Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

12 JURUSAN KULIAH YANG COCOK UNTUK ANAK IPS

164968

Masih bingung menentukan jurusan kuliah? Jika kamu adalah anak IPS, beberapa pilihan di bawah ini bisa kamu jadikan pertimbangan.

 

1. Bisnis & Manajemen

 

 

Lulusan bisnis & manajemen banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar untuk membuat kebijakan, merencanakan sumber daya, mengarahkan bisnis secara keseluruhan dan mengimplementasikan strategi.  Jika kamu berjiwa wirausaha dan ingin membuka usaha sendiri, gelar ini akan menjadi bekal yang mantap untukmu.

 

Ingin informasi lebih lanjut? Baca Prospek kerja dan gaji lulusan bisnis & manajemen

 

 

 

2. Jurusan Ekonomi

 

 

Hampir semua lapangan pekerjaan membutuhkan lulusan ilmu ekonomi, baik di sektor swasta maupun pemerintah. Hal ini karena jurusan ekonomi mengajarkan skill-skill utama yang dibutuhkan di pasar kerja. Jadi tidak heran jurusan ekonomi selalu menjadi jurusan populer untuk lulusan IPS.

 

Baca juga penjelasan lengkap tentang prospek kerja dan persyaratan mendaftar kuliah jurusan ekonomi

 

Sedang mencari universitas terbaik untuk jurusan ekonomi? Coba lihat 16 jurusan ekonomi terbaik di Eropa!

 

 

 

3. Komunikasi

 

 

Komunikasi selain mempelajari cara menyampaikan pesan secara efisien dan efektif juga mempelajari pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman. Misalnya perkembangan internet, pengaruh media sosial, tren hiburan yang sedang populer dan faktor-faktor lainnya. Dan karena tren dan teknologi selalu berkembang tiada hentinya, kurikulum dan penyampaian perkuliahan komunikasi juga berubah-ubah, sehingga ilmu ini tiada ujungnya.

 

Baca juga jurusan komunikasi dan prospek kerjanya

 

 

 

4. Jurusan Akuntansi

 

 

Jurusan akuntansi adalah salah satu jurusan menggiurkan dengan gaji yang menjanjikan. Setiap perusahaan membutuhkan lulusan akuntansi untuk menghitung rugi laba. Laporan ini selain untuk mengevaluasi kinerja perusahaan juga membantu menentukan strategi masa depan suatu perusahaan.

 

Apa yang bisa kamu dapatkan dari gelar akuntansi? Baca prospek kerja dan persyaratan mendaftar kuliah jurusan akuntansi

 

Bingung memilih universitas? Coba cek 5 universitas dengan jurusan S1 Akuntansi terbaik!

 

 

 

5. Jurusan Psikologi

 

 

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pikiran, kebiasaan dan interaksi, termasuk segala aspek pengalaman manusia. Digambarkan sebagai “ilmu cabang”, Psikologi berkaitan ke riset dan perspektif dari ilmu sosial, ilmu alam, kesehatan dan humaniora, seperti filosofi. Lulusan psikologi pada umumnya dibutuhkan di bagian manajemen sumber daya manusia. Tetapi tidak hanya terbatas di situ, prospek kerja lulusan psikologi sangatlah luas.

 

Lihat apakah jurusan psikologi cocok untukmu dan prospek kerja yang tersedia


Tertarik untuk kuliah jurusan psikologi? Lihat daftar universitas top dengan jurusan psikologi terbaik di dunia

 

 

 

6. Jurusan Pendidikan

 

 

Saat ini Indonesia sedang berusaha meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu tenaga ahli dalam bidang pendidikan semakin banyak dibutuhkan. Dan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tunjangan untuk tenaga kerja di bidang pendidikan juga semakin membaik. Berencana untuk berkarir di luar negeri? Di Amerika, lowongan ini dibayar $86,000 per tahun.

 

Seperti apa pekerjaan lulusan jurusan pendidikan? Baca prospek kerja dan persyaratan mendaftar kuliah Jurusan Manajemen Pendidikan.

 

 

7. Jurusan Jurnalistik

 

 

Jurnalis dapat bekerja dimana saja, seperti kantor surat kabar, majalah, publikasi stasiun tv, radio dan masih banyak lagi. Sewaktu bertugas, untuk mendapatkan data dan bahan yang akurat dan menarik, mereka perlu menghadiri berbagai acara dan pertemuan, mengadakan wawancara, berkonsultasi dengan ahli ataupun konsultan. Setelah informasi yang dibutuhkan telah rampung dikumpulkan, mereka akan mulai menulis, dan hasil tulisan tersebut akan dipublikasikan, baik secara cetak atau digital.

 

Untuk dapat menjalankan tugas dengan baik, mereka juga perlu menguasai sisi-sisi teknis seperti menyusun tampilan naskah, memilih atau mengambil foto yang tepat untuk menjadikan bahan tulisan lebih menarik dan lain sebagainya.

 

Lihat apakah jurusan jurnalistik adalah jurusan yang cocok untukmu dan bagaimana prospek kerjanya

 

 

8. Jurusan Sastra

 

 

Lulusan sastra biasanya sangat mengerti arti tersembunyi di suatu percakapan, cerita ataupun omongan. Karena sastra mempelajari banyak ilmu, dan mengerti pikiran manusia, maka mempelajari banyak transferable skill, sehingga pilihan kerja setelah lulus tidak terbatas dalam bidang sastra seperti penulis, penerjemah, atau pengajar. Sastra juga adalah salah satu hiburan bagi manusia, baik itu berupa bacaan seperti novel, lagu, atau film-film yang diangkat dari suatu jaman sejarah, atau latar belakang. Semua itu tidak akan ada tanpa sastra.

 

Siapa saja yang cocok untuk kuliah sastra dan bagaimana prospek kerjanya? Baca di sini.

 

 

9. Jurusan Desain Grafis

 

 

Jika kamu suka desain dan multimedia, kamu boleh mempertimbangkan jurusan yang memadukan seni desain tradisional dengan teknologi digital ini. Tujuannya adalah menggunakan seni dan teknik komunikasi untuk memberikan informasi yang mempengaruhi target/pemirsa untuk menerima informasi tersebut, baik itu lewat iklan tv, spanduk, baliho dan media lainnya. Oh iya, jurusan ini tidak ada mata kuliah matematikanya. Jadi buat kamu yang kreatif tetapi tidak akur dengan matematika mungkin boleh mempertimbangkan jurusan ini.

 

Belum yakin? Baca dulu prospek kerja desain grafis

 


10. Ilmu Hukum

 

 

Jurusan hukum identik dengan jurusan yang keren dan memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Akan tetapi, kuliah hukum butuh dedikasi yang besar, butuh waktu berjam-jam untuk membaca, meneliti setiap kasus, hingga turun ke lapangan untuk riset. Dibutuhkan daya ingat yang bagus untuk mengingat banyak detail seperti nama, tanggal, petunjuk-petunjuk penting lainnya. Tetap fokus dan jeli, berpikir cepat di bawah tekanan juga sangat penting untuk dapat sukses di bidang ini.

 

Coba lihat apakah kamu cocok mengambil jurusan hukum

 

 

11. Hubungan Internasional

 

 

Hubungan internasional adalah salah satu dari ilmu sosial. Di universitas luar negeri, istilahnya bisa berbeda-beda, mulai dari International Studies, Internasional Relations hingga Global Affairs. Secara umum bidang ini mempelajari cara berkomunikasi dan berdiplomasi dengan orang asing. Oleh karena itu harus mengerti budaya, etika dan kebiasaan dari berbagai belahan di dunia. Lulusan jurusan ini sangat luas bidang karirnya, termasuk: negosiator, peneliti, diplomat, penerjemah, konsultan, dosen, guru dan hingga pengusaha.

 

Lihat program kuliah jurusan hubungan internasional yang tersedia di luar negeri

 

 

12. Sosiologi

 

 

Sosiologi adalah ilmu murni yang menganalisa masyarakat. Selain mempelajari teori, jurusan ini juga banyak praktikum menganalisa perilaku masyarakat sesuai dengan topik yang diberikan. Sosiolog dibutuhkan dalam banyak bidang, misalnya di instansi pemerintah, dimana sosiolog akan mengadakan riset dan hasil riset tersebut akan memberikan masukan bagi pemerintah mengenai kebijakan yang akan diterapkan di masa depan. Tidak hanya terbatas di bidang pemerintahan saja, sosiologi juga dibutuhkan untuk semua bidang yang berkenaan dengan masalah-masalah sosial.

 

Masih bingung? Baca prospek kerja dan persyaratan mendaftar kuliah ke jurusan sosiologi

 

Baca juga:

12 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS