Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

10 universitas terbaik di dunia 2018

93689

Setiap Tahun, QS (Quackquarelli Symonds) menilai universitas-universitas di seluruh dunia, kemudian merilis daftar peringkat berdasarkan reputasi akademi, reputasi alumni, kulitas tenaga pengajar dan penampilan internasional. Tahun ini, hampir 1,000 universitas dari 84 negara dinilai, dan berikut adalah 10 universitas dengan nilai teratas:

 

 

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Selama 6 tahun berturut-turut, MIT menempati peringkat teratas sebagai universitas terbaik di dunia. Universitas Amerika ini memperoleh nilai yang luar biasa dalam peringkat kali ini, dan merupakan satu-satunya universitas di dunia yang diberikan nilai 5+ oleh QS. Berikut adalah perolehan nilai MIT:

 

 

 

2. Stanford University

Stanford University yang berlokasi di Silicon Valley ini telah 2 tahun berturut-turut menggeser Harvard ke peringkat no. 3. Menurut table penilaian, semua indikator Standford sebenarnya tidak kalah dari MIT, tapi sayangnya jumlah mahasiswa internasionalnya kalah jauh jika dibandingkan dengan MIT:

 

 

 

 

3. Harvard University

Walau telah turun ke ranking 3 sejak 2 tahun berturut-turut, reputasi akademik dan prospek kerja lulusan dari universitas ini tetap mendapat skor 100.

 

 

 

4. California Institute of Technology (Caltech)

Caltech yang 2 tahun sebelumnya berada di peringkat ke-5 tahun ini berhasil naik 1 peringkat. Mungkin ini adalah berkat perolehan nilai yang tinggi dalam kategori rasio dosen: mahasiswa dan publikasi dari tenaga pengajar.

 

 

 

5. University of Cambridge

Berbeda dengan 4 peringkat sebelumnya, peringkat ke-5 ditempati oleh universitas Inggris: University of Cambridge. Walau posisi universitas ini terus bergeser turun dari peringkat ke-3 di tahun 2016 ke peringkat ke-4 di tahun 2017, dan kemudian ke peringkat ke-5 di tahun 2018, reputasi akademik dan prospek kerja lulusan masih tetap mendapatkan nilai sempurna.

 

 

 

6. University of Oxford

Tidak ada perubahan dari University of Oxford yang selama 3 tahun berturut-turut masih menempati posisi ke-6. Walau demikian, jumlah mahasiswa dan dosen internasional di universitas ini lebih banyak dari University of Cambridge.

 

 

 

7. UCL (University College London)

Walau masih berada di posisi yang sama seperti 2 tahun sebelumnya, UCL tahun ini berhasil meraih peringkat No.1 untuk kualitas pendidikan dan pelatihan.  UCL adalah salah satu universitas yang memiliki keberagaman mahasiswa tertinggi di dunia.

 

 

 

8. Imperial College London

Naik 1 peringkat dari tahun sebelumnya, Imperial College London adalah universitas yang terkenal akan jurusan sains, teknik dan bisnis.

 

 

 

9. University of Chicago

Setelah 2 tahun berturut-turut menempati peringkat ke-10, tahun ini University of Chicago berhasil naik 1 peringkat. Reputasi akademik dari universitas ini meraih skor yang nyaris sempurna, yaitu 99.9.  

 

 

 

10. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)

Akhirnya ada universitas di luar Amerika dan Inggris yang mendominasi peringkat 10 besar, yaitu ETH Zurich. Hanya saja, universitas ini turun 2 peringkat dari tahun lalu, mungkin karena rasio mahasiswa:dosen yang belum ideal.

 

Jangan kecewa dulu jika universitas favoritmu tidak masuk dalam daftar di atas, baca daftar lengkap peringkat QS World University Ranking 2018 di sini.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

136946

Mengapa TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Mungkin banyak yang bertanya, kuliah ke luar negeri kan bukan untuk belajar Bahasa Inggris, kenapa sih harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa diterima di univesitas luar negeri?   Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil

42938