Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

5 TIPS MEMBUAT CV/RESUME KAMU LEBIH MENARIK DENGAN MENGGUNAKAN DIGITAL MEDIA

share image
992

Sebagai mahasiswa universitas, kamu mungkin pernah mendengar akan pentingnya untuk memiliki CV atau resume yang baik. Pada dasarnya ini adalah kesan awal dari calon perusahaan yang akan mempekerjakan kamu, dan dapat meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan panggilan wawancara.

 

Dalam dunia digital, persaingan untuk pencarian kerja semakin meningkat. Dengan lebih banyak perusahaan yang saat ini menggunakan website pencarian kerja dan perekrut online dibanding dengan cara tradisional dengan menggunakan bursa lowongan kerja di koran.

 

Ditambah lagi, teknologi membuat perekrut online semakin mudah untuk menyaring resume yang tidak sesuai dengan persyaratan mereka.

 

Bahkan jika kamu mengirimkan email langsung ke perusahaan, mungkin masih banyak lagi resume yang harus diperiksa untuk lowongan kerja yang sama.

 

Dari ribuan pendaftar, bagaimana agar kamu dapat membuat resume kamu terlihat menonjol? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu:

 

 

1. Buat Resume Dalam Bentuk Video

 

Resume dalam bentuk video adalah salah satu cara untuk menarik perhatian. Khususnya hal ini akan sangat berguna bagi pekerjaan yang berdasarkan kinerja seperti akting, mengajar atau presentasi. Hal ini juga akan memberikan gambaran seberapa baiknya kamu mampu untuk berbicara dan mempresentasikan diri kamu sendiri untuk pekerjaan yang membutuhkan proses untuk berkomunikasi dengan klien dan menjual produk.

 

Akan tetapi, resume dalam bentuk video juga dapat beresiko dan akan berakibat buruk jika tidak dilakukan dengan baik. Tentunya kamu tidak ingin mempermalukan diri kamu sendiri atau ditolak hanya karena kualitas video yang tidak baik!

 

Jadi jika kamu berencana untuk mengirimkan resume dalam bentuk video, usahakan melakukannya dengan sebaik mungkin. Kamu bisa mencoba untuk meminta teman kamu yang memiliki pengalaman pembuatan video untuk bantuan. Mempersiapkan naskah pembicaraan, latihan dan membuat beberapa video percobaan sebelum membuat hasil akhir.

 

Minta masukan dari teman dan keluarga kamu sebelum kamu mengirimkannya dan buat perubahan yang sesuai. Juga harus diingat, video sebaiknya berdurasi pendek, sekitar 60-90 detik.

 

Hal ini membutuhkan banyak usaha dan memakan waktu, tapi akan sangat menguntungkan dalam jangka waktu panjang.

 

 

sumber: loftresumes.com

 

 

2. Tautan

 

 

Di tahun 2019 ini, resume kamu kemungkinan besar akan dibaca melalui komputer. Dengan menambahkan tautan di resume kamu akan memberikan kamu daya saing yang lebih baik, karena perusahaan akan lebih mudah menemukanmu melalui profil Twitter dan LinkedIn kamu, proyek online dan portofolio yang kamu miliki, blog pribadi ataupun apa saja yang kamu rasakan relevan dengan karir profesional kamu.

 

 

3. Gunakan Kata Kunci Industri

 

 

Dalam dunia digital perekrutan, banyak perusahaan yang menggunakan sistem penyaring untuk memeriksa kata kunci yang terdapat di resume kamu.

 

Ambil waktu untuk menyesuaikan resume kamu dengan menambahkan kata kunci industri yang dapat memastikan resume kamu tidak ditolak. Jika kamu kurang yakin kata kunci apa yang harus digunakan, baca deskripsi pekerjaan dengan seksama dan ambil dari deskripsi tersebut kata kunci yang dapat kamu gunakan.

 

Akan tetapi jangan berlebihan dalam melakukannya atau resume kamu malah akan terlihat buruk.

 

 

4. Kreatif

 

Terdapat banyak cara untuk kreatif dengan resume kamu tanpa menjadikannya terlihat berantakan atau tidak profesional. Jika kamu lulus dengan program dalam bidang kreatif seperti desain grafis atau fotografi, ini adalah kesempatan untuk menunjukkan keahlian kamu melalui template dan gambar.

 

Untuk lulusan dalam bidang lain, kamu tetap dapat menggunakan beberapa trik kreatif untuk resume kamu dan membuatnya terlihat lebih menarik.

 

Contoh infografis resume dengan desain yang menarik dan mudah dibaca. Sumber: jreveal.org

 

Kamu bisa menggunakan infografis, permainan warna ataupun foto pribadi kamu. Kamu juga bisa menambahkan sidebar dan blok untuk menyusun informasi kamu ketimbang hanya menampilkan daftar pencapaian dan pengalaman kerja sebelumnya. Akan tetapi kamu harus memastikan agar resume kamu tetap terlihat bersih dan mudah dibaca.

 

 

5. Singkat dan Padat

 

Sangat menggoda untuk memasukkan semua keahlian kamu, pencapaian semasa sekolah menengah atas, pengalaman magang dan banyak lagi dalam resume kamu, akan tetapi direkomendasikan untuk memastikan resume kamu tetap singkat – terlebih untuk lulusan baru.

 

Perekrut tidak memiliki banyak waktu untuk membaca semua kata atau melihat semua halaman, dan lebih memilih apa yang dapat mereka lihat dengan mudah, jadi pastikan agar resume kamu hanya terdiri dari satu halaman jika memungkinkan.

 

Gunakan poin profil ketimbang kalimat yang panjang, dan pastikan biodata kamu sesingkat mungkin. Kamu juga dapat mendesain informasi kamu untuk setiap pekerjaan yang kamu daftar, mengurangi informasi tertentu yang tidak cocok dapat memberikan kamu lebih banyak tempat untuk menambahkan informasi yang lebih berguna.

 

Jika kamu tetap kesulitan untuk membuat resume kamu dalam satu halaman, kurangi margin dan gunakan font yang lebih kecil (akan tetapi pastikan font yang kamu gunakan tetap terbaca dengan jelas).

 

 

 

Sumber: studyinternational.com

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

349426

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

182678