Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

10 JURUSAN KULIAH BARU YANG MUNCUL BERKAT PERKEMBANGAN JAMAN

462

Sejumlah jurusan kuliah baru ditawarkan oleh universitas-universitas supaya mahasiswa dapat memenuhi tantangan dari era baru dengan lebih baik. Jurusan tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan hidup bermasyarakat saat ini, misalnya seperti kebiasaan dalam bersosial media, hingga mempelajari tokoh fenomenal yang disukai banyak orang, Harry Potter. Apa saja jurusan-jurusan kuliah yang muncul berkat perkembangan jaman? Berikut adalah 10 contohnya...

 

1. Baking Technology Management

 
London Southbank University

 

·         Lihat semua institusi yang menawarkan Jurusan Baking.

·         Lihat semua program kuliah Baking Technology

 

Bakery adalah makanan yang populer dan disukai setiap kalangan, baik anak-anak hingga orang tua. Industri pangan ini telah membangun prospek yang menjanjikan, sehingga LSBU membuka jurusan yang khusus mengajarkan ilmu bagi mereka yang tertarik untuk belajar tentang bakery. Program kuliah bakery dari LSBU tidak hanya mengajarkan teori tetapi juga banyak kesempatan untuk praktek. Selain itu, juga dibekali dengan ilmu manajemen sebagai bekal untuk mengelola bisnis bakery dengan baik.

 

 

2. Digital & Social Media

 
Leeds Trinity University

 

·         Lihat universitas-universitas yang menawarkan jurusan  social media.

 

Di jaman sekarang ini, media sosial sudah tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Jurusan ini mengupas tuntas tentang media sosial, baik dari sisi fungsional maupun teknologi yang terkait. Untuk memperdalam pengertian mahasiswa, mereka akan berkesempatan untuk magang di agen-agen digital selama 12 bulan, dimana mereka akan mendapatkan pengalaman kerja yang berharga.  

 

 

3. Ilmu Pendidikan 


Durham University

 

·         Lihat program S1 Pendidikan 

·         Lihat program  S2 Pendidikan

 

Nama jurusan ini memang tidak baru, tetapi isinya sangat berbeda dengan jurusan pendidikan yang kita kenal. Jurusan pendidikan di Durham University ini mengajarkan hasil karya sastra baru yang digemari banyak anak muda, misalnya Harry Potter untuk diterapkan dalam pengaajaran dan pembelajaran. Topiknya juga berhubungan dengan Harry Potter, seperti pesan moral dari kutukan, atau Hermioni dan peran wanita.  

 

 

4. Viticulture & Oenology

 
Plumpton College

 

·         Lihat daftar universitas yang menawarkan program Viticulture and Oenology

 

Jurusan ini membahas tentang proses pembuatan wine. Walau terdengar sederhana, program kuliahnya memerlukan 3 tahun. Mahasiswa akan diajarkan tentang semua aspek dari wine, dari ladang, laboratorium hingga menciptakan signature wine. 

 

 

5. Brewing & Distilling 


Heriot-Watt University

 

·         Lihat daftar universitas yang menawarkan program  Brewing & Distilling 

 

Jika jurusan yang sebelumnya membahas tentang wine, jurusan ini mempelajari tentang bir. Jurusan ini sesungguhnya adalah cabang dari jurusan kimia, sehingga mahasiswa akan mempelajari mulai dari sains, kimia, dan teknologi yang digunakan dalam membuat bir, mulai dari gandum yang digunakan hingga produk jadi seperti bir botol, atau kaleng.  

 

 

6. Viking Studies 


University College London

 

Apakah kamu sangat menyukai segala seuatu yang berbau suku, prajurit, pedagang dan orang-orang viking? Ini adalah jurusan yang cocok untukmu. Disini kamu akan mempelajari semua hal tentang Scandinavian.

 

 

7. Surf Science & Technology 


Cornwall College

 

Program gelar 2 tahun ini akan membuatmu menjadi ahli dalam berselancar. Jurusan ini akan mengajarkan tentang sejarah dan teknik berselancar. Tentu saja selain teori, pembelajarannya akan melibatkan banyak praktek. Dan ternyata, psikologi juga diajarkan, karena butuh mentalitas yang kuat untuk bermain bersama ombak. Sebagai bagian dari perkuliahan, mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan magang di perusahaan-perusahaan terkait.  

 

 

8. Ethical Hacking 


University of Abertay Dundee

 

Semua pengguna internet dan komputer pasti paling anti dengan yang namanya hacker. Tetapi ternyata di dunia nyata, hacking ini diperlukan, tetapi tidak tanpa aturan, yang penting masih memenuhi etika. Terdengar aneh? Jadi sebenarnya tugas dari para hacker adalah untuk mengetes keamanan dari suatu sistem TI. Dan menurut statistik, tenaga ahli dalam bidang ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Tertarik untuk bergabung?

 

 

9. Contemporary Circus and Physical Performance

 
Bath Spa University

 

Ini adalah program persiapan kuliah untuk para lulusan sekolah menengah atas yang ingin memasuki jurusan Seni Musik dan Pertunjukan. Mahasiswa akan belajar mulai dari sejarah sirkus, gerakan akrobatik dan kehidupan dalam kelompok sirkus.

 

 

10. The Beatles, Popular Music and Society

 
Liverpool Hope University

 

Program ini berdurasi selama 1 tahun untuk program purna waktu dan 2 tahun untuk program paruh waktu. Seperti namanya, mahasiswa akan mempelajari tentang band lengendaris, The Beatles serta budaya dan industri di Liverpool yang merupakan asal muasal dari band tersebut.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS