Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

7 KEAHLIAN PENTING YANG PERLU DIPELAJARI SELAGI KULIAH

1658

Di jaman yang serba kompetitif ini, memiliki gelar kuliah aja tidak cukup. Jika kamu ingin tampil berbeda di lapangan kerja, beberapa dari 7 keahlian ini dapat membuat resume (surat lamaran kerja) kamu lebih menarik, dan peluang untuk diterima bekerja lebih besar:

 

 

1. Soft skills

 

 

Soft skill (baca penjelasannya di sini) sangat penting untuk dimiliki jika ingin sukses dalam karir. Kemampuan untuk berkerja alam kelompok, memiliki etika kerja dan mampu berpikir positif adalah beberapa criteria yang dicari pemberi kerja sewaktu wawancara. Soft skill tidak hanya penting untuk pekerjaan yang banyak melibatkan komunikasi, tetapi juga dalam bidang teknik. Bagaimana cara menguasai soft skills? Ada banyak kesempatan untuk membina soft skill sewaktu berkuliah. Info lebih lanjut…

 

 

 

2. Coding

 

 

Walau jurusan yang kamu ambil tidak berhubungan langsung dengan komputer, tidak ada salahnya mempelajari coding, setidaknya secara umum. Hal ini bisa membantu banyak hal, karena di jaman digital ini, banyak pekerjaan yang dibantu oleh software. Mengenal dasar coding seperti HTML dan CSS tentunya tidak akan merugikan. Kamu bisa mempelajari coding secara otodidak, misalnya lewat video YouTube atau belajar online secara gratis.

 

 

 

3. Media Sosial

 

 

Mulai dari layanan pelanggan/customer service hingga rekrutmen, media sosial menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari suatu bisnis. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang mengerti cara menggunakan media sosial dengan baik. Apa pun peranmu dalam suatu perusahaan, menguasai cara untuk mengelola berbagai jenis media sosial merupakan suatu nilai plus yang dihargai perusahaan.

 

 

 

4. Motivasi Diri

 

 

Seiring perkembangan teknologi, banyak lowongan kerja yang dapat dikerjakan di luar kantor, sehingga lowongan freelance semakin banyak. Perusahaan tidak dapat mengatur jam dan cara kerja freelancer secara langsung, sehingga motivasi diri sangat penting. Seorang freelancer harus dapat bekerja secara efisien dan efektif walaupun tanpa pengawasan dan bimbingan.

 

 

 

5. Kreativitas dan Inovasi

 

 

Bagaimana mempertahankan atau meningkatkan prestasi suatu perusahaan? Tentunya adalah dengan kreativitas dan inovasi. Perusahaan mencari para lulusan baru yang fleksibel, pintar beradaptasi dan berpikiran maju, misalnya dengan cara mengusulkan cara baru, cara meningkatkan efisiensi, atau usul baru lainnya yang meningkatkan sisi kompetitif dari suatu perusahaan.

 

 

 

6. Bahasa

 

 

Di era gobal ini, kemampuan berbahasa asing adalah suatu aset penting, apalagi jika kamu juga memiliki pengalaman kerja di luar negeri. Jadi, jika kamu memiliki waktu luang sewaktu kuliah, mengapa tidak mengikuti kelas bahasa untuk meningkatkan prospek kerja kamu? Sebaiknya belajar bahasa apa? Coba lihat 10 bahasa yang paling banyak dicari di pasar kerja.

 

 

 

7. Analisa

 

 

Bisa membaca angka, grafik dan diagram saja tidak cukup. Kamu perlu mengerti apa yang disampaikan oleh angka-angka dalam laporan. Untuk itu dibutuhkan keahlian menganalisa. Jika kelak kamu ingin bekerja di bidang marketing atau teknik, kemampuan analisa ini wajib untuk kamu kuasai sewaktu kuliah. Walaupun di luar kedua bidang tersebut, menguasai cara memanfaatkan data untuk memprediksi atau mengevaluasi kondisi pasar dan menentukan solusi atau langkah berikut yang perlu ditempuh adalah suatu keahlian yang dicari perusahaan.

 

 

 

Sumber:

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS