Informasi penting
Study abroad: Keuangan

7 Cara untuk kuliah murah di luar negeri

share image
3326

Kuliah di luar negeri tidak selalu mahal. Ada banyak cara untuk kuliah di luar negeri dengan biaya yang lebih hemat. Contohnya adalah 7 cara berikut:

 

 

1. Beasiswa dan bantuan keuangan

 

Terdapat banyak beasiswa yang disediakan untuk mahasiswa internasional yang ingin kuliah ke luar negeri. Beberapa diantaranya bergantung pada lokasi, pilihan bidang studi, ataupun penyedia program. Kamu tidak akan mendapatkan bantuan beasiswa jika kamu tidak mencoba untuk mendaftar, jadi jangan ragu ataupun malu untuk mencoba mendaftar untuk mendapatkan beasiswa.

 

Sebelum kamu memulai untuk mencari beasiswa untuk kuliah kamu, jangan lupa untuk bertanya pada universitas atau institusi pendidikan kamu akan beasiswa atau bantuan keuangan yang bisa kamu dapatkan.

 

CEK INFORMASI BEASISWA KULIAH KE LUAR NEGERI DI SINI 

 

 

 

2. Memilih program dengan biaya kuliah yang terjangkau

 

Universitas tempat kamu kuliah sekarang mungkin menawarkan program studi ke luar negeri sebagai bagian dari kesempatan pertukaran pelajar, sehingga kamu hanya perlu membayar biaya kuliah seperti biasa untuk kuliah di luar negeri, misalnya selama satu semester, atau satu tahun. Kamu juga dapat mencari informasi dimana program studi luar negeri yang paling hemat biaya sesuai dengan bidang pilihan kamu.

 

CEK INFORMASI KULIAH MURAH DI LUAR NEGERI 

 

 

 

3. Mengambil paket

 

Biasanya pihak ketiga, misalnya agen pendidikan menawarkan paket yang termasuk biaya kuliah, biaya sewa tempat tinggal, biaya makan dan lainnya, yang lebih murah jika kamu membayar terpisah.

 

 

 

4. Bersiaplah sebelum kamu pergi ke luar negeri

 

Cari dulu informasi tentang apa yang kamu butuhkan begitu tiba di sana, apakah barang-barang tersebut lebih murah jika kamu bawa dari Indonesia, atau lebih murah jika beli di sana. Kamu bisa memperoleh info tersebut di internet, di blog mahasiswa yang sedang berkuliah. Kamu juga bisa menuliskan email untuk berbincang-bincang dengan mereka.  

 

 

 

5. Cari tiket penerbangan murah

 

Dengan melakukan pemesanan jauh hari sebelum keberangkatan kamu ataupun ketika ada diskon spesial, kamu bisa menghemat banyak untuk tiket penerbangan.

 

 

 

6. Jalani kehidupan seperti masyarakat lokal

 

Sebagai mahasiswa internasional, jangan menghabiskan banyak biaya untuk makan di restoran setiap harinya. Belanja di pasar lokal dan memasak sendiri, atau cari tahu dengan teman lokal kamu dimana tempat makan yang murah akan membantu kamu menghemat banyak pengeluaran.

 

Transportasi umum adalah pilihan untuk bepergian yang paling hemat ketika kuliah ke luar negeri. Pelajari sistem transportasi di tempat kamu untuk memastikan kamu dapat bepergian dengan efisien dan murah.

 

 

 

7. Gunakan kartu mahasiswa kamu untuk mendapatkan diskon

 

Kartu mahasiswa bisa menjadi kartu yang menyenangkan untukmu. Karena bisa digunakan untuk mendapatkan diskon perjalananan, makan, buku, hotel, dan lainnya. Jika tidak, kamu bisa memanfaatkan status mahasiswamu untuk mendapatkan harga khusus pelajar, yang biasanya lebih rendah jika dibandingkan dengan harga umum.

 

Kamu juga bisa bertanya pada teman lokal kamu dimana biasanya tempat yang menyediakan diskon yang bisa didapatkan sebagai mahasiswa.

 

 

 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

6 Biaya penunjang kuliah diluar biaya kuliah

Kuliah memang memerlukan banyak biaya, selain biaya kuliah dan biaya hidup, ternyata masih ada biaya penunjang kuliah yang kadang lupa dianggarkan, atau ternyata melebihi perkiraan kita. Apa sajakah biaya penunjang kuliah itu? Mari kita simak lebih lanjut... Buku Pelajaran Setiap mata kuliah bisa saja memerlukan lebih dari satu buku pelajaran. Tertutama jika mata kuliah seperti sastra, mungkin Anda perlu membeli banyak novel. Tergantung negara dimana

25718

BEASISWA, DERMASISWA DAN BANTUAN FINANSIAL LAINNYA

Terdapat banyak jenis bantuan keuangan bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah ke luar negeri. Salah satu yang paling umum adalah beasiswa. Selain itu juga terdapat banyak jenis bantuan keuangan lainnya yang akan dibahas di bawah ini...   Beasiswa Akademis Beasiswa bisa menanggung hanya sebagian biaya kuliah atau bahkan seluruh biaya kuliah. Banyak basis yang digunakan untuk memberikan beasiswa, misalnya yang paling umum adalah prestasi

24742

Cara Efektif Mencari Info Beasiswa Luar Negeri

Meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi adalah mimpi sebagian orang. Alasan utamanya bisa karena ingin menambah ilmu atau untuk meningkatkan karir. Sayangnya, pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi bila ingin melanjutkan di luar negeri. Salah satu cara untuk mensiasatinya adalah dengan mendapatkan beasiswa luar negeri . Banyak lembaga dan institusi pendidikan di luar negeri yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia setiap tahunnya.

23183

Tips menghemat pengeluaran dan mencari penghasilan tambahan sewaktu kuliah

Biaya hidup semasa kuliah tidaklah kecil. Banyak sekali pengeluaran yang tidak bisa dihindari. Misalnya biaya transportasi, berbelanja keperluan sehari-hari di supermarket, hiburan dan lain-lain. Akan tetapi Anda bisa menghemat pengeluaran Anda dengan mengatur anggaran Anda sebaik mungkin. Ikuti tips-tips yang kami berikan di bawah ini...   Milikilah kartu transportasi mahasiswa   Kartu diskon untuk transportasi bisa membantu

9635