Informasi penting
Study abroad: Keuangan

IISMA: PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA KE LUAR NEGERI DARI KEMDIKBUDRISTEK

27 MEI 2021
108
IISMA: Program Pertukaran Mahasiswa Ke Luar Negeri Dari Kemdikbudristek

Kalau kamu tengah menjalani pendidikan S1 saat ini, mungkin pernah terbersit pikiran untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri. Namun tentunya kamu harus melakukan persiapan yang matang agar bisa memenuhi semua persyaratan masuk institusi pendidikan tinggi di mancanegara. Nah, salah satu hal yang dapat membuat CV-mu lebih menarik untuk pihak universitas luar negeri adalah program pertukaran mahasiswa. Selain memberikan pengalaman internasional, program seperti ini juga memberikan wawasan dan keterampilan baru bagi para pesertanya. Jadi tak mengherankan kalau sebagian program studi dan universitas di luar negeri memberi nilai tambah bagi para calon mahasiswa yang pernah mengikuti program seperti ini.

 

Bila kamu tertarik mengikuti pertukaran mahasiswa ke luar negeri, ada kabar baik untukmu! Kemdikbudristek baru-baru ini telah meluncurkan program beasiswa untuk pertukaran mahasiswa dengan nama Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Dengan program ini, kamu berkesempatan untuk mengecap pendidikan di salah satu perguruan tinggi kelas dunia di luar negeri selama 1 semester. Mau tahu lebih jauh tentang IISMA? Langsung saja baca infonya di bawah ini.

 

Apa Latar Belakang Program Ini?

 

Pada saat program ini diluncurkan, Mendikbudristek Nadiem Makarim menuturkan bahwa IISMA berupaya merespons kebutuhan mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Ia juga menambahkan bahwa program ini membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mewujudkan mimpi dengan mengikuti mata kuliah unggulan di perguruan tinggi terkemuka di dunia, mengembangkan kemampuan lintas budaya, memperkuat jejaring internasional, dan mempersiapkan diri untuk dunia kerja.

 

Program yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dan Kemdikbudristek ini terbuka untuk semua mahasiswa S1 yang terdaftar di institusi pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Ditjen Dikti. Para mahasiswa yang mengikuti program ini tidak perlu khawatir akan kekurangan SKS di universitas asalnya, karena mereka dijamin akan mendapatkan 20 SKS setelah menyelesaikan program dengan baik.

 

Apa Persyaratan Untuk Mendaftar IISMA?

 

Persyaratan untuk mengikuti program ini adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kewarganegaraan Indonesia dan berdomisili di Indonesia;

  • Memiliki IPK minimal 3.00;

  • Terdaftar di perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Ditjen Dikti & mendapatkan nominasi dari pihak perguruan tinggi tersebut;

  • Sedang menempuh perkuliahan tingkat S1 di semester 4 - 7 saat program IISMA berlangsung;

  • Fasih berbahasa Inggris dengan skor minimum IELTS - 6.0 / TOEFL iBT - 78 / Duolingo English Test - 100 / TOEFL ITP - 550;

  • Belum pernah menerima beasiswa pertukaran mahasiswa luar negeri lainnya;

  • Bersedia mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh Kemdikbud dan pihak-pihak lain yang terkait selama mengikuti program ini.

 

Universitas Luar Negeri Mana Saja Yang Bermitra Dengan Program Ini?

 

Pada saat ini ada 73 perguruan tinggi dunia dari 31 negara yang bekerjasama sebagai mitra program IISMA. Dari daftar ini, 60 universitas membuka program kuliah tatap muka dan 13 universitas membuka program kuliah online. Kamu bisa melihat daftar lengkapnya di situs resmi IISMA.

 

AS dan Inggris adalah 2 negara yang juga turut berpartisipasi dalam program IISMA - Hotcourses Indonesia

AS dan Inggris adalah 2 negara yang juga turut berpartisipasi dalam program IISMA

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

Biaya Apa Saja Yang Ditanggung?

 

Bagi mahasiswa yang mengikuti program kuliah tatap muka, pendanaan yang diberikan oleh IISMA meliputi hal-hal berikut:

  • Biaya pendaftaran & kuliah

  • Biaya tiket dan visa

  • Biaya akomodasi, transportasi, kesehatan dan asuransi

  • Biaya hidup sehari-hari

  • Biaya pembelian buku kuliah

  • Biaya tes PCR


Sementara mahasiswa yang mengikuti program kuliah online akan mendapatkan pendanaan untuk hal-hal berikut:

  • Biaya pendaftaran & kuliah

  • Biaya pembelian buku kuliah

 

Dokumen Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Mendaftar?

 

Pastikan kamu telah memiliki berkas-berkas berikut sebelum melakukan pendaftaran:

  •  Surat nominasi dari fakultas

  •  Letter of enrollment dari fakultas

  •  CV

  •  Motivation Letter

  •  Transkrip akademik resmi

  •  Sertifikat kefasihan berbahasa Inggris

  •  Rekomendasi dari Dosen Pembimbing Akademik / Dosen / Profesor

  •  Fotokopi paspor (berwarna)

 

Kapan Pendaftaran Beasiswa Ini Ditutup?

 

Pendaftaran beasiswa ini telah ditutup pada 22 Mei 2021 lalu. Namun kamu bisa mendapatkan kabar ketika pendaftaran beasiswa ini dibuka lagi dengan cara bergabung dengan situs kami dan mengikuti semua kanal media sosial kami.

 

Bagaimana Cara Mendaftarnya?

 

Kamu hanya perlu mengumpulkan semua dokumen yang tercantum di atas dalam 1 file PDF untuk dikirimkan ke departemen yang mengurus program IISMA di universitasmu. Setelah pendaftaranmu diproses pihak universitas, kamu bisa melakukan pendaftaran di kanal online yang disediakan Kemdikbudristek. Pihak Kemdikbudristek kemudian akan melakukan seleksi dan para mahasiswa yang terpilih akan diminta memilih salah satu program studi yang tersedia untuk mereka. Keputusan mengenai daftar akhir penerima beasiswa merupakan persetujuan bersama antara Kemdikbudristek dan universitas mitra di luar negeri.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang beasiswa pertukaran mahasiswa ini, kamu bisa mengakses situs web IISMA. Kamu juga bisa menyaksikan penjelasan dari pihak Kemdikbudristek dalam video peluncuran IISMA berikut:

 

 

Masih ingin mencari beasiswa lain ke luar negeri? Langsung saja baca panduan yang kami susun mengenai beasiswa luar negeri. Coba juga alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik berdasarkan kriteria pribadimu.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu merencanakan studi di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

UGM.ac.id
Detik.com
Kemdikbud.go.id

Wajib dibaca

article Img

6 Biaya penunjang kuliah diluar biaya kuliah

Kuliah memang memerlukan banyak biaya, selain biaya kuliah dan biaya hidup, ternyata masih ada biaya penunjang kuliah yang kadang lupa dianggarkan, atau ternyata melebihi perkiraan kita. Apa sajakah biaya penunjang kuliah itu? Mari kita simak lebih lanjut... Buku Pelajaran Setiap mata kuliah bisa saja memerlukan lebih dari satu buku pelajaran. Tertutama jika mata kuliah seperti sastra, mungkin Anda perlu membeli banyak novel. Tergantung negara dimana

27.7K
article Img

BEASISWA, DERMASISWA DAN BANTUAN FINANSIAL LAINNYA

Terdapat banyak jenis bantuan keuangan bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah ke luar negeri. Salah satu yang paling umum adalah beasiswa. Selain itu juga terdapat banyak jenis bantuan keuangan lainnya yang akan dibahas di bawah ini...   Beasiswa Akademis Beasiswa bisa menanggung hanya sebagian biaya kuliah atau bahkan seluruh biaya kuliah. Banyak basis yang digunakan untuk memberikan beasiswa, misalnya yang paling umum adalah prestasi

26.9K
article Img

Cara Efektif Mencari Info Beasiswa Luar Negeri

Meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi adalah mimpi sebagian orang. Alasan utamanya bisa karena ingin menambah ilmu atau untuk meningkatkan karir. Sayangnya, pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi bila ingin melanjutkan di luar negeri. Salah satu cara untuk mensiasatinya adalah dengan mendapatkan beasiswa luar negeri . Banyak lembaga dan institusi pendidikan di luar negeri yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia setiap tahunnya.

25.2K
article Img

Tips menghemat pengeluaran dan mencari penghasilan tambahan sewaktu kuliah

Biaya hidup semasa kuliah tidaklah kecil. Banyak sekali pengeluaran yang tidak bisa dihindari. Misalnya biaya transportasi, berbelanja keperluan sehari-hari di supermarket, hiburan dan lain-lain. Akan tetapi Anda bisa menghemat pengeluaran Anda dengan mengatur anggaran Anda sebaik mungkin. Ikuti tips-tips yang kami berikan di bawah ini...   Milikilah kartu transportasi mahasiswa   Kartu diskon untuk transportasi bisa membantu

10.3K