Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Kuliah Manajemen Pendidikan di Luar Negeri - Prospek Kerja dan Persyaratan Mendaftar

672

Jika di jaman dulu pendidikan hanya suatu nilai plus, di jaman sekarang pendidikan adalah sesuatu yang wajib. Siapa yang tidak ingin maju? Untuk dapat maju semua orang butuh pendidikan. Saat ini sudah banyak yang menyadari hal ini, sehingga masyarakat lebih bersedia mengeluarkan biaya untuk memberikan pendidikan yang bermutu bagi keturunan mereka.

 

Untuk menjamin mutu dan pendidikan yang selaras dengan perkembangan jaman, dibutuhkanlah seorang ahli yang bisa mengelola pendidikan. Dari situ lahirlah jurusan manajemen pendidikan. Lulusan manajemen pendidikan bisa bekerja di sektor pendidikan formal (sekolah, universitas, institusi pendidikan), informal seperti tempat les, penitipan anak, hingga memberi pelatihan atau training untuk perusahaan dan organisasi.

 

Menurut data statistik Biro Tenaga Kerja Amerika, tenaga ahli dalam manajemen pendidikan untuk sekolah dasar dan menengah dibayar $86,060 per tahun, sedangkan yang berkarir di bidang pendidikan anak usia dini dan penitipan anak mengantongi sekitar $46,370 per tahun. Bayaran lebih tinggi diberikan untuk mereka yang berkarir di bidang pendidikan tinggi, terutama pascasarjana, dengan pendapatan per tahun sekitar $92,920.

 

Secara umum, pekerjaan dari seorang lulusan manajemen pendidikan adalah menyusun kurikulum, struktur institusi, membuat peraturan, membuat anggaran dan laporan keuangan untuk pendidikan, hingga hal-hal manajerial seperti hubungan massa, menyelesaikan konflik, serta melatih staf dan murid.

 

Untuk dapat menempati posisi manajerial, biasanya dibutuhkan gelar S2, karena dalam perkuliahan S2, masalah-masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan yang sebenarnya dibahas dengan lebih spesifik. Beberapa contoh pekerjaan yang bisa ditekuni oleh para lulusan jurusan manajemen pendidikan adalah sebagai berikut:

 

  • Administrasi Sekolah
  • Kepala Sekolah
  • Asisten Kepala Sekolah
  • Rektor Mahasiswa
  • Penyusun Kurikulum
  • Direktur Operasional
  • Manajer Fakultas
  • Dan lain-lain

 

 

KULIAH MANAJEMEN PENDIDIKAN DI LUAR NEGERI

 

Kuliah jurusan manajemen pendidikan di luar negeri tentunya akan menjadi suatu keunggulan sendiri. Dengan kuliah di luar negeri, kamu dapat melihat dan merasakan sendiri lingkungan belajar dan mengajar di sana, baik itu adalah alat peraga mengajar, metode mengajar, cara guru memotivasi anak didik, fasilitas. layanan dan infrastruktur yang tersedia untuk anak didik dan lain sebagainya.

 

 

 

 

 

PERSYARATAN MENDAFTAR

 

Untuk dapat diterima di program kuliah S1 Manajemen Pendidikan di luar negeri, pada umumnya harus memenuhi syarat berikut: nilai rapor rata-rata minimal 8, dan nilai TOEFL minimal 500. Sedangkan untuk mendaftar ke jurusan S2, disyaratkan nilai IPK minimal 3.2 dan memiliki pengalaman mengajar. Persyaratan masuk di setiap universitas berbeda-beda, sehingga disarankan untuk mencari tahu persyaratan masuk mendetil dari universitas yang kamu minati. Beberapa universitas mengharuskan lulus tes masuk sebelum diterima.

 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS