Informasi penting
Selandia Baru: Info Jurusan

KULIAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SELANDIA BARU

Kuliah Pendidikan Anak Usia Dini Di Selandia Baru

"I believe the children are our future, teach them well and let them lead the way..." adalah penggalan lirik lagu Greatest Love of All dari Whitney Houston yang pasti disetujui oleh semua budaya di dunia. Untuk meraih masa depan yang gemilang, anak-anak memerlukan sistem pendidikan yang menyeluruh dan disesuaikan untuk mereka. Karena itulah Early Childhood Education (Pendidikan Anak Usia Dini/PAUD) menjadi titik sentral untuk membangun pondasi dasar kepribadian anak. Selain itu, PAUD bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik maupun mental, mengembangkan kapasitas dan efektivitas otak dan membentuk anak yang sukses di masa mendatang.

 

Nah, kalau kamu suka dengan anak-anak dan ingin berkontribusi pada perkembangan generasi muda, maka jurusan PAUD bisa jadi pilihan yang sempurna untukmu. Bila kamu tertarik mengambil jurusan ini di luar negeri, Selandia Baru patut kamu pertimbangkan lho! Selain memiliki berbagai universitas yang bertaraf internasional, Selandia Baru merupakan salah satu negara anggota OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development/Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi) dengan investasi terbesar di bidang PAUD. Industri PAUD juga tengah berkembang pesat di Negeri Kiwi ini. Hal ini berarti kamu akan bisa mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi dan prospek kerja yang cukup baik di sana. 

 

Untuk membantumu memulai pencarian jurusan PAUD di Selandia Baru, tim Hotcourses Indonesia akan menyarankan beberapa jurusan S1 yang bisa kamu ambil.

 

1. Bachelor of Education (Teaching) - Early Childhood Education

University of Auckland
(Peringkat 81 di QS World University Rankings)

Kuliah Pendidikan Anak Usia Dini Di Selandia Baru - Hotcourses Indonesia

Waktu kuliah:  3 tahun (purnawaktu)
Biaya kuliah: NZD 31.247/tahun

Program spesialisasi tiga tahun ini akan melatih mahasiswa dalam semua keterampilan yang dibutuhkan sebagai pengajar anak usia dini, baik dalam lingkungan TK, penitipan anak dan pusat anak usia dini. Para mahasiswa akan diperkenalkan dengan profesi pengajar, teori pembelajaran dan Te Whariki (kurikulum PAUD di Selandia Baru). Mereka juga akan memperdalam ilmu dalam bidang sains, seni, bahasa dan budaya Maori.

 

Program ini memiliki fokus khusus pada pengalaman praktik mengajar untuk memastikan para mahasiswanya memahami realita profesi bidang PAUD dan bisa mempraktikkan keterampilan mereka. Pengalaman praktik ini juga memberikan para mahasiswa kesempatan untuk mengamati para kaum profesional berpengalaman dan berdiskusi dengan mereka.

 

Unduh brosur resmi University of Auckland di sini.

 

2. Bachelor of Teaching (BTchg) in Early Childhood Education

University of Otago
(Peringkat 176 di QS World University Rankings)


Kuliah Pendidikan Anak Usia Dini Di Selandia Baru - Hotcourses Indonesia

Waktu kuliah:  3 tahun (purnawaktu)
Biaya kuliah:  NZD 28.513,49/tahun

Program ini dirancang untuk memastikan para mahasiswanya memenuhi persyaratan pendaftaran awal pengajar PAUD di Selandia Baru. Ini memberikan langkah awal yang baik bagi mereka untuk menjalani profesi sebagai pengajar dan mempersiapkan mereka untuk pembelajaran sepanjang hayat di bidang PAUD. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mendorong mahasiswa menghubungkan teori yang mereka pelajari dengan praktik kerja mereka.

 

Kurikulum program ini mencakup pembahasan masalah-masalah dalam pengajaran profesional, Te Whariki, teori pendidikan dan studi mata pelajaran. Mahasiswa juga berkesempatan untuk menjalani program praktik kerja melalui penempatan di berbagai institusi PAUD.

 

Unduh brosur resmi University of Otago di sini.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Australasia

 

3. Bachelor of Teaching (BTchg) (Early Childhood Education)

University of Waikato
(Peringkat 375 di QS World University Rankings)

Kuliah Pendidikan Anak Usia Dini Di Selandia Baru - Hotcourses Indonesia

Waktu kuliah:  3 tahun (purnawaktu)
Biaya kuliah:  NZD 29.780/tahun

Lulusan program ini memiliki reputasi sebagai lulusan yang sangat siap kerja di mata para pemberi kerja, baik di Selandia Baru maupun di belahan dunia lainnya. Mahasiswa akan mendalami teori dan mendapatkan pengalaman praktik saat mempelajari semua aspek kurikulum Te Whariki. Program ini memiliki tujuh tema utama yang terintegrasi: pengembangan dua budaya; keragaman budaya; keadilan sosial; inklusivitas; orang tua dan whanau (keluarga besar); transisi ke sekolah; serta bayi dan balita.

 

Unduh brosur resmi University of Waikato di sini.

 

4. Bachelor of Teaching (Early Childhood Education)

Eastern Institute of Technology

Kuliah Pendidikan Anak Usia Dini Di Selandia Baru - Hotcourses Indonesia
Waktu kuliah:  3 tahun (purnawaktu)

Biaya kuliah:  NZD 22.600/tahun

Program ini adalah program pendidikan pengajar PAUD berbasis kerja lapangan. Dengan rancangan ini, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan yang berimbang antara teori, penelitian dan praktik. Mahasiswa hanya mengikuti kelas di kampus selama 2 hari dalam seminggu. Di luar itu, mahasiswa akan menghabiskan waktu setidaknya 12 jam per minggu di berbagai institusi PAUD (sebagai karyawan tetap atau sukarelawan).

 

Kurikulum program ini mencakup pembahasan mengenai pembelajaran dan pengembangan manusia; konteks sosial dan politik PAUD; penyelidikan profesional dalam praktik kerja; Ngā tangata whenua o Aotearoa (penduduk asli Selandia Baru); penerapan kurikulum; dan peran pengajar sebagai peneliti.

 

5. Bachelor of Teaching (Early Childhood Education)

New Zealand Tertiary College

Kuliah Pendidikan Anak Usia Dini Di Selandia Baru - Hotcourses Indonesia

Waktu kuliah:  3 tahun 
Biaya kuliah:  NZD 22.000/tahun

Program ini menggunakan metode Blended Learning (kombinasi kelas online dan tatap muka di kampus) untuk menyediakan proses pembelajaran yang fleksibel. Mahasiswa program ini akan mendapatkan semua pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melayani masyarakat Selandia Baru yang penuh keberagaman.

 

Sebagai syarat kelulusan, mahasiswa diharuskan untuk menjalani praktek kerja lapangan selama 20 minggu. Kurikulum program ini juga dirancang untuk mempermudah transisi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di New Zealand Tertiary College, sehingga mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan dengan mudah.

 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan PAUD

 

Kurikulum jurusan ini memang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pengajar, namun sebenarnya ada berbagai profesi lain yang bisa dijalani lulusan jurusan PAUD. Contohnya antara lain:

  • Analis Kebijakan Pendidikan

  • Penasihat Kebijakan Pendidikan

  • Konsultan Pembelajaran

  • Guru SD

  • Pekerja sosial

  • Konselor Sekolah

  • Konsultan Pendidikan

  • Pengembang Kurikulum

 

Kalau kamu masih ingin mencari jurusan PAUD di negara-negara lain, gunakan saja alat pencari jurusan kami untuk membantumu menemukan jurusan serta universitas yang terbaik untukmu. Jangan lupa juga untuk mengikuti kanal-kanal media sosial kami untuk mendapatkan berita terhangat mengenai kuliah di Selandia Baru. 

 

Ingin kuliah PAUD di Selandia Baru? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu untuk kuliah di berbagai universitas terbaik di Selandia Baru.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS

*Biaya yang tercantum adalah biaya tahun ajaran 2020/2021

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

sehatq.com

edweek.org

Mencari jurusan

Selandia Baru
Sarjana