Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

MENGENAL JURUSAN MANAJEMEN MASKAPAI DAN BANDARA

share image

Di era modern ini, perjalanan udara semakin menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat global. Menurut laporan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO), jumlah penerbangan dalam 2 dekade mendatang diperkirakan akan meningkat hingga 200.000 penerbangan tiap harinya. Jika tingkat pertumbuhan ini tercapai, maka industri penerbangan komersial akan menyerap tenaga kerja sebesar 15,5 juta jiwa secara global dan menyumbang 1,5 triliun USD ke perekonomian dunia.

 

Industri ini memang memiliki prospek karir yang menjanjikan di berbagai belahan dunia, namun perkembangannya kini juga disertai kebutuhan akan tenaga kerja ahli yang mengerti cara mengelola industri penerbangan dengan cara yang ramah lingkungan dan memikirkan keberlanjutan sumber daya alam. Karena itu, jurusan kuliah manajemen maskapai dan bandara di luar negeri patut kamu pertimbangkan jika kamu tertarik bekerja di industri penerbangan di berbagai negara.

 

Ingin tahu lebih lanjut mengenai jurusan ini? Langsung saja baca penjelasan di bawah ini:

 

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Manajemen Maskapai Dan Bandara?

Pada dasarnya, manajemen maskapai dan bandara adalah semua hal yang berhubungan dengan pengelolaan bandara dan maskapai penerbangan. Hal-hal yang dikelola antara lain adalah arus penumpang dan lintasan pesawat, ditambah dengan keamanan, customer service, kepatuhan terhadap peraturan penerbangan, bagasi dan juga perekrutan pegawai. Selain masalah pengelolaan, bidang ini juga mengatur strategi bandara dalam mengumpulkan dan menyediakan informasi mengenai berbagai prioritas komersial dan operasional untuk maskapai-maskapai penerbangan. 

 

 

 

 

Apa Yang Akan Dipelajari Di Jurusan Ini?

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan belajar cara mengelola bandara dan maskapai penerbangan di berbagai lokasi dan situasi. Mereka akan mendapatkan gambaran umum mengenai industri penerbangan dan kontribusinya pada perekonomian dunia. Selain itu, mereka juga akan diperkenalkan pada faktor-faktor pokok yang mempengaruhi manajemen sebuah maskapai penerbangan, seperti pemasaran, keuangan dan operasional, serta beragam faktor lainnya.


Kurikulum jurusan ini akan melatih keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan bisnis di industri penerbangan, dengan fokus khusus pada pengelolaan perubahan dalam lingkungan kerja yang dinamis dan cepat berubah. Mahasiswa juga akan belajar mengenai prioritas komersial dan operasional sebuah maskapai, serta semua karakteristik utama untuk pemilihan jenis pesawat dan dampak dari pengambilan keputusan di bandara.


 

Siapa Yang Cocok Mengambil Jurusan Ini?

Manajemen maskapai dan bandara cocok untuk pelajar yang ingin turut serta dalam perkembangan industri penerbangan global, serta tertarik pada kompetisi konektivitas global dan daya saing ekonomi negara-negara di dunia. Jurusan ini adalah pilihan tepat kalau kamu berminat bekerja untuk maskapai penerbangan internasional, agensi penerbangan, perusahaan katering untuk maskapai dan organisasi kargo internasional.

 

(Baca juga: ALASAN MENGAPA BELAJAR MANAJEMEN & BISNIS DI LUAR NEGERI)

 


Prospek Kerja

 

Berikut adalah beberapa profesi yang bisa dijalani lulusan jurusan manajemen maskapai dan bandara:

 

 

Kalau kamu merasa bahwa ini adalah jurusan yang tepat untukmu, tim Hotcourses Indonesia akan merekomendasikan beberapa universitas mancanegara terbaik di mana kamu bisa mempelajari bidang ini:

  1. Purdue University, AS 

  2. Florida Institute of Technology, AS 

  3. University of Bedfordshire, Inggris

  4. Sheffield Hallam University, Inggris 

  5. Swinburne University of Technology, Australia 

  6. University of Southern Queensland, Australia 

 

Sudah menemukan universitas terbaik untuk mengambil jurusan ini dari daftar di atas? Kalau belum, langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education mengenai universitas luar negeri yang tepat untukmu!

 

Sumber:

Icao.int

Wikipedia.org

TimesHigherEducation.com

Mencari jurusan

Pilih negara
Sarjana

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

79.2K