Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

MENGAPA KULIAH MARKETING?

10153

Keahlian marketing meningkatkan kesempatan kerja

Gelar marketing dapat membukakan banyak pintu untuk karir Anda. Setiap perusahaan pasti memerlukan orang-orang yang memiliki keahlian dalam bidang periklanan, hubungan massa, manajemen dan marketing. Kebanyakan perusahaan memiliki sebuah departemen marketing yang diisi oleh orang-orang yang menyelesaikan masalah-masalah seperti manajemen krisis, marketing produk, relasi media, sumber daya manusia, penjualan dan pengembangan.

 

Walau jabatan mereka berbeda-beda, mereka memiliki hubungan kerjasama yang erat dan pekerjaan mereka saling berhubungan. Kesimpulannya, Anda tidak akan merasa tidak ada yang dapat dikerjakan jika Anda memilih marketing sebagai jurusan kuliah.

 

Kelebihan dari Kuliah Marketing:

1. Jurusan kombinasi

Gelar program Marketing (pemasaran) tidak semata-mata berdasarkan satu bidang studi. Adanya program ‘joint honours’ (gelar ganda) memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan marketing di dalam konteks bidang studi lainnya, contohnya: bahasa asing – yang nantinya bermanfaat untuk menunjang karir di bidang bisnis/marketing, atau psikologi yang terkait erat dengan perilaku konsumen. Secara nyata, gelar marketing itu bersifat terbuka, dan kamu bisa menyesuaikan karirmu dengan bidang yang sangat kamu gemari. 
 

2. Marketing menawarkan pilihan karir yang beragam

Marketing memiliki bidang beragam sebagai pilihan kerja. Peranmu sebagai ahli marketing bisa jatuh pada pilihan yang berbeda, baik riset dan analisis berdasarkan data, atau tugas yang lebih interaktif tentang penjualan dan promosi layanan atau produk kepada orang lain. Hal ini memberikan wadah bagi mereka yang suka dengan tantangan mencari jaringan dan menjalin hubungan bisnis. Bagi yang suka bekerja di ‘belakang layar’ di bidang marketing, mereka bisa bekerja di area penangnan data. 
 

4. Menawarkan pekerjaan di banyak bidang

Terlepas dari stereotip marketing yang hanya milik dunia bisnis besar yang kompetitif, masih banyak peran marketing di jalur karir yang masih belum terjamah. Contohnya, kamu bisa dengan menggunakan kemampuan marketing kamu di bidang ketiga. Yayasan/kegiatan amal bisa dipasarkan sebanyak bisnis. Marketing memberikan banyak peluang dan tidak membatasi prospek karir kamu. 
 

5. Program magang 1 tahun

Kebanyakan program kuliah marketing sudah termasuk program magang dan atau kuliah ke luar negeri 1 tahun, jadi mahasiswa dapat mengerti dengan lebih baik mengenai praktik marketing dalam industri riil, serta lebih menguasai pengertian global
 

6. Marketing akan selalu dibutuhkan

Selama konsep ekonomi tetap ada, dan selama bisnis di dalam perekonomian ada, marketing akan selalu dibutuhkan. Marketing memiliki peran yang vital di dalam bisnis, karena pemasaran merupakan metode di mana kualitas dan manfaat layanan ditransmisikan kepada pelanggan potensial. Gelar di bidang marketing, khususnya dari universitas unggulan, akan membekali kamu dengan satu set ketrampilan yang tidak akan pernah kadaluarsa! 
 

7. Penghasilan Menjanjikan

Pendapatan awal dari lulusan marketing memang tidak banyak. Namun, potensi gaji masa depan jauh lebih mengesankan. Bila kamu terus menlanjutkan karirmu di bidang marketing, pendapatan di bidang marketing sangat menjanjikan
 
 

Simak video trailer Digital Marketing, salah satu spesifikasi jurusan marketing yang bisa kamu ambil:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

53746