Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

PROSPEK KERJA JURUSAN TEKNIK KIMIA DAN MATERIAL & PERSYARATAN MENDAFTAR

38454

Teknik kimia dan material adalah cabang dari ilmu teknik, yang mempelajari cara memproses bahan baku dan bahan kimia menjadi barang yang lebih berguna.

 

Teknik kimia dan material menerapkan prinsip-prinsip kimia, biologi, fisika dan matematika untuk menyelesaikan berbagai masalah dan tantangam yang dihadapi dalam proses produksi kimia, bahan bakar, obat-obatan, makanan dan produk lainnya.

 

Jurusan ini mengajarkan cara merancang alat-alat berat yang digunakan untuk produksi skala besar, merencanakan dan menguji metode produksi, dan pemeliharaan fasilitas, supaya produksi dapat berjalan lancar.  

 

Mahasiswa jurusan teknik kimia dan material akan mempelajari keahlian sebagai berikut:

  • Melakukan penelitian untuk mengembangkan proses manufaktur yang lebih canggih
  • Merancang prosedur keamanan bagi pekerja yang bekerja di lingkungan dengan tingkat kimia berbahaya
  • Mengembangkan proses untuk memisahkan cairan dari gas, atau menghasilkan aliran listrik, dengan menggunakan proses kimia yang terencana
  • Merancang dan merencanakan peralatan yang digunakan di lapangan
  • Menguji dan memantau proses manufaktur
  • Menyelesaikan masalah yang bersangkutan dengan proses manufaktur
  • Memastikan proses produksi dan pembangunan fasilitas mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku
  • Memperhitungkan biaya produksi/manufaktur
  • Menyiapkan proposal dan anggaran, biaya tenaga kerja, menulis laporan dan pekerjaan manajerial lainnya. Seringkali, insinyur kimia dan material perlu bekerjasama dengan teknisi, insinyur dan ilmuwan lainnya.
  • Menilai kelayakan suatu materi/bahan baku, menganalisa kekurangan dari materi tersebut dan cara mengatasinya.

 

Ada banyak bidang spesialisasi teknik kimia dan material. Beberapa contohnya adalah oksidasi (memanfaatkan reaksi oksigen dengan kimia lain untuk menghasilkan unsur kimia lain), polimerisasi (membuat plastik atau resin), nanomateri, hingga teknik biologi.

 

Setelah lulus, mahasiswa teknik kimia dan material dapat bekerja di industri produksi energi, elektronik, makanan, tekstil dan kertas. Mereka perlu mengerti secara menyeluruh dampak proses manufaktur terhadap lingkungan sekitar, serta keamanan kerja dan keamanan produk bagi konsumen.

 

 

Ilmu teknik kimia dan material ini digunakan di hampir semua industri, mulai dari merancang dan menguji bahan yang digunakan untuk membuat suatu produk, baik itu produk kecil seperti chip komputer, hingga yang berukuran raksasa seperti sayap pesawat terbang.

 

Selama kuliah, mahasiswa teknik kimia dan material akan mempelajari sifat dan struktur besi, keramik, plastik, komposit, nanomateri (partikel-partikel kecil), serta zat-zat lainnya untuk menghasilkan materi lain yang memenuhi standar mekanik, elektrik dan kimia yang diminta/dibutuhkan.  

 

Dalam pekerjaannya, lulusan teknik kimia dan material akan membantu memilih bahan baku untuk suatu produk, hingga membuat materi yang akan dijadikan bahan baku jika perlu.

 

Sewaktu kuliah, mahasiswa teknik kimia dan material akan mempelajari cara menggunakan komputer untuk membuat replika dari karakter suatu materi dan komponen yang bersangkutan. Keahlian ini dibutuhkan oleh hampir semua bidang, mulai dari bidang teknik, mekanik, kimia, listrik, nuklir hingga luar angkasa.

 

 

Beberapa contoh profesi yang ditekuni oleh lulusan jurusan teknik kimia dan material adalah:

 

Ceramic engineer 

Terlibat dalam proses mengubah keramik menjadi produk jadi

 

Composites engineer 

Membuat bahan baku dengan teknologi khusus, dan kemudian digunakan dalam industri pesawat terbang, automobil dan industri lainnya.

 

Metallurgical engineer 

Mengkhususkan diri dengan bahan baja seperti besi, alloy dan aluminium, untuk diolah menjadi produk jadi.

 

Plastics engineer 

Mengembangkan dan menguji plastik atau polimer untuk kegunaan lain.

 

Semiconductor processing engineer 

Menerapkan prinsip ilmu materi dan teknik untuk menghasilkan materi mikroelektronik untuk pembuatan teknologi komputer, penginderaan, dan lain-lain.

 

Wiraswasta

Menguasai ilmu teknik kimia dan material, kamu dapat memulai industri rumahan, misalnya membuat sabun, pewarna makanan dan lain-lain.

 

Menurut data sensus di Amerika, lulusan dari jurusan teknik kimia dan material rata-rata digaji $87,690 per tahun. Berikut adalah rinciannya:

 

Produksi spare-part dan produk pesawat luar angkasa

$104,310

Manufaktur komputer dan elektronik

$90,700

Penelitian dan pengembangan dalam bidang fisika, teknik dan life science

$90,210

Teknik

$85,360

Manufaktur baja

$74,830

Manufaktur minyak dan batu bara

$112,670

Manufaktur bersifat kimia

$100,530

Manufaktur resin, karet sintetis, serat sintetis dan filamen

$100,040

 

 

Jika kamu tertarik untuk kuliah jurusan teknik kimia dan material, disarankan untuk memiliki nilai yang bagus dalam semua bidang IPA: matematika, aljabar, trigonometri, kakulus, biologi, kimia, fisika dan komputer.  

 

Sewaktu kuliah, mahasiswa tidak hanya menghadiri kelas kuliah dan tutorial, tetapi juga banyak terlibat dalam kegiatan laboratorium untuk mempelajari teknik dan teknologi terkini. Kesempatan magang juga banyak tersedia di universitas luar negeri, supaya mahasiswa mereka mengenal lingkungan kerja dengan baik.

 

Jika kamu berencana untuk berkarir di luar negeri setelah lulus, disarankan untuk memilih program kuliah yang tersetifikasi oleh ABET, karena kebanyakan perusahaan besar lebih suka memperkerjakan lulusan dari program yang terakreditasi.  

 

Program kuliah teknik kimia dan material di luar negeri:

 

 

 

Kuliah teknik kimia dan material dimana?

 

 

Untuk persyaratan berbahasa Inggris dibutuhkan skor TOEFL minimal 550. Jika memiliki sertifikat A Level dalam bidang matematika, fisika dan kimia akan lebih membantu lagi.

 

Persyaratan masuk setiap universitas berbeda-beda. Disarankan untuk konfirmasi ke universitas yang bersangkutan mengenai persyaratan masuk yang mereka minta. Jika belum memenuhi persyaratan masuk, pada umumnya universitas akan menyarankan program kuliah alternatif, atau program jalur (pathway/foundation) yang bisa diikuti sebelum mengikuti program gelar yang diinginkan.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS