Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

7 Ciri-ciri universitas yang memperhatikan prospek kerja mahasiswa

share image
1499

Jika menanyakan pertanyaan seperti ini kepada mahasiswa: “Apa yang kamu harapkan dari gelar yang sedang kamu kejar?” Mayoritas akan memberikan jawaban: “Pekerjaan yang memuaskan!”

 

Sayangnya, tidak semua universitas berfokus dalam menyiapkan mahasiswa untuk memasuki dan bisa bersaing dalam dunia kerja yang kompetitif. Jika kamu juga mementingkan prospek kerja setelah kelulusan, carilah universitas yang memiliki 7 ciri-ciri berikut:

 

1. Penempatan industri/magang

 

Beberapa universitas menjadikan penempatan kerja/magang sebagai bagian dari kurikulum kuliah. Ini adalah kesempatan yang sangat penting bagimu untuk mendapatkan pengalaman kerja profesional sebelum lulus kuliah – sehingga kamu punya topik pembicaraan sewaktu wawancara kerja. Dan melalui kesempatan magang, kamu juga bisa membangun koneksi yang mungkin berguna untuk kesempatan kerja setelah lulus nanti, terutama jika kamu ingin bekerja di bidang  STEM (Science, Technology, Engineering & Mathematics).

 

Magang biasanya berdurasi setahun tergantung program kuliah yang kamu pilih. Tahun ini dikenal sebagai ‘sandwich year’ dan biasanya dilakukan di tahun kedua atau ketiga.

 

 

2. Koneksi dengan perusahaan/pemberi kerja

 

Universitas yang mementingkan prospek kerja mahasiswa biasanya menjalin hubungan yang erat dengan banyak perusahaan/pemberi kerja. Dengan demikian layanan karir mereka lebih memberikan manfaat bagi mahasiswa. Selain itu akan banyak acara karir seperti presentasi yang disampaikan oleh perusahaan/pemberi kerja, pekan karir, skema pengalaman kerja dan lain sebagainya.

 

 

3. Program pertukaran mahasiswa

 

Menurut hasil studi European Commission yang diadakan pada tahun 2014, 64% perusahaan/pemberi kerja lebih menyukai kandidat yang memiliki pengalaman internasional. Jadi berpartisipasi dalam program pertukaran mahasiswa sewaktu kuliah (walaupun kamu telah kuliah di luar negeri) akan meningkatkan prospek kerjamu!

 

 

4. Lokakarya pelatihan dan pekan rekrutmen

 

Seberapa sering universitas mengadakan pelatihan dan lokakarya pencarian kerja untuk membantu mahasiswa mempelajari berbagai keahlian dan latihan wawancara kerja? Bagaimana dengan pekan karir? Apakah mahasiswa berkesempatan untuk bertemu dengan perusahaan atau pemberi kerja di bidang yang mereka minati? Apakan perusahaan sering menjalankan wawancara dalam kampus? Semua itu adalah tanda jelas bahwa universitas berkomitmen dalam membantu mahasiswa mencapai cita-cita karir mereka.

 

 

5. Tingkat diterima bekerja lulusan yang tinggi

 

Menurut data statistic dari pemerintah Inggris, rata-rata tingkat diterima bekerja Lulusan secara umum dari universitas-universitas Inggris adalah 89.1%. Selain melihat angka keseluruhan, kamu juga perlu mengecek persentase berdasarkan mata kuliah, dan mencari tahu posisi kerja seperti apa yang ditempati oleh para lulusan universitas tersebut.

 

 

6. Jaringan alumni yang bermanfaat 

 

Beberapa jaringan alumni menawarkan sejumlah fasilitas untuk para anggotanya, misalnya diskon untuk beli laptop atau kartu kredit universitas. Akan tetapi keunggulan yang sesungguhnya adalah koneksi yang bisa kamu manfaatkan. Jaringan alumni yang hebat memungkinkan kamu terhubung dengan para ahli di bidang karir yang kamu inginkan di seluruh dunia, dimana kamu bisa meminta masukan, panduan, mengakses lowongan kerja  dan memulai karir di posisi yang bagus.

 

 

7. Pelatihan dan pendanaan kewirausahaan

 

Universitas juga bisa memberikan layanan pendukung karir melalui pelatihan keahlian wirausaha dan memberikan dukungan untuk para calon wirausahawan, baik dalam bentuk lokakarya keahlian bisnis, dukungan start-up, hibah dan dana, atau kelompok studi mahasisswa. Walaupun kamu belum punya rencana untuk memulai usaha sendiri, pelatihan keahlian wirausaha adalah suatu pertanda bahwa universitas memiliki fokus kuat dalam membantu mahasiswa mencapai cita-cita karir mereka.

 

Nah, darimana kamu bisa tahu apakah universitas yang kamu minati menyediakan semua layanan di atas? Kamu bisa mencari tahu dari halaman situs resmi universitas, sosial media universitas, blog mahasiswa, atau yang paling mudah adalah dengan mengunduh brosur resmi universitas.

 

 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

346694

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

180645