Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

PROSPEK KERJA LULUSAN JURUSAN PERFILEMAN & PERSYARATAN MENDAFTAR KULIAH KE LUAR NEGERI

765

Jurusan Perfileman mengajarkan teori, praktek dan segala aspek dari pembuatan film. Mahasiswa akan mempelajari semuanya mulai dari sejarah film, screenwriting, menulis evaluasi/kritik, menyutradarai, film-film Hollywood blockbusters hingga hasil karya rumah produksi.

 

 

KULIAH JURUSAN PERFILEMAN DI LUAR NEGERI

 

Program Bachelor (S1) jurusan perfileman memakan waktu 4 tahun. Selama kuliah, mahasiswa akan dipandu untuk memilih mata kuliah yang tepat, mengenal pilihan karir yang dapat ditempuh setelah lulus, ataupun pilihan program studi lanjutan (misalnya S2).

 

Perkuliahan S1 mengenalkan mahasiswa dengan gambaran yang luas dari teknik pembuatan film, beragam peralatan yang digunakan, beserta teori-teori, misalnya sejarah dari berbagai genre film, aspek dan elemen kreatif dari pembuatan film dan lain sebagainya, yang nantinya akan mendasari kegiatan praktek.

 

 

Tergantung modul yang dipilih, mahasiswa mungkin akan menghabiskan banyak waktu di studio untuk mengembangkan keahlian sinematografi, misalnya mengedit film, screenwriting, dan menyutradarai film.

 

Mahasiswa tidak hanya menghadiri kelas kuliah, tetapi juga kegiatan praktek, yang bisa termasuk program (baik wajib atau tidak). Sewaktu magang, mahasiswa mungkin akan ditugaskan di lokasi syuting, baik itu film ataupun tv show, dokumenter dan lingkungan kerja yang bersangkutan, supaya mereka dapat mengenal dan membiasakan diri dengan lingkungan kerja yang sesungguhnya.

 

 

Untuk dapat mendaftar ke program S1 jurusan perfileman, pendaftar harus telah lulus SMU, dan beberapa universitas meminta portofolio, atau kumpulan hasil karya/film yang pernah dibuat, dan pengalaman yang pernah ditempuh di bidang yang bersangkutan.

 

 

 

 

 

Jika ingin mengambil topik yang lebih khusus, mahasiswa S1 dapat melanjutkan ke perkuliahan S2. Pada umumnya, mahasiswa akan memilih untuk berspesialisasi dalam sinematografi, pembuatan film, atau menulis skenario.

 

Perkuliahan S2 jurusan perfileman membutuhkan waktu 2 tahun. Program gelar S3 juga tersedia bagi mahasiswa lulusan S2 yang ingin berkarir di bidang pendidikan atau riset.

 

Persyaratan berbahasa Inggris yang diminta pada umumnya adalah skor TOEFL minimal 550 untuk S1 dan 600 untuk S2, atau tes bahasa Inggris lainnya yang diakui. Setiap universitas memberlakukan persyaratan masuk yang unik. Disarankan untuk mencari informasi persyaratan masuk di situs resmi universitas.

 

Jika ternyata belum memenuhi persyaratan masuk, dapat mengirimkan email untuk berkonsultasi dengan universitas. Pada umumnya mereka akan menyarankan program jalur atau persiapan yang mengarahkan mahasiswa dapat diterima di program gelar yang diiinginkan.

 

 

 

KEAHLIAN YANG DIPELAJARI DARI JURUSAN PERFILEMAN

 

 

Selain keahlian praktikal dalam membuat film, seperti bagaimana cara menggunakan kamera dan mengedit rekaman, mahasiswa jurusan perfileman juga akan mempelajari beragam keahlian yang dapat digunakan di banyak bidang. Beberapa contohnya adalah:

  • kemampuan riset dan komunikasi
  • manajemen proyek, bekerja secara mandiri dan dalam kelompok
  • berpikir kritis dan kreatif
  • mengatur waktu dengan baik
  • kemampuan teknikal yang baik

 

 

 

SETELAH LULUS KERJA JADI APA?

 

Jika bekerja di bidang perfilman, tv dan video, lulusan jurusan perfileman dapat bekerja sebagai editor, kameraman, fotografer, pengarah seni, asisten sutradara, manajer lokasi, atau bekerja di bagian riset. Penghasilan rata-rata dari seorang sutradara adalah $68,440 per tahun, sedangkan seorang sinematografer rata-rata menghasilkan $49,080 per tahun. Produser menikmati penghasilan lebih tinggi, yaitu rata-rata $105,550 per tahun.

 

 

Lulusan baru biasanya memulai dari tingkat dasar, tetapi ini juga tergantung bakat dan koneksi. Ada juga lulusan yang mengambil pekerjaan freelance sambil melanjutkan perkuliahan S2. Beberapa contoh pekerjaan freelance adalah:

  • Koordinator
  • Asisten sutradara
  • Pengarah gaya fotografi
  • Penulis naskah
  • Penyiar/pembawa acara

 

Industri percetakan juga memperkerjakan lulusan dari jurusan perfileman, misalnya di perusahaan surat kabar, majalah, publikasi online membuka lowongan kerja seperti jurnalis film, manajer atau editor, atau bekerja di bagian riset dan produksi film dan foto.

 

Beberapa bidang bisnis seperti periklanan, marketing dan komunikasi juga mencari lulusan jurusan perfileman untuk mengisi posisi seperti pengarah seni, account manager, copywriter dan riset pasar.

 

Jika memiliki gelar S2 dari jurusan perfileman, juga dapat berkarir di bidang pendidikan.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS