Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

5 kelebihan dari jasa konsultasi kuliah ke luar negeri

703

Kuliah ke luar negeri mungkin akan menjadi penantian yang menyenangkan untuk semua orang. Akan tetapi, persiapan untuk kuliah negeri membutuhkan banyak waktu dan usaha. Misalnya mencari informasi tentang jurusan dan program studi yang cocok, hingga menjatuhkan pilihan akan kuliah di mana. Setelah itu, mempersiapkan berkas-berkas pendaftaran juga bisa membuat bingung.

 

Semua akan menjadi lebih mudah, jika ada yang bisa membantumu, mulai dari memberikan panduan untuk memilih jurusan hingga universitas yang tepat, dan membimbingmu di setiap langkah pendaftaran. Jadi kamu bisa menghemat banyak waktu.

 

Tugas dari konsultan pendidikan adalah membantu pelajar-pelajar yang ingin kuliah ke luar negeri seperti kamu, supaya semua bisa dipersiapkan dengan baik sebelum berangkat.

 

Konsultan pendidikan juga semakin populer karena banyak pelajar yang merasa terbantu. Hasil survei terbaru menunjukkan bahwa 75% mahasiswa internasional yang berkuliah ke Australia mengunakan jasa konsultan pendidikan.

 

Berikut adalah lima alasan mengapa konsultan pendidikan bisa mempermudah pendaftaran kamu ke universitas di luar negeri…

 

 

Konsultan pendidikan terlatih dan berpengalaman

Para konsultan pendidikan dari perusahaan-perusahaan terkenal pada umumnya memiliki sertifikat dari badan yang relevan di negaramu, dan bahkan memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam bidang pendidikan tinggi.

 

Ini berarti mereka telah melewati sesi-sesi pelatihan yang menempatkan mereka di posisi yang tepat untuk memberikan panduan untuk semua masalah yang mungkin akan kamu hadapi sewaktu mendaftar kuliah ke luar negeri.

 

Seorang agen pendidikan yang baik akan mengerti semua aspek dari destinasi kuliah yang mereka tawarkan kepada mahasiswa. Yang lebih penting lagi, kebanyakan konsultan memang pernah menjadi mahasiswa internasional, sehingga mereka tahu jawaban akan masalah yang mungkin akan kamu hadapi nantinya.

 

Pratibha Sen, seorang staf di IDP Education, dan pernah menempati beberapa posisi kerja, termasuk sebagai konsultan, berkata bahwa konsultan “memiliki pengetahuan dan keahlian yang  luas dan menyeluruh”.

 

Jadi, seorang konsultan bukan hanya terlatih, tetapi mereka juga memiliki pengalaman kuliah ke luar negeri. Tidak ada yang lebih cocok untuk memberikan panduan tentang kuliah ke luar negeri selain mereka!

 

 

Mereka akan membantumu menemukan institusi dan destinasi kuliah yang tepat

Jika kamu sudah memiliki universitas pilihan, kamu tetap bisa menyampaikan kepada konsultan pendidikan, karena mereka mungkin bisa memberikan pilihan yang lebih baik lagi, yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

Jika kamu belum ada gambaran tentang universitas yang cocok, bertanyalah kepada konsultan pendidikan. Mereka bisa memandumu untuk menemukan pilihan yang sesuai.

 

Ada beragam faktor yang akan disampaikan konsultan pendidikan, sebelum kamu menjatuhkan pilihan terhadap universitas yang cocok untukmu. Mulai dari peringkat universitas dan persyaratan pendaftaran, hingga kesempatan kerja dan layanan dukungan. Konsultan pendidikan akan memberikan informasi terbaru supaya kamu bisa memilih universitas yang benar-benar cocok untukmu.

 

“Pelajar umumnya sering meminta masukan tentang universitas mana yang paling bagus untuk mereka”, kata Pratibha. “Kepiawaian konsultan sangat penting di sini. Hal ini bisa terlihat dari bagaimana mereka bisa memberikan saran berdasarkan kelebihan dari berbagai program studi dan membandingkan beberapa institusi untuk memberikan masukan yang tepat untuk pelajar.”

 

Bantuan ini sangat praktis ketika kamu belum yakin ingin kuliah di mana dan di universitas mana. Misalnya, setelah bertemu dengan konsultan, mereka mungkin dapat membantumu memutuskan apakah lebih baik kuliah di Amerika atau di Inggris, berdasarkan kebutuhan kamu.

 

Bertemu langsung dengan konsultan juga bisa membantu orang tua kamu. Mereka dapat meyakinkan orang tua bahwa kuliah ke luar negeri adalah investasi yang menguntungkan, dan kamu akan terus merasakan manfaat dari kuliah ke luar negeri seumur hidupmu.

 

 

Kamu akan mendapatkan tips-tips jitu untuk mendaftar ke universitas di luar negeri

Kamu mungkin akan menghadapi berbagai keraguan sebelum mengirimkan pendaftaran ke universitas di luar negeri. Bagaimana jika ada yang salah atau kurang? Jangan-jangan saya tidak menjawab dengan tepat? Apakah batas pendaftaran telah berakhir? Semua pertanyaan tersebut mungkin akan berputar di kepalamu. Akan tetapi, jika telah berdiskusi dengan seorang konsultan pendidikan, kamu akan lebih percaya diri sebelum menyerahkan berkas-berkas pendaftaran kamu ke universitas, karena konsultan pendidikan akan memastikan kamu mengirimkan pendaftaran ke orang yang tepat, pada saat yang tepat, dan dengan isi yang tepat.

 

Jadi, menghubungi seorang konsultan pendidikan sebelum mengirimkan berkas pendaftaran kuliah akan memudahkan proses pendaftaran. Konsultan pendidikan juga siap membantu di setiap tahap pendaftaran jika kamu membutuhkan.

 

Konsultan pendidikan memiliki banyak cara untuk membantumu mempersiapkan berkas pendaftaran kuliah ke luar negeri. Misalnya, beberapa konsultan pendidikan bekerja sama dengan beberapa representatif universitas untuk menyediakan lokakarya menulis personal statement, sehingga mereka dapat memberitahu kamu apa saja yang perlu kamu tuliskan dalam personal statement. Sangat praktis bukan?

 

 

Menghubungkan kamu dengan pihak yang tepat untuk mengurus visa pelajar

Terkadang mengajukan visa pelajar bisa menjadi hal yang rumit. Akan tetapi, konselor pendidikan bisa memastikan kamu diarahkan ke jalur yang tepat, dan telah mengetahui informasi terbaru.

 

Ada beberapa langkah untuk mengajukan visa pelajar. Urutan dan cara untuk menyelesaikan setiap langkah bisa berbeda tergantung destinasi kuliah kamu.

 

Karena persyaratan visa bisa saja berubah, konsultan pendidikan yang baik akan memastikan kamu telah mengakses situs resmi dan mengisi formulir pendaftaran terbaru.

 

Selain itu, konsultan pendidikan juga bisa membantu menterjemahkan dan mengirimkan dokumen untukmu. Jadi dengan konsultan pendidikan yang terpercaya, kamu tidak perlu khawatir akan visa pelajar.

 

 

Kamu akan mendapatkan pembimbing selama masa kuliah di luar negeri

Walau setelah kamu berhasil diterima di universitas di luar negeri berkat kerjasama yang baik dengan konsultan pendidikanmu, pekerjaan mereka tidak berhenti di situ. Kepercayaan dan kedekatan yang telah terbangun semasa persiapan pendaftaran tetap berlanjut. Kamu bisa menghubungi mereka kapan saja jika perlu.

 

Mulai dari apa yang bisa kamu lakukan di waktu luang, ada masalah dengan akomodasi, atau perlu bantuan untuk mendapatkan pekerjaan sambilan untuk mendanai perkuliahan, konsultan pendidikanmu tetap bersedia membantu.

 

Jadi sangat banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari konsultan pendidikan, bukan hanya semasa persiapan pendaftaran, tetapi hingga masa kuliah. Berikut adalah ulasan dari para mahasiswa yang pernah menggunakan jasa konsultan pendidikan:

 

“Saya sedang menjalani program MSc. in International Management & Marketing di University of Sheffield. Saya telah menerima surat penerimaan dari universitas dan perkuliahan akan segera dimulai. Hampir tidak mungkin mendapatkan visa pelajar dalam waktu sesingkat itu. Kakakku menyarankan saya untuk menghubungi  IDP Bangladesh.

 

Layanan mereka sangat memuaskan. Mereka sangat berfokus kepada kebutuhan klien, dan mereka juga memberikan perhatian dengan tulus, bukan semata-mata untuk tujuan bisnis saja. Saat itu, Ms. Silvia Jahangir sangat bisa diandalkan dan memberikan saya semua informasi yang saya butuhkan. Karena layanan mereka yang cepat dan efisien, saya bisa mendapatkan visa pelajar Inggris tepat waktu. Terima kasih banyak!” Reshab, Bangladesh.

 

“IDP telah membantu saya menyiapkan berkas-berkas pendaftaran ke banyak universitas, dengan semua detil yang diminta. Sesegera saya diterima oleh universitas, IDP membantu saya mengajukan beasiswa di universitas tersebut dan saya mendapatkannya…saya sangat berterima kasih, khususnya kepada Ms. Amina Reslan untuk semua kesabaran, waktu dan dukungan selama proses pendaftaran.” Nay Obeid, Lebanon.

 

IDP adalah pemimpin global dalam layanan pendidikan internasional. Kesuksesan mereka diraih berkat keberhasilan dalam mengenalkan pelajar dengan program studi yang tepat, di universitas yang tepat, dan di negara yang tepat. Mereka telah memiliki pengalaman hampir 50 tahun, sehingga telah tertanam jaringan yang tersebar di 30 negara.

 

IDP juga merupakan pemilik dari Hotcourses Group.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

148210

Mengapa TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Mungkin banyak yang bertanya, kuliah ke luar negeri kan bukan untuk belajar Bahasa Inggris, kenapa sih harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa diterima di univesitas luar negeri?   Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil

46450