Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

MENGENAL JURUSAN DAN PROSPEK KERJA JURUSAN HUMAN RESOURCES/HR

146

Human Resources (HR) adalah bagian yang sangat penting dari suatu organisasi/perusahaan. Mereka adalah penopang dari kesuksesan suatu perusahaan. Tugasnya adalah mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja. Mengapa dibilang penting, karena tanpa karyawan, sebuah perusahaan tidak dapat berjalan. Jadi tugas dari bagian HR adalah memastikan karyawan mendapatkan hak mereka, dan puas dengan pekerjaan mereka.


 

Apa saja bagian dari HR? 

Walau kurikulum dari setiap universitas berbeda-beda, secara umum, Jurusan Human Resources/HR terdiri dari empat bagian. Mulai dari perekrutan, pelatihan/training karyawan, tunjangan karyawan, hingga kompensasi bagi karyawan yang mengundurkan diri:

 

 

Recruitment & Selection 

Semua perusahaan menginginkan karyawan yang berbakat, berkinerja tinggi dan memiliki sikap kerja yang bagus. Tugas dari bagian HR bagian rekrutmen ini adalah mencari dan memillih tenaga kerja yang cocok dengan permintaan perusahaan. Mereka tidak hanya memilih karyawan berdasarkan pengalaman kerja, prestasi akademik, atau kepribadian, tetapi semua itu harus sesuai dengan budaya kerja di perusahaan tersebut. Biasanya bagian inilah yang akan hadir di pekan karir, ngobrol dengan mahasiswa, atau menjadi juri sewaktu wawancara penerimaan karyawan. Setelah itu mereka akan menganalisa apakah kandidat tersebut cocok untuk bergabung dengan perusahaan mereka.

 

 

Management Compensation and Benefits 

Ini adalah bagian yang mengatur gaji dan tunjangan untuk semua karyawan di perusahaan. Mulai dari menentukan gaji, jumlah bonus, asuransi, dan pensiun, bagian ini bekerjasama erat dengan bagian akuntansi.

 

 

Training & Development 

Sesuai namanya, bagian ini merencanakan dan mengelola pengembangan kinerja atau pribadi dari karyawan, baik itu mengajarkan keahlian baru ataupun motivasi. Bagian ini juga bertugas mencari tahu jika ada keahlian baru yang perlu dipelajari karyawan demi kelangsungan atau kemajuan suatu perusahaan. Kemudian mereka akan menerapkan dan mengevaluasi apakah solusi yang mereka jalankan efektif. Jurusan ini melibatkan banyak hitungan dan berkas.

 

 

Employee relations 

Bagian ini bertugas untuk menjaga kesejahteraan karyawan. Karyawan yang puas dan senang dengan pekerjaan mereka akan memberikan pengaruh positif terhadap kemajuan perusahaan. Bagian ini juga bertugas untuk membangun atau mempererat hubungan antara karyawan dan perusahaan, misalnya dengan mengadakan gathering, acara, mengadakan fasilitas yang menyejahterakan karyawan, misalnya adanya fasilitas penitipan anak di kantor, counter snack di kantor, voucher massage atau kelas yoga gratis dan lain sebagainya, yang membuat karyawan merasa dipedulikan oleh perusahaan, dan bukan hanya dianggap sebagai pekerja.

 

Departemen ini penting, karena perusahaan ingin mempertahankan karyawan yang berkinerja bagus. Ini lebih menguntungkan daripada perusahaan harus mencari orang baru dan melatih dari awal. Jika kamu masuk di jurusan ini, kamu juga akan belajar tentang psikologi dan motivasi.



PROSPEK KERJA DARI LULUSAN HR

Kebanyakan lulusan HARI akan bekerja sebagai:

1.    Staf rekrutmen

2.    Staf kompensasi dan kesejahteraan kerja

3.    Staf pelatihan dan pengembangan karyawan

4.    Staf HR

 

Lulusan HR dibutuhkan oleh setiap perusahaan, baik swasta ataupun pemerintah, baik perusahaan kecil maupun besar. Bahkan institusi pendidikan pun memerlukan HR, misalnya untuk bagian penerimaan murid, guru/dosen, dan staf lainnya.  Jika kamu juga memiliki kualifikasi dari jurusan lain seperti keuangan, hukum, dll, peluang kerjamu juga akan semakin luas.

 

Pendapatan awal dari pekerjaan di bidang HR bervariasi, tergantung kualifikasi yang kamu miliki, ukuran perusahaan dan bidang kerja. Akan tetapi pada umumnya, pendapatan kerja berkisar di angka 6 juta per bulan.

 

 

Tertarik untuk kuliah jurusan HR?

Cari info program dan biaya kuliah jurusan S1 HR, atau jurusan pascasarjana HR.

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS