Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

7 MANFAAT MENGHADIRI ACARA PAMERAN UNIVERSITAS

269

Untuk mempermudah para calon mahasiswa yang ingin mendaftar, universitas luar negeri kerap kali mengadakan acara pameran di Indonesia. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menghadiri acara pameran ini. Beberapa di antaranya adalah:

 

1. Berbicara langsung dengan panitia pendaftaran

 

Salah satu keuntungan dari menghadiri acara pameran universitas adalah kesempatan untuk berbicara langsung dengan panitia pendaftaran. Kamu bisa menanyakan semua hal tentang pendaftaran, program kuliah, tempat tinggal dan lain-lain.

 

Tips: Supaya kamu tidak bingung apa yang perlu ditanyakan, dan bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik, coba baca terlebih dahulu brosur resmi universitas. Kamu bisa download gratis brosur resmi universitas di situs Hotcourses Indonesia.

 

 

 

Biasanya mahasiswa universitas yang sedang mengadakan pameran juga akan hadir di sana, jadi ini adalah kesempatan yang bagus untuk menanyakan pengalaman, meminta saran dan masukan dari para senior.

 

Tips: jangan lupa meminta email atau cara untuk menghubungi mereka. Siapa tahu kamu butuh konsultasi lebih lanjut.

 

 

2. Konsultasi Langsung

 

Apakah kamu perlu mengikuti tes IELTS atau TOEFL, atau tes lainnya seperti GRE atau GMAT? Atau kamu ragu untuk mendaftar karena nilai rata-rata di bawah persyaratan masuk universitas? Atau kamu baru akan tamat SMU tahun depan, bisakah mendaftar sekarang? Nah, kamu bisa konsultasi langsung dengan panitia pendaftaran.

 

Kebanyakan universitas juga akan menyediakan seminar gratis tentang tes-tes TOEFL atau IELTS dan tes lainnya. Kamu bisa mendapatkan tips belajar dan cara untuk mendapatkan skor tinggi di seminar gratis tersebut.

 

 

3. Dapatkan tips pendaftaran

 

Ini sangat berguna terutama bagi calon mahasiswa yang masih bingung ingin mendaftar ke jurusan apa, atau kuliah di negara mana. Panitia pendaftaran akan memberikan masukan, dan bahkan memberikan tips penting yang dapat memperbesar peluang kamu diterima di universitas, misalnya:  apa yang dinilai sewaktu panitia menelusuri berkas pendaftaran, kesalahan apa yang harus dihindari, bagaimana cara menonjolkan kelebihan kamu dan lain-lain.

 

 

4. Memahami persyaratan pendaftaran dengan baik

 

Walau persyaratan pendaftaran biasanya sudah tertera di situs atau brosur univesitas, tetap saja ada beberapa bagian yang membuat bingung kan? Misalnya tentang penyetaraan nilai, portofolio atau pengalaman kerja. Sebelumnya, kamu bisa membuat daftar kualifikasi yang kamu miliki, dan meminta masukan ke panitia pendaftaran. Jika misalnya kamu belum memenuhi syarat untuk diterima langsung, mereka akan merekomendasikan program persiapan yang cocok.

 

 

5. Minta masukan dari teman-teman baru

 

Selain panitia pendaftaran, kamu juga bisa bertukar pendapat dengan para calon mahasiswa yang hadir di sana. Mungkin kalian bisa bertukar informasi, misalnya materi persiapan tes yang bagus, lokasi kursus yang bagus, atau hal lainnya.

 

 

6. Mendapat masukan/pilihan baru

 

Walaupun kamu sudah punya rencana ingin mendaftar ke mana, tidak tertutup kemungkinan kamu akan mengenal pilihan yang lebih bagus, yang belum kamu ketahui sebelumnya. Kamu mungkin akan mendapatkan pilihan program studi yang lebih bagus dari pilihan sebelumnya.

 

 

7. Panduan untuk Beasiswa

 

Nah, hal yang seru lainnya adalah, di acara pameran universitas, kamu bisa mencari info beasiswa atau bantuan dana untuk mahasiswa. Terkadang panitia akan memberikan info yang tidak mereka umumkan di situs atau brosur.

 

 

Seru kan menghadiri acara pameran universitas? Kamu bisa cek jadwal acara pameran universitas di sini:

 

 

 

 

 

 

Sumber:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS