Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

5 BAHASA ASING YANG PALING MUDAH UNTUK DIPELAJARI

7903

Di jaman globalisasi ini, menguasai bahasa Inggris tidak lagi cukup. Meluangkan waktu untuk mempelajari bahasa asing adalah investasi yang bermanfaat, baik itu hanya sekedar untuk menambah wawasan atau demi meningkatkan prospek kerja.

 

Sebaiknya belajar bahasa apa ya? Tentunya bisa disesuainya dengan minat masing-masing, atau mempelajari bahasa-bahasa yang banyak dibutuhkan di dunia kerja internasional. Selain itu, kamu juga bisa memulai dengan bahasa asing yang lebih mudah dipelajari.

 

Bagaimana menentukan tingkat kemudahan atau kesulitan suatu bahasa asing? Jawabannya bisa didapatkan dari menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

 

1. Apakah bahasa tersebut memiliki grammar yang berbeda dengan yang kamu pernah pelajari?

 

2. Apakah pengucapan alfabet atau suku katanya berbeda dengan bahasa yang pernah kamu pelajari?

 

3. Seberapa dekat atau berbeda bahasa tersebut dengan bahasa yang pernah kamu pelajari?

 

Berdasarkan komponen-komponen di atas, berikut adalah 5 bahasa asing yang paling mudah untuk dipelajari:

 

 

1. Bahasa Inggris

Berdasarkan komponen bahasa, bahasa Inggris cukup dekat dengan bahasa Indonesia. Contohnya bisa dilihat di kalimat-kalimat di bawah ini, dimana bisa diterjemahkan per kata sesuai dengan urutan, tanpa harus membolak-balik susunan kata dari teks asli:

 

The apple is red.
It is John’s apple.
I give John the apple.
We give him the apple.
He gives it to John.
She gives it to him.
I must give it to him.
I want to give it to her.

 

Selain itu, bahasa Inggris juga gampang kita temui, misalnya dari lagu, film, drama, novel, dan lain sebagainya. Apalagi dengan adanya internet, anak-anak kecil saja sudah bisa lancar berbahasa Inggris sederhana karena nonton film kartun di Youtube. Jika tidak belajar sendiri pun, kelas-kelas kursus bahasa Inggris dapat ditemui dengan mudah.

 

 

2. Bahasa Perancis

Bahasa Perancis memiliki 100 juta pengguna di dunia – sebagai bahasa resmi dari 28 negara – digunakan di hampir setiap benua. Bahasa Perancis juga masih dekat dengan bahasa Inggris. Kosakata yang digunakan masih tergolong mirip. Menurut para ahli bahasa, bahasa Inggris dan bahasa Perancis memiliki paling banyak persamaan jika dibandingkan dengan bahasa lainnya.

 

 

3. Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol dipengaruhi oleh bahasa Latin dan Arab. Diperkirakan bahwa di tahun 2050, Amerika akan menjadi negara bilingual yang menggunakan bahasa Inggris dan Spanyol!

 

 

4. Bahasa Italia

Digunakan di Italia, Swiss, Malta, Argentina dan lebih dari 25 negara lainnya, sekitar 125 juta orang berbahasa Italia. Bahasa Italia dekat dengan bahasa Perancis dan Spanyol, tetapi dengan bentuk kata kerja yang lebih sederhana. Dan sebenarnya kamu sudah menguasai beberapa kosakata Italia, seperti spaghetti, pizza dan Ferrari!

 

 

5. Bahasa Portugis

Bahasa Portugis adalah salah satu bahasa yang banyak digunakan di dunia kerja internasional. Ini tidak heran, karena ekonominya adalah yang ke-6 terkuat di dunia. Salah satu yang mudah dari bahasa Portugis adalah kalimat interogatifnya sangat mudah. Hanya cukup mengubah intonasi. Misalnya “Kamu menyukai ini?”, bahkan tidak perlu menggunakan kata tanya seperti dalam bahasa Inggris “Do you like this?”. Yang agak susah hanyalah pelafalan vokal nasal, tetapi itu bisa diatasi dengan banyak praktek.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

62894