Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

6 MITOS YANG SALAH TENTANG KULIAH JURUSAN BISNIS

share image
4299

Bisnis adalah salah satu jurusan kuliah paling populer. Lulusan jurusan bisnis sangatlah banyak. Akan tetapi tidak berarti semua yang kamu dengar tentang jurusan bisnis adalah benar. Setidaknya berikut adalah 6 mitos yang salah tentang jurusan bisnis:  

 

1. Setelah lulus kamu bisa jadi milyarder

Gelar bisnis memang menjanjikan pemasukan yang lumayan. Tetapi bukanlah cara cepat untuk menjadi milyarder. Menurut laporan PayScale College Salary Amerika Serikat tahun 2017-2018, gaji awal rata-rata lulusan bisnis berkisar antara $42.700 hingga $58.700. Nilai yang masih cukup jauh jika dibandingkan dengan pemegang gelar MBA. Menurut laporan yang diterima oleh QS, gelar MBA dari fakultas bisnis ternama Eropa dapat meningkatkan gaji hingga 79 persen. Jika kamu ingin mendapatkan gaji awal yang tinggi, kamu perlu mempertimbangkan mengambil program MBA satu tahun penuh.

 

 

2. Harus pintar matematika

Walaupun pandai berhitung dapat membantu, kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan konsumen, klien dan kolega dalam dunia bisnis juga penting. Jadi jangan khawatir jika keahlian dalam matematika kamu tidak terlalu baik, dan jangan menjadikan hal ini mematahkan semangat kamu untuk kuliah bisnis.

 

 

3. Bisnis itu jurusan yang sangat umum

Sesungguhnya semua gelar sangat umum. Akan tetapi, penting bagi mahasiswa untuk mengerti dasar pokok apa yang akan mereka pelajari sebelum mengambil bidang spesialisasi dalam program mereka. Hal ini juga berlaku dalam kuliah bisnis. Banyak program bisnis mencakup beragam topik, alat bantu, metode dan kerangka, akan tetapi juga menyediakan kesempatan untuk mengambil spesialisasi lebih lanjut dalam program tersebut.

 

 

4. Jurusan Bisnis itu gampang

Bisnis sudah menjadi aspek kehidupan, mulai dari kafe yang ingin memutuskan berapa harga secangkir kopi, hingga negosiasi bisnis jutaan dollar antara perusahaan dan organisasi, teori dibalik setiap keputusan tidaklah semudah yang dibayangkan.

Mempelajari bisnis meliputi beragam keahlian ekstensif yang penting untuk mengembangkan pengetahuan mendalam dalam industri ini. Penting juga bagi mahasiswa untuk terus mengikuti perkembangan terbaru dalam sektor bisnis, jadi pastikan kamu selalu mengikuti informasi terbaru.

 

 

5. Dunia bisnis lebih banyak saingan

Persaingan selalu ada di semua bidang, bukan hanya bisnis. Walaupun kamu tidak dapat mengubah dunia kerja ketika kamu lulus, kamu dapat mengambil beberapa langkah semasa kuliah kamu untuk menjadikan diri kamu lebih menonjol.

 

Kebanyakan program bisnis menawarkan mahasiswa mereka kesempatan untuk menerapkan pengetahuan bisnis mereka dengan menempatkan mereka dalam pekerjaan magang. Program magang atau penempatan kerja memberikan mahasiswa gambaran bisnis dalam dunia nyata dan untuk menggunakan keahlian dan pengetahuan mereka dalam dunia kerja sesungguhnya. Program magang atau penempatan kerja akan sangat menguntungkan bagi kamu karena memungkinkan kamu untuk mempertunjukkan dan menerapkan pengetahuan kamu dalam lingkungan kerja sesungguhnya, jadi kamu akan lebih siap kerja setelah lulus kuliah nanti.

 

6. Kesempatan karir untuk lulusan bisnis terbatas

Banyak yang beranggapan lulusan bisnis terpaku pada tipe pekerjaan dunia perkantoran umumnya dengan jam kerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Kenyataannya, keahlian dan kemampuan inovatif yang kamu peroleh dari kuliah bisnis dapat memaparkan kamu dalam beragam dunia kerja, dimana kesempatan menunggu dalam beragam bidang dan industri. Mulai dari penjualan hingga pemasaran, media, keuangan dan perbankan sampai dengan kewirausahawanan, lulusan bisnis juga bisa mandapatkan kesempatan karir dalam industri teknologi.

Sebagaimana teknologi terus untuk mendominasi lingkungan bisnis tradisional, lulusan bisnis dapat dianggap sebagai kandidat ideal yang dapat menyatukan perbedaan antara bisnis dan teknologi.

 

 

Tertarik untuk mengenal jurusan bisnis lebih lanjut? Baca juga Prospek Kerja dan Gaji Manajemen Bisnis.

 

Jika ingin mencoba jalur beasiswa, kamu bisa mencoba beasiswa bisnis khusus untuk pelajar dari Indonesia.

 

Ingin belajar dari yang terbaik? Cek 10 fakultas bisnis terbaik di ASIA.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

71150