Informasi penting
Study abroad: Keuangan

BELAJAR DI LUAR NEGERI: FINANSIAL PELAJAR TEMUKAN BEASISWA UNTUK BELAJAR DI LUAR NEGERI

share image
119

Jadi, kamu ingin mendapatkan beasiswa untuk belajar di luar negeri dan kamu menemukan bahwa institusi yang kamu minati menawarkan semua kebutuhan kamu (dan yang memenuhi syarat untuk kamu) - Good news!

 

Tapi apa langkah kamu selanjutnya? Lihatlah panduan kami untuk mencari dan mengamankan beasiswa yang dapat mengubah hidup kamu...

 

Mencari beasiswa 

Pertama, kamu perlu meneliti dengan benar opsi apa saja yang tersedia untuk bantuan keuangan yang memenuhi syarat untuk kamu. Untungnya sebagian besar universitas menawarkan beberapa bentuk bantuan keuangan kepada siswa, tidak semua siswa tahu tentang hal ini dan oleh karena itu setiap tahun banyak beasiswa yang terbuang sia-sia (sangat memalukan). Universitas menawarkan beasiswa karena berbagai alasan: untuk mendiversifikasi siswa mereka, untuk menarik siswa dengan potensi akademis tinggi yang mungkin tidak mampu belajar di tingkat universitas atau di luar negeri; dan juga hanya untuk pers dan publikasi yang baik. 

 

 

Sebagian besar universitas akan mempublikasikan peluang bantuan keuangan ini di situs web mereka dan dalam prospektus mereka. Kamu dapat membaca panduan kami untuk berbagai bentuk bantuan keuangan yang tersedia. Ingat, kamu dapat mengunduh prospektus resmi dari universitas, secara lengkap, langsung dari Hotcourses Abroad. Temukan prospektus untuk institusi yang kamu minati, unduh dan cari beasiswa. Kamu juga dapat klik tombol ‘Unduh Prospektus’ di mana pun kamu melihatnya di Hotcourses Abroad, seperti pada profil lembaga berikut ini. 


 

 

Kamu dapat menghubungi lembaga dan bertanya tentang beasiswa yang mereka tawarkan dengan mengklik tombol 'Kontak Lembaga' di profil mereka

 

Jika kamu masih tidak dapat melihat beasiswa atau bentuk bantuan keuangan untuk kamu, jangan putus asa! Kamu harus tetap bertanya langsung untuk memastikan kamu tidak ketinggalan. Plus, sangat bermanfaat untuk diketahui oleh universitas dan anggota staf tertentu di bagian penerimaan atau kantor internasional, karena mereka dapat membantu kamu lebih lanjut, asalkan kamu menunjukkan bahwa kamu adalah pelamar yang serius (yaitu kamu memiliki skor tes bahasa Inggris yang diperlukan, kamu memenuhi persyaratan masuk, kamu memiliki cara lain untuk mendanai studi kamu selain dari beasiswa dll). Kamu dapat bertanya dengan mengklik tombol ‘Contact Institution’ di Hotcourses Abroad.

 

Tetapi bagaimana kamu bertanya tentang beasiswa dengan cara yang benar?

 

Bertanya tentang beasiswa: Cara yang tepat

Universitas menerima pertanyaan dari siswa internasional setiap hari mengenai beasiswa, semua orang ingin belajar di luar negeri, terutama di lembaga-lembaga top. Sama seperti ketika pengusaha perlu dengan cepat menyortir CV yang baik dari yang buruk ketika mempekerjakan seseorang, staf penerimaan universitas perlu membedakan antara pertanyaan serius dan yang lainnya, dengan memprioritaskan yang cenderung menghasilkan siswa yang diterima. 

 

 

Itu semua bukan berarti kamu tidak dapat bertanya tentang beasiswa. Beasiswa ada karena suatu alasan dan banyak siswa internasional belajar di luar negeri dengan bantuan dari ini setiap tahun, ini termasuk siswa beasiswa penuh dari latar belakang yang kurang beruntung serta mereka dari keluarga kelas menengah yang hanya membutuhkan sedikit bantuan keuangan tambahan. Universitas akan menghargai calon siswa yang memiliki pertanyaan tentang ini. Namun kamu perlu berkomunikasi secara efektif,  kamu harus menunjukkan bahwa kamu memenuhi persyaratan masuk lainnya; dan bahwa dalam beberapa kasus kamu memiliki rencana cadangan untuk membiayai studi kamu. 

 


Jadi, bagaimana kamu memastikan bahwa pertanyaan kamu dianggap serius? Berikut beberapa tipsnya:   

 

Jangan hanya bertanya tentang beasiswa

Staf universitas akan mencari pertanyaan yang tidak hanya didorong oleh beasiswa. Mereka menerima banyak siswa yang tidak memenuhi kriteria lain yang mereka perlukan untuk belajar di luar negeri. Ditambah lagi, sulit untuk membuat lampiran atau menggambarkan seorang siswa yang hanya bertanya tentang beasiswa. Pertanyaan semacam itu tidak akan membuat anggota staf penerimaan duduk, memperhatikan dan ingin membantu kamu. Kamu juga harus memastikan pertanyaan kamu tidak terlalu luas; spesifik (misalnya. tanyakan tentang kursus atau beasiswa khusus untuk menunjukkan kamu telah melakukan riset). Ambil kesempatan ini untuk mengajukan pertanyaan lain yang kamu miliki juga untuk menunjukkan bahwa kamu sedang mencari tahu tentang belajar di luar negeri secara menyeluruh. Ini bisa berupa sesuatu yang besar atau sesuatu yang kecil yang kamu ingin tahu (misalnya kamu mungkin bertanya tentang pilihan akomodasi atau tentang kursus tertentu).   

 

 

Jangan menuntut

Hati-hati dengan nada dan bahasa pertanyaan kamu. Kamu harus menghindari segala hal yang terdengar seperti kamu menuntut sesuatu atau mengharapkan sesuatu dari universitas, itu terdengar kasar dan tidak bersahabat, dan itu bukanlah karakteristik yang ingin kamu kaitkan dengan diri kamu sendiri. Dapat dimengerti bahwa perbedaan dalam bahasa dapat menyebabkan nada hilang atau sesuatu disalahartikan, jadi harus ekstra hati-hati. Beberapa pelamar di masa lalu telah meminta agar universitas mengirimkan informasi atau bahkan memanggil mereka secara pribadi. Ini sama sekali tidak mungkin untuk kantor penerimaan yang sibuk dengan begitu banyak pertanyaan yang melewati setiap hari; Plus itu juga memberi kesan bahwa kamu malas dan tidak siap untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan sendiri jika kamu menuntut mereka melakukan pekerjaan untuk kamu atau mengajukan pertanyaan yang luas.   


 

Tidak ada "kisah sedih"

Universitas juga menerima banyak pesan yang sangat panjang di mana siswa berbicara tentang kesulitan dan perjuangan mereka seolah-olah ini akan meyakinkan universitas untuk memberikan beasiswa hanya untuk ini. Sangat disayangkan, universitas memiliki begitu banyak yang dianggarkan untuk penghargaan keuangan setiap tahun. Seorang staf universitas telah mendengar berbagai cerita, jadi jangan pernah mengarang cerita. Ditambah lagi, banyak siswa yang dengan sedihnya mencoba menipu universitas dengan dongeng yang begitu panjang sehingga universitas lebih berhati-hati dengan pesan semacam itu.

 

Universitas memang menawarkan beasiswa kepada mereka yang memiliki latar belakang kurang mampu di seluruh dunia, tetapi mereka memiliki proses untuk mengajukan ini dan hanya dapat memberikan begitu banyak peluang setiap tahun. Ingat, mereka tidak memiliki kewajiban untuk menawarkan apa pun kepada kamu, penting kamu memahami hal ini dan melanjutkan pencarian beasiswa kamu dengan cara yang logis dan praktis.

 

Tunjukkan bahwa kamu adalah pelamar yang serius

Tanpa membuat pertanyaan atau pesan kamu terlalu lama dari yang seharusnya, ada baiknya menyebutkan apa pun yang menunjukkan bahwa kamu adalah pelamar yang serius (sebagai lawan dari seseorang yang berkirim pesan dengan harapan mendapat beasiswa tanpa penelitian sebelumnya). Sebutkan secara singkat kualifikasi akademik tertinggi kamu (tidak setiap kualifikasi akademik yang pernah kamu miliki), skor tes bahasa Inggris kamu, dan penghargaan akademik mengesankan lainnya yang kamu terima. Ini semua dapat menunjukkan bahwa kamu adalah pelamar yang sah.  

 

 

Bahasa Inggris yang baik

Meskipun pertanyaan kamu mungkin berupa pesan singkat, kamu harus memastikan bahwa bahasa Inggris kamu berstandar tinggi. Ejaan, tata bahasa, atau tanda baca yang buruk akan menunda petugas penerimaan. Juga nada harus sopan dan formal, hindari bahasa gaul. Ini adalah komunikasi pertama yang akan kamu buat dengan universitas sehingga kamu perlu membuat kesan pertama yang baik untuk memastikan rantai komunikasi berlanjut dari sisi mereka. Mampu berbicara, menulis, dan memahami bahasa Inggris dengan standar tinggi adalah persyaratan penting untuk belajar di sebuah institusi di luar negeri, tidak ada cara lain!  

 

Contoh pertanyaan beasiswa yang baik:

 

Halo,

 

Nama saya Joe Brown. Saat ini saya sedang menyelesaikan gelar sarjana saya di bidang Bisnis di Full Sail University di Amerika.

 

Saya tertarik mempelajari Manajemen Sumber Daya Manusia dan MSc Bisnis dengan Anda di Universitas Aston. Saya punya beberapa pertanyaan tentang struktur modul untuk kursus, khususnya yang wajib dan apakah saya akan memilih fokus tertentu? Juga bagaimana kursus dinilai? Apakah ada beasiswa khusus untuk siswa dari negara-negara Timur Tengah?

 

Salam,

Joe Brown


 



 

Poin-poin penting:

 

  • Nada formal tapi ramah

  • Standar bahasa Inggris yang baik

  • Menyebutkan sejak dini bahwa siswa tersebut adalah siswa internasional saat ini untuk menunjukkan bahwa mereka kemungkinan memenuhi persyaratan masuk yang diperlukan (yaitu persyaratan bahasa Inggris, program studi terkait)

  • Beberapa pertanyaan spesifik (mengenai struktur modul dan penilaian kursus)

  • Permintaan beasiswa juga spesifik

  • Pendek dengan semua informasi dan rincian yang diperlukan saja


 


Contoh pertanyaan beasiswa yang buruk:


Nama saya Joe Brown. Tolong kirimkan saya semua info tentang beasiswa kursus bisnis. Saya sangat miskin dan butuh bantuan.


 

Poin-poin penting:

 

  • Terlalu singkat

  • Tidak cukup informasi tentang siswa

  • Bahasa Inggris yang buruk 

  • Menggunakan pendekatan “isak tangis”

  • Perincian tentang apa yang ingin mereka pelajari tidak jelas

  • Meminta lembaga itu melakukan pekerjaan untuk mereka ("Tolong kirimkan saya semua info")

  • Tidak ada sign-off


 

Cari beasiswa di Hotcourses Indonesia

Kamu dapat mencari beasiswa sempurna di Hotcourses Indonesia sekarang juga!

 

Cari beasiswa di Hotcourses Indonesia, di halaman beasiswa kami

 

Cukup buka halaman beasiswa kami dan pilih tujuan, subjek, dan tingkat studi untuk dicari. Kamu juga dapat menelusuri beasiswa berdasarkan tujuan, subjek, dan tingkat studi. Di halaman berikutnya, kamu akan diberikan kursus yang cocok dengan kriteria pencarian kamu. Ketika kamu telah memilih satu, kamu akan dibawa ke halaman yang merinci tentang kursus itu termasuk ringkasan dari apa saja yang dibahas, opsi kursus (termasuk biaya kuliah) dan persyaratan masuk.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

6 Biaya penunjang kuliah diluar biaya kuliah

Kuliah memang memerlukan banyak biaya, selain biaya kuliah dan biaya hidup, ternyata masih ada biaya penunjang kuliah yang kadang lupa dianggarkan, atau ternyata melebihi perkiraan kita. Apa sajakah biaya penunjang kuliah itu? Mari kita simak lebih lanjut... Buku Pelajaran Setiap mata kuliah bisa saja memerlukan lebih dari satu buku pelajaran. Tertutama jika mata kuliah seperti sastra, mungkin Anda perlu membeli banyak novel. Tergantung negara dimana

26124

BEASISWA, DERMASISWA DAN BANTUAN FINANSIAL LAINNYA

Terdapat banyak jenis bantuan keuangan bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah ke luar negeri. Salah satu yang paling umum adalah beasiswa. Selain itu juga terdapat banyak jenis bantuan keuangan lainnya yang akan dibahas di bawah ini...   Beasiswa Akademis Beasiswa bisa menanggung hanya sebagian biaya kuliah atau bahkan seluruh biaya kuliah. Banyak basis yang digunakan untuk memberikan beasiswa, misalnya yang paling umum adalah prestasi

25232

Cara Efektif Mencari Info Beasiswa Luar Negeri

Meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi adalah mimpi sebagian orang. Alasan utamanya bisa karena ingin menambah ilmu atau untuk meningkatkan karir. Sayangnya, pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi bila ingin melanjutkan di luar negeri. Salah satu cara untuk mensiasatinya adalah dengan mendapatkan beasiswa luar negeri . Banyak lembaga dan institusi pendidikan di luar negeri yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia setiap tahunnya.

23682

Tips menghemat pengeluaran dan mencari penghasilan tambahan sewaktu kuliah

Biaya hidup semasa kuliah tidaklah kecil. Banyak sekali pengeluaran yang tidak bisa dihindari. Misalnya biaya transportasi, berbelanja keperluan sehari-hari di supermarket, hiburan dan lain-lain. Akan tetapi Anda bisa menghemat pengeluaran Anda dengan mengatur anggaran Anda sebaik mungkin. Ikuti tips-tips yang kami berikan di bawah ini...   Milikilah kartu transportasi mahasiswa   Kartu diskon untuk transportasi bisa membantu

9790