Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

PROSPEK KERJA LULUSAN JURUSAN SENI TARI (DANCE) & PERSYARATAN MENDAFTAR KULIAH KE LUAR NEGERI

8358

APA ITU SENI TARI (DANCE)?

 

Seni tari adalah seni yang mengekspresikan diri melalui gerakan badan, dan biasanya disertai dengan musik. Sewaktu menari, penari mencoba untuk mengekspresikan beragam pemikiran dan emosi dengan gerakannya. Beberapa jenis tarian juga sering digunakan untuk storytelling (bercerita).

 

 

Dalam seni tari, fisik sangatlah penting. Sehingga setiap penari wajib menjaga kondisi fisik dengan sebaik mungkin, supaya mereka dapat tampil prima sewaktu pertunjukan. Seringkali untuk menjaga kondisi badan dan postur tubuh ideal, mereka perlu mengikuti serangkaian diet dan latihan secara rutin.

 

 

 

JENIS-JENIS TARIAN

 

Ballet

Ballet adalah jenis tarian yang paling umum dan mendasar. Banyak jenis tari lainnya yang diinspirasi oleh tari balet. Tari balet telah ada sejak berabad-abad yang lalu, dan dianggap sebagai tarian yang paling indah dan anggun. Tarian ballet identik dengan musik klasik, akan tetapi, seiring perkembangan jaman, jenis musik lain juga digunakan untuk mengiringi tarian ballet.

 

 

 

Moderen Dance

Modern dance mirip dengan ballet klasik, tetapi dengan peraturan dan gerakan yang lebih bebas. Moderen dance cukup popular di saat ini, tidak hanya di kalangan remaja, tetapi juga anak-anak. Selain untuk pertunjukan, banyak kelas moderen dance untuk anak, supaya mereka melatih kelenturan badan dan gerak motorik. Moderen dance lebih disenangi karena lebih fun, bebas, dan ekspresif.

 

 

Tap Dance

Tap Dance memanfaatkan bunyi dari sepatu untuk menciptakan gerakan dan irama yang menyenangkan.

 

 

 

Jazz Dance

Sesuai namanya, tarian ini menganut aliran jazz. Gerakannya disesuaikan dengan alunan musik jazz. Beberapa penari dapat mengekspresikan dirinya dengan baik melalui tarian ini, sehingga karakter mereka tampak jelas.

 

 

Hip Hop & Breakdance

Kedua jenis tarian ini termasuk dalam moderen dance, tetapi diiringi oleh musik hip hop. Gerakannya cepat dan banyak perubahan.

 

 

Lain-lain

Masih banyak jenis tarian di dunia, baik itu adalah tari rakyat, latin, tarian asia, barat dan masih banyak lainnya.

 

 

 

 

 

APAKAH PENTING MEMILIKI GELAR DARI JURUSAN SENI TARI?

 

Secara teknis, tidak dibutuhkan pendidikan formal untuk dapat berkarir di bidang seni tari. Akan tetapi, belajar dari penari professional atau di institusi seni tari ternama akan sangat membantu prospek karir.

 

Banyak penari memulai karir sejak usia muda. Misalnya ballerina professional sudah mulai mengikuti kursus sejak kecil, sebelum mereka sekolah. Setelah mereka merasa cocok dengan bidang ini, mereka melanjutkan ke pendidikan formal.

 

 

Perlu tidaknya gelar dari universitas terhadap karir seorang penari tergantung dari jenis profesi. Misalnya, koreografer dan guru tari perlu memiliki gelar dari jurusan seni tari di universitas. Mereka wajib memiliki pengalaman dan bakat di bidang tarian mereka. Akan tetapi, hal ini juga tergantung dari peraturan setempat. Di beberapa kota, sertifikat dari kursus tari sudah cukup jika ingin menjadi guru tari.

 

Penari yang telah lulus dari universitas dengan gelar jurusan seni tari akan lebih berpeluang untuk terpilih oleh teater, kelompok tari, atau studio produksi ternama.

 

 

 

 

Studio produksi biasanya memperkerjakan penari untuk tampil dalam film atau video musik. Kebanyakan perusahaan yang bergerak dalam bidang tarian dan pertunjukan juga membutuhkan koreografer.

 

Seorang penari professional dapat membuka studio seni tari dan menjadi instruktur. Jika kamu bercita-cita untuk membuka studio tari, disarankan untuk mengambil gelar di bidang bisnis juga.

 

 

 

 

KEAHLIAN YANG DIPELAJARI DI JURUSAN SENI TARI

  • Kemampuan untuk menerima kritik dan berimprovisasi

  • Percaya diri dan dapat berinteraksi dengan penonton

  • Kreatif & Artistik

  • Intuisi

  • Lincah dan bugar

 

 

 

TUGAS & TANGGUNG JAWAB SEORANG PENARI

  • Audisi secara individual, atau berkelompok untuk pertunjukan langsung, atau produksi video, film dan musik

  • Menginterpretasikan pesan yang ingin disampaikan lewat tarian beserta emosi melalui gerakan, kostum dan ekspresi wajah

  • Mempelajari, membuat koreografi suatu tarian dengan cepat dan dapat melakukan pertunjukan di depan banyak orang

  • Mempraktekkan teknik tarian selama berjam-jam berturut-turut, bahkan terkadang perlu melatih suatu gerakan yang sama berkali-kali supaya mahir dan dapat tampil dengan sempurna

  • Berlatih secara rutin, baik seorang diri, ataupun di bawah bimbingan instruktur atau direktur

 

 

 

PROSPEK KERJA LULUSAN JURUSAN SENI TARI (DANCE)

 

Persaingan di bidang ini cukup ketat. Sebelum diterima di suatu pekerjaan, penari perlu mengikuti audisi. Dan pekerjaan di bidang ini berdasarkan proyek. Jika suatu proyek telah selesai, maka harus mencari pekerjaan lainnya. Tentunya tidak akan menjadi masalah jika sudah terkenal, karena proyek dengan otomatis akan datang menawarkan diri. Para penari yang baru memasuki dunia kerja biasanya juga mencari pekerjaan sampingan lainnya selain bekerja sebagai penari.

 

Pertunjukan teater dan musikal adalah lowongan kerja yang paling umum. Bayaran dari teater atau kelompok tari ternama bisa sangat menggiurkan. Selain bekerja untuk teater dan kelompok tari, penari juga dapat bekerja untuk studio tv atau pertunjukan musik.

 

 

Music video (MV) juga banyak membutuhkan penari. Produser MV akan mencari penari sesuai dengan aliran musik MV yang akan mereka muat. Misalnya MV musik hip hop akan mencari penari hip hop. 

 

Selain hanya menari dan terlibat dalam petunjukan, banyak penari yang terjun ke dunia pendidikan, baik itu di kelas kursus tari, atau mengajar privat, dan hingga membuat studio tari sendiri. Mereka juga dapat berkembang menjadi koreografer.

 

Beberapa lowongan kerja yang dapat dicoba oleh lulusan jurusan seni tari adalah:

  • Aktor
  • Ballerina
  • Koreografer
  • Penari Sirkus
  • Guru Tari
  • Terapis Tari
  • Direktur Artistik
  • Administrasi Seni
  • Manajer Seni
  • Instruktur Ballet
  • Fotografer
  • Direktur Gladi Resik
  • Programmer Teater
  • Instruktur Yoga

 

 

 

PENDAPATAN/GAJI LULUSAN JURUSAN SENI TARI

 

Menurut data biro tenaga kerja Amerika, rata-rata pendapatan per tahun seorang penari adalah $44,000. Pendapatan awal dimulai dari $31,200 dan dapat meningkat hingga $54,200 jika berhasil menempati posisi senior. Akan tetapi ini hanyalah gambaran umum. Karena ini adalah bidang kreatif, gaji seorang penari sangat ditentukan oleh talentanya. Penari profesional, terutama yang memiliki studio tari atau bergabung dengan perusahaan ternama bisa menghasilkan jauh lebih banyak.

 

Jika bekerja lepas (freelance), seorang penari akan dibayar $50 hingga $100 sekali tampil. Tetapi ada juga kontrak pertunjukan yang membayar hingga $1,500 per minggu.

 

Penari yang tampil dalam MV atau film biasanya dibayar per jam. Penari yang berpengalaman dapat menghasilan hingga ratusan dollar per hari. Akan tetapi penghasilan ini bukanlah penghasilan tetap, karena dibayar per proyek.

 

Pada umumnya, seorang guru tari dan koreografer juga dibayar per jam, dengan bayaran mulai dari $10 hingga $30 per jam. Bayaran untuk koreografer lebih tinggi, yaitu $35 per jam.

 

 

 

 

KULIAH JURUSAN SENI TARI (DANCE) DI LUAR NEGERI

 

Untuk dapat mendaftar ke program bachelor (s1) jurusan seni tari di luar negeri, tidak diperlukan persyaratan khusus. Selama telah lulus dari SMU, kamu dapat mendaftar. Pengalaman dalam bidang seni tari (misalnya pernah mengikuti audisi, kompetisi, atau memiliki sertifikat dari tempat kursus) tentunya akan membuat peluang kamu untuk diterima semakin besar. Untuk skor bahasa Inggris, biasanya universitas meminta skor minimal 500 hingga 550 untuk TOEFL.

 

Banyak juga universitas yang meminta untuk menulis personal statement untuk menunjukkan 'passion' kamu di bidang seni tari. Kamu perlu menjelaskan mengapa kamu mengambil jurusan ini, dan apa yang ingin kamu capai setelah lulus.

 

 

Untuk dapat diterima di program master (S2), ada beberapa universitas mewajibkan untuk telah memiliki pengalaman kerja di bidang seni tari, plus skor TOEFL minimal 600. Akan tetapi persyaratan masuk di setiap universitas berbeda-beda. Disarankan untuk mengecek dengan teliti persyaratan masuk yang diminta universitas sebelum mendaftar.

 

Kamu dapat memilih untuk mengambil dua gelar sekaligus, misalnya gelar dalam jurusan seni tari dan jurusan bisnis, atau jurusan lain yang kamu minati. Disarankan untuk bertanya kepada universitas, apakah kombinasi jurusan yang kamu inginkan tersedia.

 

 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS