Informasi penting
Study abroad: Prospek Karir

PELUANG KARIR LULUSAN MBA DALAM PEMASARAN DIGITAL

PELUANG KARIR LULUSAN MBA DALAM PEMASARAN DIGITAL

Teknologi telah mengubah lanskap pemasaran. Walaupun begitu, bentuk tradisional dari komunikasi pemasaran tetap ada dan masih efektif, fokusnya semakin pada pemasaran digital dan peluang yang dihadirkannya untuk kampanye pemasaran yang lebih efisien dan efektif.

 

Teknologi memungkinkan bagian pemasaran mengembangkan pendekatan yang lebih terfokus. Misalnya, data yang dikumpulkan dari pelanggan online dapat membantu pemasar menargetkan mereka dengan lebih baik dengan kampanye untuk produk dan layanan yang sebenarnya mereka inginkan.

 

 

 

Pemasaran biasanya melibatkan banyak tebakan dan intuisi. Sekarang, pemasaran digital memungkinkan penggunaan analitik data dan teknologi sistem informasi untuk melakukan pekerjaan lebih baik dari sebelumnya, dengan tindakan menebak-nebak.

 

Ini adalah peluang besar bagi mereka yang terjun ke bisnis dengan minat dalam pemasaran. Itulah sebabnya banyak mahasiswa MBA yang memutuskan untuk mendapatkan gelar sarjana dengan konsentrasi di pemasaran digital.


 

Bidang umum pemasaran digital

 

Sebagai pemasar digital, kamu dapat membuat dan mengelola kampanye pemasaran untuk menarik minat dan perhatian mereka. Kamu dapat membuat konten untuk membangun kepercayaan dan membangun loyalitas konsumen. Pemasar digital dapat menjadi ujung tombak kampanye iklan asli di media sosial untuk merek-merek pemula.

 

 

 

Berikut adalah beberapa bagian yang akan dikelola:

 

  • Email Pemasaran

  • Pemasaran konten (membuat blog, artikel, video, dan lainnya)

  • Pengoptimalan mesin telusur (SEO)

  • Pencarian berbayar (PPC)

  • Pemasaran media sosial

  • Iklan asli

  • Pemasaran afiliasi

Dengan begitu banyak orang yang online dan begitu banyak cara untuk menjangkau mereka, lapangan ini penuh dengan peluang, dan orang-orang memanfaatkan peluang untuk mendapatkan sepotong kue pemasaran online.

 

 

 

Jenis pekerjaan lulusan MBA di bidang pemasaran digital?

 

Mereka yang memperoleh gelar MBA dengan spesialisasi dalam pemasaran digital siap untuk mengambil pekerjaan memimpin departemen sebagai manajer pemasaran. Manajer pemasaran mengawasi semua aspek operasi pemasaran, termasuk strategi, menetapkan tujuan, dan mengawasi staf atau konsultan luar yang berspesialisasi dalam analisis data, desain situs web, dan penulisan dan pengeditan konten.

 

Manajer pemasaran memainkan peran penting dalam mengembangkan strategi pemasaran bekerja sama dengan eksekutif organisasi. Mereka kemudian bertanggung jawab untuk menjalankan strategi itu.

 

Sukses dalam pemasaran digital membutuhkan pengetahuan di sejumlah bidang, yang semuanya dapat dipelajari dalam program MBA yang berkualitas. Mereka termasuk:

 

  • Analisis data dan perannya dalam pemasaran

  • Pemasaran media sosial

  • Manajemen reputasi online

  • Pemasaran konten

  • Email Pemasaran

 

Pemimpin pemasaran juga perlu mempertahankan pengetahuan tentang bentuk pemasaran tradisional yang lebih lama yang terus digunakan oleh banyak perusahaan. Ini dapat mencakup kampanye pemasaran yang dikembangkan untuk televisi, radio, papan reklame, dan iklan cetak.

 

Manajer pemasaran juga bekerja dengan HR untuk merekrut, mempekerjakan, dan melatih staf tim pemasaran yang berbakat.

 

Tren pertumbuhan kesempatan kerja diperkirakan akan meningkat di tahun-tahun mendatang. Bagi kamu yang tertarik untuk mencari pekerjaan di posisi teratas dari profesi pemasaran, mendapatkan gelar sarjana memberikan keterampilan dan pengetahuan untuk mengambil sifat yang terus berkembang dari profesi mutakhir ini.

 

 

 

 

Baca juga:

6 TIPS MENULIS PERSONAL STATEMENT UNTUK PROGRAM MBA

Wajib dibaca