Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Prospek kerja Lulusan jurusan Pemasaran

share image
17491

Semua aspek bisnis membutuhkan tenaga pemasaran/marketing supaya dapat membantu perusahaan mengidentifikasi dan memahami konsumen mereka. Jika kamu mengambil pemasaran sebagai jurusan kuliah, beberapa bidang karir ini cocok untuk kamu:

 

 

Karir umum dalam Pemasaran

 

Umumnya dalam karir pemasaran, lulusan pemasaran biasanya diposisikan sebagai karyawan magang dalam perusahaan periklanan, atau dalam departemen pemasaran perusahaan bisnis. Mulai dari sini, posisi pemasaran yang tersedia mencakup asisten, konsultan, koodinator, manajer, perencanaan, spesialis, dan banyak lagi sampai direktur pemasaran.

 

Semasa kerja kamu akan dapat menerapkan pengetahuan dan keahlian kamu dalam pemasaran, dan melihat semua prinsip pemasaran yang kamu pelajari selama kuliah diterapkan, dengan jadwal kerja kantoran mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore dan kemungkinan lembur ketika ada proyek besar, bekerja berkelompok bersama banyak rekan, dan melakukan perjalanan bisnis lokal maupun internasional untuk bertemu klien.

 

Karir pemasaran juga mencakup peran dalam periklanan, manajemen brand, pemasaran digital, pemasaran email, pemasaran internasional, iklan cetak, pemasaran media sosial.

 

 

Peran dalam pemasaran berhubungan dengan penggunaan bahasa dalam proses menjual barang atau jasa, dan pengetahuan dalam HTML ataupun bahasa pemrograman lain akan membantu dalam proses pemasaran online. Manajemen dan pengembangan produk juga adalah peran utama bagi tim pemasaran, bersama dengan analisa penelitian pasar untuk mensurvei konsumen, serta peran layanan konsumen untuk berkomunikasi dengan mereka.

 

Relasi publik berperan dalam memperkenalkan perusahaan, brand, dan klien kepada masyarakat, sedangkan manajer atau representatif membantu mengatur hubungan dengan klien. Sementara itu manajer produksi mengawasi pengembangan produk dan manajer penjualan membantu menjalankan inisiatif pemasaran yang telah direncanakan oleh tim pemasaran.

 

Dikarenakan aspek bisnis pemasaran sering sejalan dengan hitungan angka, sektor perbankan, keuangan, asuransi, akuntansi, manajemen juga merupakan pilihan karir populer bagi para lulusan pemasaran.

 

Peran yang tidak umum dalam pemasaran mencakup pendidikan, bagaimana mengajar orang lain tentang pemasaran, menggunakan keahlian dalam persuasi dan pengetahuan pasar.

 

Jika kamu memiliki bakat kreatif, kamu juga dapat mempertimbangkan peran dalam sektor fashion, desain grafis, perencanaan even, percetakan, desain web, musik dan industri olahraga.

 

 

Faktor utama dalam pemasaran di masa depan berkaitan dengan big data dan pemasaran mobile. Berikut adalah peran pemasaran di masa depan yang mungkin kamu minati:

 

Ahli Teknologi Kreatif: berhubungan dengan teknologi (termasuk pemrograman dan arsitektur jaringan), memberikan solusi kreatif terkait teknologi.

 

Manajemen Komunitas: menggabungkan pemasaran media sosial, brand, layanan konsumen untuk mengembangkan komunitas yang terkait.

 

Manajer Pemasaran Mobile: membantu menghasilkan kampanye mobile yang relevan dan terkoneksi dengan pengalaman sosial konsumen untuk meningkatkan hubungan dengan brand.

 

Cari program S1 Marketing di luar negeri

Cari program S2 Marketing di luar negeri

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

71150