tidak Terurus

 

 

Kamarmu berantakan, atau bajumu recek karena kamu tidak cukup waktu untuk merapikan kamar, apalagi seterika baju. Kecuali kamu bersedia untuk menyisihkan anggaran untuk laundry atau membersihkan kamar.

 

 

5. Terikat oleh jam kerja

Kadang kamu merasa jenuh dengan rutinitas yang padat. Ingin bersantai dan bersenang-senang dengan teman tetapi bos tidak mengijinkan kamu untuk liburan sewaktu akhir pekan. Dan di hari Senin kamu hanya bisa gigit jari sewaktu mendengarkan teman-teman menceritakan keseruan mereka sewaktu weekend.

 

 

 

 

5 Alasan yang membuatmu ingin bekerja sambil kuliah

 

1. Lingkungan pergaulan yang luas

Dengan bekerja sambilan, kamu akan mengenal banyak orang, bukan hanya teman-teman dan para dosen di kampus. Dengan begitu informasi yang bisa kamu peroleh lebih banyak, dan wawasanmu lebih luas.

 

 

2. Prospek kerja yang lebih bagus setelah lulus kuliah

 

 

Menurut hasil survei, perusahaan dan pemberi kerja menyukai mahasiswa yang bekerja sambilan sewaktu kuliah. Karena itu menunjukkan dedikasi dan komitmen mereka, dan juga pengalaman kerja yang mereka dapatkan sewaktu bekerja part-time membuat mereka lebih siap kerja, mengenal etika dan tuntutan kerja dengan lebih baik.

 

 

3. Menabung

 

 

Jika kamu bisa mengelola keuangan dengan bijak, kamu malah bisa lulus tidak hanya dengan gelar dan pengalaman kerja, tetapi juga tabungan! Biasanya hasil dari bekerja sambilan cukup untuk biaya hidup. Dengan demikian kamu bisa membantu meringankan beban orang tua mu. Atau, kamu bisa beli iPhone idamanmu dengan hasil jerih payahmu sendiri. Rasanya sangat sesuatu bukan?

 

 

4. Belajar keahlian baru

 

 

Ini adalah salah satu alasan mengapa bekerja sambilan bisa meningkatkan prospek kerja kamu setelah lulus. Karena sewaktu bekerja kamu berhadapan dengan banyak orang, setidaknya kamu akan mempelajari time management dan people skill, termasuk cara berkomunikasi dengan baik, bernegosiasi, bekerja dalam kelompok dan masih banyak lagi. Semua itu sangat dihargai oleh perusahaan dan pemberi kerja, dan semua itu tidak bisa dipelajari di ruang kelas.

 

 

5. Lebih dewasa

Hidup kamu tidak hanya seputar kampus dan teman-teman. Mengenal banyak orang dan mengetahui banyak kejadian di luar sana sedikit banyak akan membuatmu lebih dewasa, memiliki sudut pandang yang lebih fleksibel. Kamu akan lebih cepat menyadari tidak semua hal bisa dikategorikan dalam benar dan salah. Hidup ini kompleks but that’s okay karena kamu sudah terbiasa mengatasinya.

 

 

Bekerja sambil kuliah memang tidak mudah tetapi bukan mustahil. Hanya saja waktu bersantai tentunya akan berkurang. Tapi jika dengan demikian kamu bisa mendapatkan banyak hal positif yang akan bermanfaat untuk masa depanmu mengapa tidak?

 

Tips penting: Jika kamu ingin kerja sambil kuliah, pertama pastikan kamu mempelajari peraturan ijin/visa kerja mahasiswa internasional di luar negeri. Untuk lebih jelas mengenai hal tersebut, kamu bisa mengunjungi international office kampus untuk mendapatkan panduan. Kedua, jangan terburu-buru untuk langsung mencari kerja sambilan. Pastikan kamu sudah terbiasa dengan rutinitas kuliah terlebih dahulu. Misalnya sudah tidak kesulitan dalam mencari materi untuk mengerjakan tugas, sudah terbiasa dengan beban kuliah, sudah tahu tuntutan dosen, dan jika kamu merasa kamu masih punya waktu senggang yang ingin kamu manfaatkan dengan baik, maka go ahead, kerja part-time bisa menjadi pertimbangan yang bagus dan memberi nilai tambah.

 

 

Artikel terkait:

Tips mencari kerja part-time

10 pekerjaan part-time yang tidak mengganggu waktu kuliah kamu

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS