Informasi penting
Study abroad: Keuangan

3 CARA UNTUK KULIAH TANPA MEMBEBANI ORANG TUA

7983

Ingin melanjutkan studi namun terhambat masalah biaya? Berikut ini adalah beberapa sumber dana untuk membantu kamu membayar biaya kuliah sendiri tanpa bantuan orang tua…

 

1. BEASISWA

 

Jika ingin mengandalkan beasiswa untuk membiayai kuliah, pertama kamu harus aktif mencari informasi. Di era digital ini, informasi untuk mendapatkan beasiswa tidak susah untuk ditemukan, baik itu lewat internet, koran, radio, pengumuman di papan publik, dan melalui media lainnya. Yang penting, kamu punya tekad kuat, rajin mencari informasi dan coba mendaftar untuk beasiswa.

 

Baca juga:

Mencari Beasiswa dengan Cara yang Tepat

 

Cara Efektif Mencari Info Beasiswa Luar Negeri

 

Di zaman yang canggih dan fleksibel ini, mulai banyak pihak yang memberikan dukungan untuk biaya pendidikan. Harapan mereka adalah supaya para mahasiswa berprestasi menjadi pribadi yang berpendidikan tinggi dan memajukan Indonesia.

 

Berbagai pihak, baik itu pemerintah atau perusahaan menyediakan beragam jenis beasiswa, baik itu parsial maupun beasiswa penuh. 

 

Beberapa contoh lembaga atau perusahaan yang memberikan beasiswa S1 adalah:

  • Bidik Misi
  • Djarum Foundation
  • Sampoerna Foundation
  • ASTRA
  • Yayasan Orbit Ainun Habibie

 

Untuk beasiswa S2, ada banyak beasiswa yang tersedia di bawah naungan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan berbagai negara, sebagai contoh:

  • Swedish Scholarship for International Students
  • Fulbright Foreign Student Program
  • Australian Awards Scholarship
  • Erasmus Mundus
  • Monbukagakusho

 

Baca juga:

 

10 Beasiswa Unggulan Mahasiswa Internasional

 

 

Jadwal Pendaftaran Beasiswa Luar Negeri Secara Umum

 

 

Checklist Siap Dapat Beasiswa

 

 

2. PINJAMAN

 

Kamu bisa mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan resmi yang memberikan pinjaman tanpa agunan (KTA) seperti bank-bank yang ada saat ini. Mahasiswa kini boleh mengajukan pinjaman yang nantinya dibayar secara cicilan tanpa agunan atau tanpa bunga. Hanya saja, syaratnya kamu harus memiliki pekerjaan tetap yang bisa menjamin bahwa kamu akan melunasi setiap cicilan yang sudah disepakati.

 

Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya mengkalkulasi biaya total yang dibutuhkan selama kuliah, yaitu biaya kuliah (pada umumnya selama 8 semester untuk S1), biaya hidup, dan kebutuhan lain-lain selama kuliah. Hal ini jelas akan mempengaruhi nominal pinjamanmu. Selain itu, kamu harus mempertahankan prestasimu untuk mendukung kuliahmu selesai pada waktunya yang pada akhirnya tidak mengharuskan kamu membayar uang kuliah untuk beberapa semester yang tertunda atau mengulang.

 

 

3. BEKERJA

 

Merasa tidak cukup pintar untuk memenuhi syarat pengajuan beasiswa? Niatmu untuk belajar dan menambah ilmu saja tidak cukup. Biaya pendidikanmu tidak hanya lunas dari sekedar niat belajar. Jika kamu memang merasa tidak mampu untuk mengajukan beasiswa sebagai bantuan pembiayaan pendidikanmu, maka kamu harus berjuang dengan cara lain, misalnya cari kerja.

 

Mencari pekerjaan ini tidak harus pekerjaan yang full time. Kamu juga bisa mengajukan diri ke beberapa tempat usaha sebagai pekerja part time atau paruh waktu. Banyak sekali pebisnis yang membutuhkan jasa mahasiswa pekerja paruh waktu. Beranikan diri untuk mengajukan lamaran bekerja paruh waktu sebagai penjaga toko, penjaga rumah makan, reseller atau bagian marketing toko, bisa juga sebagai pengajar untuk anak-anak sekolah di sekitar rumah atau lingkungan kampus, atau berjualan secara online. Semuanya akan tetap menghasilkan penghasilan yang layak bila kamu kerjakan sepenuh hati.

 

 

Baca juga:

 

Kerja Sambil Kuliah di Luar Negeri

 

Seperti kata pepatah “Banyak jalan menuju Roma”, banyak  juga sumber dana untuk membantu kamu tetap kuliah tanpa bantuan orang tua. Dengan menggunakan kreativitas kamu, banyak cara selain cara diatas yang dapat dilakukan untuk dapat kuliah dengan biaya sendiri. Namun yang perlu diingat, jangan sampai hal yang kamu lakukan untuk tetap kuliah justru malah akhirnya membuatmu terlarut dan tidak fokus pada kuliah sedang dijalani.

 

 

Sumber: https://www.cermati.com/artikel/3-sumber-dana-untuk-biayai-kuliah-kamu-sendiri

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.

Wajib dibaca

BEASISWA, DERMASISWA DAN BANTUAN FINANSIAL LAINNYA

Terdapat banyak jenis bantuan keuangan bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah ke luar negeri. Salah satu yang paling umum adalah beasiswa. Selain itu juga terdapat banyak jenis bantuan keuangan lainnya yang akan dibahas di bawah ini...   Beasiswa Akademis Beasiswa bisa menanggung hanya sebagian biaya kuliah atau bahkan seluruh biaya kuliah. Banyak basis yang digunakan untuk memberikan beasiswa, misalnya yang paling umum adalah prestasi

22047

6 Biaya penunjang kuliah diluar biaya kuliah

Kuliah memang memerlukan banyak biaya, selain biaya kuliah dan biaya hidup, ternyata masih ada biaya penunjang kuliah yang kadang lupa dianggarkan, atau ternyata melebihi perkiraan kita. Apa sajakah biaya penunjang kuliah itu? Mari kita simak lebih lanjut... Buku Pelajaran Setiap mata kuliah bisa saja memerlukan lebih dari satu buku pelajaran. Tertutama jika mata kuliah seperti sastra, mungkin Anda perlu membeli banyak novel. Tergantung negara dimana

21936

Cara Efektif Mencari Info Beasiswa Luar Negeri

Meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi adalah mimpi sebagian orang. Alasan utamanya bisa karena ingin menambah ilmu atau untuk meningkatkan karir. Sayangnya, pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi bila ingin melanjutkan di luar negeri. Salah satu cara untuk mensiasatinya adalah dengan mendapatkan beasiswa luar negeri . Banyak lembaga dan institusi pendidikan di luar negeri yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia setiap tahunnya.

20847

Tips menghemat pengeluaran dan mencari penghasilan tambahan sewaktu kuliah

Biaya hidup semasa kuliah tidaklah kecil. Banyak sekali pengeluaran yang tidak bisa dihindari. Misalnya biaya transportasi, berbelanja keperluan sehari-hari di supermarket, hiburan dan lain-lain. Akan tetapi Anda bisa menghemat pengeluaran Anda dengan mengatur anggaran Anda sebaik mungkin. Ikuti tips-tips yang kami berikan di bawah ini...   Milikilah kartu transportasi mahasiswa   Kartu diskon untuk transportasi bisa membantu

8904