Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

PROSPEK KARIR DAN DAFTAR UNIVERSITAS TERBAIK JURUSAN PSIKOLOGI

share image
495

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “psikologi”? Sebagian orang beranggapan bahwa psikologi berhubungan dengan membaca pikiran seseorang atau berbaring di sofa dan mencurahkan segala isi hati dan pikiran. Namun yang perlu kamu tahu, Psikologi tidak sebatas soal mencurahkan isi hati, dan Psikologi tidak hanya mempelajari perilaku. Psikologi juga mempelajari fungsi mental. Mereka yang bekerja pada bidang ini bahkan menganggap psikologi sebagai sains, filsafat, dan bahkan seni. 

 

 

Tujuan utama psikologi adalah untuk menjelaskan, memprediksi, dan mengendalikan perilaku dan proses mental. Ketika memutuskan untuk mengambil jurusan psikologi, penting untuk memahami banyak bidang-bidang  dan spesialisasi dalam jurusan yang luas ini. Bidang-bidang psikologi ini meliputi statistik, organisasi / industri, klinis, ilmu saraf, kognitif, perilaku, sosial, perkembangan, dan pendidikan. Kamu juga perlu tahu, ada begitu banyak pilihan karir untuk jurusan psikologi, diantaranya adalah:

 

1. Psikolog Klinis

Psikolog klinis adalah pekerjaan pertama yang terlintas dalam pikiran bagi kebanyakan orang yang mendapatkan gelar sarjana psikologi. Psikolog klinis berfokus pada psikologi umum dan menyediakan terapi untuk sejumlah pasien, atau mereka dapat mengkhususkan diri dalam disiplin ilmu seperti neuropsikologi, psikologi kognitif, atau bahkan psikologi forensik. 

 

 

Menjadi seorang psikolog klinis mengharuskan siswa untuk menyelesaikan program doktor (PhD), yang bisa sangat kompetitif. Namun, siswa yang sukses dapat memperoleh penghasilan yang baik, dan memiliki kesempatan untuk membuat hidup pasien mereka lebih mudah dan lebih memuaskan. Penting untuk memahami perbedaan antara seorang psikolog dan seorang psikiater. Psikiater adalah dokter yang dapat meresepkan obat dan harus menyelesaikan pelatihan MD, sementara psikolog hanya berfokus pada psikoterapi.

 

 

2. Konselor

Bagi kamu yang lebih suka mengajar atau bekerja di lingkungan pendidikan, maka profesi sebagai konselor adalah opsi yang tepat untuk dipilih. Konselor memperhatikan kesejahteraan mental seluruh orang yang ada dalam lingkungan sekolah baik itu karyawan ataupun siswa sekolah. Lebih mudah menjadi seorang konselor daripada seorang psikolog klinis, karena para konselor diharuskan untuk menyelesaikan gelar master, bukan PhD.

 

 

Banyak sekolah dan organisasi yang membutuhkan seorang konselor untuk membantu siswa dan orang-orang yang berisiko melalui masalah umum dan merujuk mereka ke perawatan yang lebih khusus jika diperlukan. Konselor dapat bekerja dengan orang-orang dalam berbagai masalah, dari depresi hingga penyalah gunaan obat atau narkoba  hingga dampak negatif diskriminasi.

 

3.  Manajer Sumber Daya Manusia

Bagi kamu yang tertarik menerapkan psikologi dalam lingkungan bisnis, manajemen sumber daya manusia (SDM) bisa menjadi jalur karir yang sangat baik. Manajer sumber daya manusia bertanggung jawab atas perekrutan dan pemutusan hubungan kerja, menyelesaikan masalah perilaku di tempat kerja, dan seringkali juga melakukan pekerjaan administratif. 

 

 

4. Peneliti Pasar

Meraih gelar sarjana dalam bidang psikologi adalah persiapan yang bagus untuk berkarir sebagai peneliti pasar. Siswa jurusan psikologi berpengalaman dalam analisis statistik dan metodologi ilmiah. Keterampilan ini berguna dalam melakukan tugas-tugas penelitian termasuk mengumpulkan dan menganalisis data, melakukan wawancara dan melakukan jajak pendapat.

 

 

5. Spesialis Rehabilitasi

Spesialis Rehabilitasi membantu  orang-orang yang memiliki cacat fisik dan mental untuk bergabung kembali ke masyarakat, dan menjadi mandiri serta mampu bersaing. Spesialis Rehabilitasi membutuhkan gelar master, namun gelar sarjana psikologi juga merupakan persiapan yang memadai untuk karir ini.

 

Universitas Terbaik Jurusan Psikologi

  1. Stanford University
  2. The UCL Division of Psychology and Language Sciences
  3. Princeton University
  4. University of Chicago
  5. University of Pennsylvania

 

 

Baca juga:

INFORMASI LENGKAP TENTANG KULIAH JURUSAN PSIKOLOGI

PANDUAN LENGKAP KULIAH DI KANADA

MENGENAL JURUSAN KULIAH DAN PROSPEK KARIR PARIWISATA & PERHOTELAN

 

 

Sumber:

https://www.petersons.com/blog/7-great-career-paths-for-psychology-majors/

http://www.careerprofiles.info/psychology-bachelors-degree-career-options.html

https://www.timeshighereducation.com/student/best-universities/best-universities-psychology-degrees#survey-answer

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

71150