Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Prospek Kerja Jurusan Seni Musik dan Persyaratan Mendaftar Kuliah ke Luar Negeri

15480

Siapa tidak suka musik? tetapi pada saat akan memilih musik menjadi jurusan kuliah, tidak jarang orang sekitar kita berkomentar negatif: "Yakin mau masuk jurusan musik? Habis lulus mau kerja apa?" atau banyak yang menyarankan musik dijadikan sebagai hobi saja, tidak perlu diperdalam, apalagi dijadikan karir.

 

Sebelum mengambil keputusan, yuk baca dulu apa saja yang dipelajari dalam jurusan seni musik, dan bagaimana prospek karirnya...

 

 

 

Yang Perlu Diperhatikan Sewaktu Mengambil Jurusan Seni Musik

 

Kuliah musik tidak hanya menyampaikan teori dan praktek seni musik, tetapi juga bagaimana memasarkan hasil karya tersebut. Oleh karena itu juga disampaikan pelajaran seperti manajemen artis, sistem kontrak, pengelolaan aset dan pengetahuan lainnya untuk membekali mahasiswa memasuki dunia entertainmen. Ilmu ini sangat penting, karena jika tidak memahami pengelolaan kontrak artis bisa saja dirugikan.

 

Keahlian teknologi juga penting untuk dikuasai. Dengan menguasai musik digital, kesempatan kerja akan lebih terbuka lagi. Misalnya dengan memproduksi musik jinggle, yaitu musik pendek untuk iklan, applikasi, dan lain-lain. Dengan menguasai teknologi TI musik, juga dapat memproduksi musik sendiri tanpa harus memiliki kantor dan banyak staff.

 

 

 

 

Skill Yang Dipelajari Di Jurusan Seni Musik

 

Jurusan seni musik mengajarkan keahlian-keahlian berikut supaya lulusannya siap untuk memasuki dunia karir, baik itu yang berhubungan langsung dengan musik atau tidak.

 

  • ketangkasan fisik yang baik, memori dan konsentrasi
  • keahlian komunikasi
  • bekerjasama dalam tim, baik dalam band, orkestra, atau sebagai pemimpin maupun manajer
  • self-management – bisa memotivasi diri sendiri dan menjaga kebugaran badan
  • mengatasi tekanan, dapat tampil dan melakukan pertunjukan di depan banyak orang
  • merencanakan dan mengelola pertunjukan
  • keahlian tekniks – menggunakan teknologi untuk membuat dan merekam musik
  • menerima dan memberikan kritik, belajar dari kesalahan dan terus berusaha menghasilkan karya yang lebih baik 

 

 

Lowongan Kerja dan Pendapatan Lulusan Jurusan Seni Musik

 

Administrator A&R

Bekerja dengan representatif A&R  (Artists & Repertoire) untuk perusahaan rekaman atau perusahaan manajemen artis.

§  Gaji: USD$25,000 – $65,000 +

 

 

Representatif A&R

Menyeleksi kandidat untuk perusahaan rekaman dan mengurus kontrak antara artis dengan perusahaan.

§  Gaji: USD$25,000 – $85,000

 

 

Accompanist

Mengadakan pertunjukan bersama kelompok ansambel. Menemani murid-murid dari sekolah musik, peserta kelompok ansambel, koor gereja dan kongregasi, kelas-kelas menari, latihan konser dan pertunjukan bersama musisi lainnya.

§  Gaji: USD30-75/jam

 

 

Agen

Mengatur jadwal gig (pertunjukan musik) bagi artis/band/kelompok musik lainnya di berbagai tempat umum, misalnya kafe, lapangan terbuka, panggung dan lain-lain. Biasanya bekerjasama dengan perusahaan manajemen artis.

§  Gaji: Biasanya berupa komisi 15% dari hasil pertunjukan. Walau hanya 15%, biasanya para agen-agen ternama berhasil mengantori jutaan dolar per tahun. 

 

 

Instruktur Teknik Musik

Bekerja dengan para musisi untuk memberikan motivasi dan percaya diri. Biasanya profesi ini bekerja secara independen.

§  Gaji: Sekitar USD $40,000 – $70,000+.

 

 

App Developer

Applikasi musik di gadget sangat populer. Profesi ini selain membuat applikasi, juga dapat memberikan jasa konsultasi, testing atau mengevaluasi sebuah applikasi musik.

§  Gaji: Sekitar USD$80,000 – $100,000

 

 

Arransemen

Membuat lagu, baik itu musik hingga orkestra, atau mengharmonisasi karya dari komposer lain. Lingkup kerja profesi ini sangat luas. Bisa dari membuat musik untuk band musik, hingga untuk film.

§  Gaji: Sekitar USD $20,000-$45,000 

 

 

Manajer Artis

Menegosiasi bisnis untuk seorang artis. Profesi ini bisa bekerja sendiri untuk mengorbitkan artis baru, atau bergabung dan bekerja untuk perusahaan manajemen artis.

§  Gaji: Komisi hingga 50% dari penghasilan artis.  

 

 

Administrasi Seni

Mengelola organisasi seni, mulai dari pekerjaan administrasi, merencanakan pertunjukan (orkestra/konser), menggalang dana dan mengatur keuangan. Biasanya bekerjasama dengan orkestra dan tempat pertunjukan ternama seperti Brooklyn Academy of Music.

§  Gaji: Antara USD $30,000 hingga $50,000, bahkan lebih, tergantung posisi dan organisasi.

 

 

Audio Engineer

Bekerja sebagai spesialis musik yang mengatur bagaimana suara dimanipulasi, direkam dan digabungkan dalam suatu rekaman audio. Bisa bekerja sebagai freelance, di studio rekaman, dan lain-lain.

§  Gaji: Sekitar USD $45,000

 

 

Blogger

Bekerja sebagai jurnalis, penulis atau komentator yang menuliskan segala sesuatu tentang musik, misalnya mengulas album terbaru dari artis, menjual produk yang berhubungan dengan musik, dan lain sebagainya. Sumber penghasilan selain dari produk yang dijual adalah mendapat bayaran dari iklan yang dipasang di situs mereka.

 

Tips: jika ingin mendapatkan penghasilan lebih, buatlah blog sendiri. Menulis artikel untuk situs atau blog lain tidak terlalu menjanjikan, kecuali menulis untuk situs majalah ternama seperti Rolling Stone Magazine. Untuk memulai, kamu bisa mendaftar domain dari BlueHost atau GoDaddy, download tema premium dari Themeforest, dan kamu bisa mulai mengatur blog sendiri.

 

§  Gaji: bervariasi. Tidak jarang yang menghasilkan hingga USD$100,000, bahkan USD$500,000 per tahun.

 

 

Broadcast Engineer

Bekerja di bagian penyiaran untuk stasiun radio atau televisi.

§  Gaji: Sekitar USD $70,000

 

 

Manajemen

Mengelola usaha di bidang musik, baik itu di tempat pertunjukan, nightclub, toko musik dan lain-lain.

§  Gaji: Sekitar USD $45,000 – $150,000+

 

 

 

 

 

Kuliah Jurusan Seni Musik di Luar Negeri

 

Selain bakat, teknik dan mempelajari ilmu, sangat penting mencari kesempatan sebanyak mungkin untuk memperluas wawasan dan menambah pengalaman. Di luar negeri, mahasiswa jurusan musik dapat menghadiri banyak pertunjukan musik, baik itu vokal maupun instrumental. Mahasiswa juga berkesempatan untuk magang di berbagai tempat, baik itu secara sukarela ataupun berbayar.  Misalnya bekerja di studio musik, menjadi asisten musisi, atau di perusahaan rekaman, dna masih banyak lagi. Koneksi dan pengalaman yang diperoleh sewaktu magang akan sangat membantu meningkatkan prospek kerja mahasiswa.

 

Jika kamu tertarik untuk kuliah jurusan seni musik, ini ada beberapa program kuliah yang bisa kamu pertimbangkan:

 

 

 

 

 

Jika kamu pernah mengikuti kursus musik, bisa melampirkan sertifikat tersebut sewaktu mendaftar, terutama jika memiliki sertifikat dari kursus musik yang diakui dunia seperti Yamaha. Persyaratan masuk setiap universitas berbeda. Kamu bisa melihat di situs masing-masing universitas. Untuk persyaratan berbahasa Inggris, setidaknya dibutuhkan skor TOEFL minimal 550.

 

Jika belum memenuhi persyaratan masuk, biasanya universitas akan merekomendasikan program jalur/pathway/foundation yang dapat diikuti sebelum kamu dapat diterima masuk ke progam gelar. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS