Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

PROSPEK KERJA JURUSAN AKUNTANSI & PERSYARATAN MENDAFTAR KULIAH KE LUAR NEGERI

69467

Karir di bidang akuntansi menjanjikan pemasukan yang menggiurkan, juga peningkatan karir yang terjamin. Sehingga tidak heran akuntansi menjadi salah satu jurusan populer.

 

 

TUGAS SEORANG AKUNTAN

 

Secara singkat, akuntan membuat catatan keuangan suatu perusahaan. Akuntan dapat bekerja untuk pemerintah, perusahaan, atau organisasi. Akuntan menyiapkan laporan keuangan seperti perpajakan, dan memastikan pajak dibayarkan tepat waktu. Mereka juga dapat menyarankan cara meningkatkan keuangan dengan cara mengevaluasi anggaran. Akuntan membuat rekomendasi kepada manajer mengenai cara mengurangi biaya operasional, supaya suatu usaha dapat berjalan dengan efisien dan efektif, dan meningkatkan untung bagi suatu usaha. Beberapa akuntan juga mengivestigasi kecurangan dalam penjalanan suatu usaha atau organisasi. Selain membuat laporan dan rekomendasi, mereka juga harus menjelaskannya dengan cara yang mudah dimengerti kepada manajer, pemegang saham, dan pihak yang terlibat lainnya.

 

 

 

PROSPEK KERJA LULUSAN JURUSAN AKUNTANSI

 

Menurut data statistik terbaru dari Biro Tenaga Kerja Amerika, rata-rata pemasukan seorang akuntan adalah $65,940 per tahun. Jumlah pemasukan seorang akuntan dengan akuntan lainnya bisa sangat bervariasi, tergantung bidang, lokasi, jam kerja, pengalaman kerja dan berbagai faktor lainnya.

 

Biro Tenaga Kerja Amerika melaporkan 10% akuntan digaji hampir $116,000 per tahun. Para akuntan dengan jam kerja yang lebih panjang mendapatkan bayaran lebih tinggi.

 

 

 

PERBANDINGAN GAJI AKUNTAN MENURUT BIDANG KERJA

 

Bidang Kerja

Median Gaji/tahun*

Akuntan & auditor

$65,940

Analis Manajemen

$80,880

Manajer Keuangan

$115,320

 

* Jumlah pemasukan seorang akuntan dengan akuntan lainnya bisa sangat bervariasi, tergantung bidang, lokasi, jam kerja, pengalaman kerja dan berbagai faktor lainnya.

 

 

 

JENIS PERUSAHAAN YANG MEMBUTUHKAN BANYAK JASA AKUNTANSI

 

Banyak akuntan yang bekerja secara independen, tetapi banyak juga yang bekerja dengan perusahaan-perusahaan berikut yang membutuhkan banyak tenaga kerja akuntansi:

 

Akuntansi, perpajakan, pembukuan & penggajian – 326,720 lowongan
Manajemen – 90,910 lowongan
Pemerintah – 79,680 lowongan
Layanan konsultasi manajemen, ilmiah & teknik – 27,590 lowongan

 

 

 

 

PROFESI YANG DAPAT DICOBA OLEH LULUSAN JURUSAN AKUNTANSI

 

1. Akuntan Publik

 

Akuntan Publik dapat bekerja secara individual atau dengan perusahaan. Mereka menyiapkan dan menganalisa bebagai dokumen dan laporan keuangan. Profesi ini harus mengerti regulasi perpajakan dengan baik, dan terus mengikuti perkembangan terbaru dari regulasi perpajakan. Pemegang gelar S1 akuntansi dengan sedikit pengalaman kerja biasanya dibayar $54,000 per tahun. Tetapi bayaran akan meningkat setelah dua tahun kerja. Bagi lulusan yang telah memiliki pengalaman kerja yang mumpuni biasanya akan dibayar sekitar $61,690 per tahun atau lebih, tergantung beban kejra dan perusahaan.

 

2. Petugas Akuntansi

 

Profesi ini mencatat data dan memperbaharui dokumen keuangan. Mereka tidak menganalisa data seperti akuntan, tetapi hanya menyediakan data. Profesi ini bisa bekerja di segala macam industri. Pekerjaan di bidang ini menggunakan komputer dan teknologi. Biasanya tidak diperlukan kualifikasi khusus untuk dapat diterima bekerja di profesi ini. Gaji rata-rata per tahun adalah $31,030. Jika bekerja lepas/freelance akan dibayar mulai dari $16 per jam tergantung beban kerja dan pengalaman.

 

 

3. Manajer Akuntansi

 

Manajer Akuntansi menggunakan data-data keuangan untuk membuat keputusan keuangan yang menguntungkan perusahaan. Seorang manajer akuntansi merencanakan anggaran dan menjadi atasan dari para akuntan yang bekerja untuk suatu perusahaan. Profesi ini membutuhkan keahlian komunikasi yang kuat, dapat mengelola dan memimpin, serta menginterpretasikan data keuangan untuk menyusun solusi ataupun rekomendasi strategis bagi perusahaan. Seorang manajer akuntansi biasanya digaji antara $64,000 hingga $86,100 atau lebih per tahun. Jika memiliki akreditasi CMA, kemajuan karir bisa ditingkatkan lagi, biasanya bisa mencapai kenaikan gaji sekitar 24%.

 

 

4. Asisten Akuntansi

 

Asisten akuntansi membantu pekerjaan seorang akuntan. Ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengawali karir di bidang akuntansi. Asisten akuntansi mengerjakan beragam tugas seperti pembukuan, mencatat laporan keuangan, buku besar dan tugas-tugas dasar lainnya. Jika bekerja per jam biasanya akan dibayar sekitar $12.00 hingga $17.00 per jam, dan akan dibayar lebih jika lembur. Bayaran per tahun yang diterima asisten akuntansi adalah sekitar $28,000 hingga $39,000 per tahun.

 

 

5. Certified Public Accountants (CPA)

 

Karir CPA adalah salah satu profesi dengan bayaran tertinggi di Amerika. Seorang CPA bertugas untuk melakukan audit hingga menganalisa keuangan, memberikan masukan untuk kebijakan keuangan, serta melaporkan konsekuensi pajak.  Sebelum dapat menempati profesi ini, perlu terlebih dahulu lulus ujian sertifikasi  CPA. Setelah memiliki kualifikasi tersebut, kamu akan dibayar mulai dari $73,800 hingga $90,500 per tahun. Ingin mendapat bayaran lebih? Tambahan gelar MBA bisa meningkatkan gajimu sekitar 18%.

 

 

6. Akuntan Biaya

 

Akuntan biaya menganalisa biaya dari suatu perusahaan dan memberi masukan dan solusi supaya biaya-biaya tersebut dapat dikurangi, dan dengan demikian keuntungan dapat dimaksimalkan. Gaji rata-rata profesi ini adalah $49,300 hingga $58,000 per tahun.

 

 

7. Account Officer

 

Account Officer menilai, mengevaluasi, dan mengusulkan nilai pinjaman atau piutang yang dapat diberikan oleh sebuah perusahaan atau instansi ke pihak luar. Pendapatan rata-rata adalah  $37,805 hingga $49,260 per tahun.

 

 

 

KUALIFIKASI YANG PERLU DIMILIKI UNTUK MENINGKATKAN PROSPEK KERJA LULUSAN AKUNTANSI

 

Akuntan yang telah memiliki gelar master/S2, atau telah lulus sertifikat pengakuan dari Certified Public Accountant (CPA) akan memiliki prospek kerja lebih bagus. Selain CPA, sertifikasi/akreditasi lain yang akan meningkatkan prospek kerja akuntan:

 

  • Certified information systems auditor (CISA)
  • Chartered financial analyst (CFA)
  • Certified management accountant (CMA)
  • Certified internal auditor (CIA)
  • Chartered global management accountant (CGMA)
  • Certified payroll professional (CPP)

 

Akreditasi baru bisa didapatkan jika telah lulus program s1 akuntansi. Akreditasi di atas penting jika kamu ingin memasuki karir di bidang perpajakan, analisa resiko keuangan, auditing, persetujuan merger dan akuisisi, dan lain-lain.

 

Selain itu, memiliki pengalaman kerja di empat perusahaan akuntansi terkenal (Deloitte Touche Tohmatsu, Ernst & Young, KPMG dan PricewaterhouseCoopers) sangat dianjurkan supaya bisa lebih bersaing di pasar kerja.

 

Cara lain untuk meningkatkan prospek kerja adalah dengan gelar MBA, terutama jika kamu ingin maju ke posisi analis keuangan senior.

 

Teknologi juga sangat berpengaruh dalam bidang akuntansi. Sehingga, menguasai beberapa perangkat lunak seperti QuickBooks dan Microsoft Dynamics GP juga akan meningkatkan kompetensi kamu.

 

 

 

SIAPA YANG COCOK UNTUK KULIAH AKUNTANSI

 

Pertama keahlian yang harus dipersiapkan tentunya adalah matematika, karena selalu berdepan dengan angka dan hitungan. Selain itu kemampuan dalam menganalisa dan menginterpretasikan angka juga sangat penting. Keahlian komunikasi juga sangat diperlukan, supaya mereka dapat menjelaskan penemuan, ide dan solusi kepada pihak-pihak yang tidak memiliki latar belakang akuntansi.  

 

 

 

KULIAH AKUNTANSI DI LUAR NEGERI

 

Ada banyak program kuliah akuntansi yang tersedia di luar negeri. Persyaratan masuk umum untuk ke program s1 adalah telah lulus SMU dengan nilai matematika yang memadai. Selain itu, perlu juga memiliki sertifikat TOEFL minimal mencapai skor 500-550, tergantung universitas. Persyaratan masuk setiap universitas berbeda. Disarankan untuk mengkonfirmasi persyaratan masuk dengan seteliti mungkin sebelum mendaftar. Pada umumnya universitas akan menyarankan untuk mengikuti program jalur atau persiapan kuliah/foundation bagi para pendaftar yang belum memenuhi persyaratan masuk. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS