Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

7 MANFAAT KULIAH DAN BERKARIR DI BIDANG PEMASARAN DIGITAL

7 MANFAAT KULIAH DAN BERKARIR DI BIDANG PEMASARAN DIGITAL

Kita hidup di masa di mana orang menggunakan Internet untuk segala hal. Baik itu membayar tagihan secara online, membeli bahan makanan untuk seminggu, berbelanja hadiah, merencanakan liburan, atau apa saja, orang-orang masuk ke laptop, smartphone, tablet, dan komputer rumah untuk menjalankan bisnis online mereka setiap hari.

 

Popularitas Internet yang terus tumbuh telah menciptakan peluang besar bagi perusahaan untuk memperluas pengaruh bisnis mereka ke dunia online. Toko offline tradisional telah beralih ke etalase online, di mana apa saja dapat dibeli dengan mudah.

 


 

Apa Digital Marketing Professional?

 

Tren yang meningkat dari bisnis digitalisasi telah menciptakan kebutuhan akan jenis profesional baru: yang berpengalaman dalam bisnis dan seni pemasaran digital. Profesi ini memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memanfaatkan kekuatan Internet untuk tujuan membuat kampanye iklan email yang efektif, blog komunitas, halaman web, postingan media sosial, dan lainnya, semuanya bertujuan untuk berhasil terhubung dengan konsumen yang paham internet saat ini. Permintaan untuk profesional pemasaran digital yang berpengetahuan tumbuh secara pesat.

 

Bidang karir pemasaran digital atau digital marketing mencakup banyak pekerjaan khusus. Pemasaran digital mencakup, tetapi tidak terbatas pada, posisi berikut:

 

  • Pengembang Konten Online

  • Pemasaran media sosial

  • Spesialis Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

  • Spesialis Analisis Bisnis

  • Manajemen merek

  • Pakar Pemasaran Seluler

  • Desainer web

  • Blogger Profesional

  • Email Marketing

 

Nah, sekarang sudah tahu apa itu digital marketing dan apa permintaannya, apa saja sih manfaatnya?

 

1. Menjadi Profesional yang Sesuai Permintaan

 

Kamu pernah mendengar tentang kesenjangan keterampilan digital? Pada tahun 2020, diharapkan ada 2 juta pekerjaan digital baru di Inggris Raya dan tidak ada cukup profesional digital untuk mengisinya.

 


 

Selama resesi global, lulusan baru terjerumus ke dalam ketidakpastian, kelangkaan pekerjaan. Bukankah menyenangkan untuk mendapatkan serangkaian keterampilan baru yang dapat membuktikan karier kamu di masa depan, meningkatkan keamanan kerja, dan bahkan meningkatkan kemajuan karier?

 

Hal terpenting bagi kamu adalah kamu perlu mengambil kembali kendali atas karier kamu dan membangun kembali kepercayaan diri yang hilang selama resesi. Ingat ini: perusahaan masih menginginkan keterampilan yang berharga - kamu mungkin hanya perlu mengubahnya menjadi digital.

 

Menurut Tren Perekrutan Pemasaran, permintaan untuk para profesional pemasaran digital melampaui pasokan dengan 44% perusahaan ingin mempekerjakan lebih banyak pemasar. Saatnya kamu memanfaatkan peluang ini!

 

 

 

2. Lebih Banyak Pilihan Karir

 

Seiring digitalisasi berlanjut di seluruh industri, perusahaan di seluruh dunia mulai dari perusahaan baru hingga perusahaan mapan sedang mencari profesional digital dengan pengalaman yang relevan.

 

Para raksasa digital seperti Google dan Airbnb selalu mencari bakat baru, terutama di bidang teknologi baru karena kecerdasan buatan menjadi lebih umum dan menawarkan skalabilitas. Dalam hal nilai pelanggan, menggunakan AI dapat membantu mendorong personalisasi dan waktu respons untuk pertanyaan menggunakan teknologi seperti chatbots.

 

Dengan banyaknya peluang baru yang tersedia, pemasar digital dapat menjadi pilih-pilih tentang jenis perusahaan tempat mereka ingin bekerja. Kami mendorong kamu untuk memanfaatkan pilihan ini dan memikirkan jenis bisnis yang paling sesuai dengan kebutuhan karier kamu.

 

 

 

3. Gaji Menarik

 

Kami telah membahas tentang bagaimana permintaan untuk profesional pemasaran digital melebihi pasokan. Dalam ilmu ekonomi tradisional, kita semua tahu apa yang terjadi selanjutnya - nilai produk meningkat seiring dengan harganya. Saat kamu bekerja di industri yang bermanfaat dengan kekurangan keterampilan yang besar, kamu dapat menganggap diri kamu sebagai komoditas - dan menegosiasikan gaji kamu sesuai dengan itu.

 

 

Sebuah survei terbaru oleh The Creative Group memproyeksikan peningkatan substansial bagi para profesional pemasaran. Misalnya, gaji rata-rata untuk CMO di lingkungan perusahaan di AS diharapkan menjadi $ 164.000.

 

Hal yang menarik dan menguntungkan dari pasar kerja bagi para profesional digital adalah adanya persaingan yang sangat besar untuk mendapatkan bakat terampil, apa pun industrinya.

 

Ini berarti bahwa individu dengan keterampilan yang tepat dapat bernegosiasi untuk mendapatkan gaji yang besar tetapi juga mendapatkan keuntungan besar dan bahkan mungkin bonus tergantung pada peran mereka.

 



 

4. Memulai Karir kamu dengan Mudah

 

Dalam karier yang lebih tradisional seperti periklanan, kamu harus menunggu magang atau penempatan lulusan yang didambakan agar kamu dapat memperoleh pengalaman dan membuat portofolio sendiri. Namun, dunia pemasaran digital memberikan sejumlah peluang bagi kamu untuk memulai karier kamu sendiri bahkan sebelum kamu menginjakkan kaki di tempat kerja.

 

Ingin menonjol di mata calon pemberi kerja? Berinvestasilah dalam membangun kehadiran media sosial yang kuat, dapatkan pengikut Twitter kamu sendiri, mulai blog kamu sendiri dan berkontribusi pada percakapan online yang relevan. Ada banyak sekali ujian online yang dapat kamu ikuti untuk meningkatkan CV dan memamerkan pengetahuan pemasaran digital kamu.

 

Sudah banyak contoh orang yang dipekerjakan setelah memamerkan bakat dan kemampuannya melalui media sosial. Misalnya, ilustrator mode yang berbasis di Dublin, Holly Shortall mendapat perhatian ketika dia men-tweet ilustrasinya ke selebriti online. Sejumlah majalah glossy dan merek fesyen papan atas kemudian mendekatinya dan menugaskan pekerjaannya.

 

 

 

5. Menjadi Profesional Yang Tangkas & Serbaguna

 

Karena permintaan yang tinggi untuk keterampilan pemasaran digital dan fakta bahwa kamu dapat menerapkan pengetahuan ini ke sektor atau peran apa pun, menjadikannya karier yang gesit.

 

Jadi, jika kamu memilih jalur karier atau spesialisasi di sektor ini dan memutuskan untuk beralih nanti, kamu mungkin hanya memerlukan sedikit pelatihan untuk meningkatkan atau mengasah agar dapat beralih.

 

Dalam pengertian ini, kamu dapat membangun keterampilan yang ada sambil tetap mempelajari keterampilan baru, tetapi tetap berada di bidang yang sama.

 

Itu berarti ada banyak pilihan dan kesempatan belajar yang berkelanjutan, di mana berbagai keterampilan cocok bersama dengan cara yang berbeda.

 

6. Bekerja dengan Orang Berbeda Setiap Hari

 

Karena ini adalah sektor yang dinamis dengan berbagai disiplin ilmu, kamu cenderung bertemu dan bekerja dengan individu dari latar belakang dan minat berbeda.

 

Baik itu klien baru, kolega dengan spesialisasi yang menarik, atau menemukan cara yang menyenangkan untuk melibatkan dan memperluas pemirsa kamu, siapa pun yang tertarik untuk bekerja dengan orang lain akan berhasil dalam akhir sosial dan bisnis dari karier ini.

 

Dan jika kamu sedikit lebih introvert, kamu dapat tetap berada di belakang layar melakukan pekerjaan menulis atau web. Bonus tambahan untuk ini adalah kamu dapat mengelola dan bekerja dengan freelancer dari sudut mana pun di dunia yang dapat membentuk dimensi dan perspektif baru untuk pekerjaan kamu.

 

Apa pun peran kamu, sektor ini menjamin kurangnya kebosanan dalam kehidupan profesional kamu!

 

 

 

7. Menjadi Kreatif (dan Bereksperimen)!

 

Tidak hanya ada banyak peluang bagi materi iklan untuk melakukan tugasnya dalam bentuk tulisan, desain, dan bahkan produksi video dan audio, ada juga banyak ruang untuk kreativitas sehari-hari dalam arti umum.

 

Bagaimanapun, dalam lingkungan yang dinamis seperti itu akan selalu ada kebutuhan baru akan cara baru untuk memikirkan produk pemasaran, memecahkan masalah, melakukan pengujian A / B, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan melibatkan audiens.

 

Selain itu, kecepatan atau pemasaran digital cocok untuk eksperimen karena perusahaan menginginkan cara kreatif untuk menangkap hal-hal yang berhasil dalam bisnis selama hal-hal yang dapat berkinerja lebih baik.

 

Misalnya, bayangkan blog kamu mendapatkan banyak lalu lintas tetapi tingkat konversinya rendah? Atau beberapa pasar berkinerja buruk di Google Ads? Mungkin pengujian A / B akan membantu untuk melihat apa yang dilakukan pelanggan di blog. Atau menambahkan bendera AS pada pengantar video akan mendorong keterlibatan dengan penonton Amnerika.

 

Pilihan Universitas Dengan Jurusan Digital Marketing

 

Kami telah merangkum 10 universitas berdasarkan ranking yang menawarkan jurusan digital marketing atau pemasaran online. Mereka adalah:

 

  1. The University of Melbourne - Australia

  2. Edith Cowan University (ECU) - Australia

  3. King's College London - UK

  4. Curtin University - Australia

  5. University of Aberdeen - UK

  6. Massey University - Selandia Baru

  7. Heriot-Watt University - UK

  8. University of Westminster - UK

  9. PSB Academy - Singapura

  10.  Oxford Brookes University - UK

 

 

 

 

 

 

Baca juga:

PELUANG KARIR LULUSAN MBA DALAM PEMASARAN DIGITAL

5 UNIVERSITAS KANADA DENGAN PROGRAM MBA TERBAIK DI DUNIA

MEMILIH GELAR MASTER ATAU MBA

Wajib dibaca

article Img

QS GLOBAL MBA RANKINGS: 10 INSTITUSI DENGAN PROGRAM MBA TERBAIK DI DUNIA

Sedang mencari jurusan S2 yang bisa membawa perubahan karir yang positif untukmu? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan kuliah MBA di luar negeri. Program MBA dikenal sebagai salah satu program pascasarjana terpopuler di dunia karena memberikan mahasiswanya kesempatan untuk melakukan 3 hal: naik jabatan, meningkatkan gaji, dan berganti industri. Jurusan MBA juga menyediakan akses ke jejaring alumni yang bisa meningkatkan prospek kerja dan kesempatan kolaborasi.

85.1K