Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Mengenal lebih dalam tentang jurusan kuliah Ilmu Olah Raga

share image
416

Sejarah program ilmu Olah Raga dimulai jauh sebelum tahun 210 SM, ketika ahli kesehatan Yunani, Claudius Galen melakukan beberapa penelitian pertama dalam meningkatkan kesehatan (nutrisi penting), kebugaran aerobik dan memperkuat otot.

 

Claudius kemudian dijadikan dokter bagi para gladiator di arena Pergamon dan metodenya kemudian diterbitkan dalam Sports Medicine and Exercise Science.

 

Penelitian dalam Olah Raga serta aktifitas fisik berkembang pesat sejak saat itu, ditambah dengan penemuan mesin cetak Gutenberg serta menjamurnya universitas. Pada akhir 1800an, artikel tentang aktifitas fisik pertama kali terbit dalam American Journal of Physiology.

 

Dalam dunia kita yang saat ini didominasi oleh Zumba dan Kale, kesehatan dan kebugaran menghasilkan industri senilai milyaran dollar yang berpusat pada Olah Raga profesional dan kebugaran pribadi. Industri kebugaran di Inggris sendiri bernilai 5 milyar Pound dan Forbes mengestimasi nilai dari industri Olah Raga Amerika Utara akan mencapai 73,5 milyar USD pada tahun 2019. Ini adalah saat yang sangat tepat bagi kamu untuk mengambil program tentang ilmu kesehatan.

 

Banyak universitas yang menawarkan program dalam bidang ini. Shanghai Global Ranking of Sports Science Schools and Departments tahun 2018 baru-baru ini menyeleksi dan memperingkatkan lebih dari 300 universitas Olah Raga.

 

 

Akan tetapi apa yang sebenarnya dipelajari dalam Ilmu Olah Raga?

 

Ilmu Olah Raga adalah bidang ilmu yang menerapkan prinsip sains untuk menjelaskan fenomena Olah Raga dan menyediakan dasar untuk meningkatkan performa tim dan individu. Bidang ilmu ini cenderung masih baru dan multidispliner, dengan biomekanika, fisiologi dan psikologi sebagai dasar.

 

Sebagai contoh, mahasiswa tahun pertama mungkin akan mempelajari dasar dari anatomi, fisiologi, biokimia, biologi sel, struktur kinesiologi, biomekanika, kontrol gerakan, dan psikologi. Pada tahun kedua mahasiswa akan melanjutkan dengan bidang pilihan mereka seperti Psikologi Olah Raga dan Latihan, Biomekanika Olah Raga, atau Kontrol Gerakan.

 

Pada tahun terakhir mereka, mahasiswa akan memilih spesialisasi dalam bidang ilmu yang lebih mendalam, yang akan membantu mahasiswa mengerti akan pengaruh ilmiah Olah Raga dan performa latihan. Biasanya juga tersedia Proyek Penelitian (dalam bidang yang relevan dengan jurusan dan program mereka).

 

Mahasiswa juga akan mendapatkan sesi laboratorium (untuk modul seperti fisiologi latihan dan biomekanika), sesi latihan (dalam gym), dan penelitian serta studi independen.

 

Memasuki dunia kerja dengan gelar ilmu Olah Raga akan memastikan kamu memiliki kualifikasi atas lebih dari 200 pekerjaan yang berkaitan dengan industri Olah Raga dan kebugaran. Menurut QS, jenjang karir yang akan kamu dapatkan bergantung pada bidang spesialisasi yang kamu pilih, dikarenakan banyak karir yang membutuhkan keahlian dan pengetahuan tertentu.

 

Beberapa dari jalur karir umum yang ada saat ini mencakup pelatihan pribadi, pelatih Olah Raga, manajemen pusat kebugaran, pengajaran pendidikan fisik dan terapi Olah Raga.

 

Tertarik untuk kuliah jurusan Ilmu Olah Raga? Cek program kuliah S1 Ilmu Olah Raga di luar negeri. Atau klik di sini untuk program S2 & S3.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

74174