Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

8 Layanan Mahasiswa yang Mempermudah Hidup Kamu di Luar Negeri

979

Kuliah di luar negeri tidak hanya sekedar belajar dan pulang bawa gelar. Sewaktu kuliah, kamu akan belajar bergaul, merencanakan karir, mengenal kelebihan dan kelemahan diri sendiri, dan bersiap-siap untuk terjun ke masyarakat.

 

Mungkin banyak yang khawatir tidak bisa mengikuti pelajaran, takut susah berteman, takut gak betah dan lain sebagainya. Itu semua karena banyak yang belum tahu seperti apa kuliah di luar negeri itu. Sesungguhnya kekhawatiran itu sia-sia karena begitu sampai di kampus, kamu akan dikenalkan dengan sejumlah fasilitas, baik itu yang membantu kamu untuk mengatasi kesulitan dalam mengikuti pelajaran, kesulitan dalam berteman, menyesuaikan diri, hingga merencanakan masa depan.

 

Apa saja layanan mahasiswa yang disediakan oleh universitas di luar negeri? Kenali terlebih dahulu supaya kamu bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin.

 

 

1. Lokakarya dan Kelas Bimbingan

 

Hampir setiap universitas menawarkan lokakarya/workshop untuk membantu mahasiswa internasional mengikuti pelajaran. Kelas yang ditawarkan beragam, mulai dari hal sederhana seperti membuat catatan, mengadakan riset untuk menulis makalah hingga tips dan trik untuk mempersiapkan ujian dan manajemen waktu.

 

 

 

 

2. Language Center

 

Ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, atau ingin mempelajari bahasa lain untuk menambah nilai CV kamu? Kamu bisa mengunjungi language centre di kampus. Misalnya University of Amsterdam menyediakan kursus bahasa Belanda untuk mahasiswa internasional. Walau layanan ini seringkali tidak gratis, tetapi jauh lebih murah dibandingkan kursus di luar.  

 

 

 

3. Konselor Mahasiswa

 

Tidak semua orang gampang menyesuaikan diri di tempat yang asing. Konselor mahasiswa akan membantu mahasiswa untuk mengatasi setiap masalah, baik itu masalah kesulitan mengikuti pelajaran, pribadi, keuangan, visa, hingga homesick.

 

 

 

4. Serikat Mahasiswa

 

Serikat mahasiswa menaungi berbagai klub & perkumpulan mahasiswa. Mereka mengadakan banyak acara sosialisasi yang mendorong mahasiswa untuk saling mengenal satu sama lain. Kamu bingung bagaimana memulai percakapan? Jangan khawatir, kamu cukup mengikuti permainan/games, secara tidak sadar kamu telah menikmati perbincangan dengan teman baru. Kamu juga bisa mengikuti beragam klub dan perkumpulan yang sesuai dengan minat kamu. Di sini kamu bisa melatih banyak soft skill, seperti kerjasama dalam kelompok, manajemen waktu, komunikasi, leadership dan lain-lain.

 

 

 

 

5. Acara dan Pelatihan Networking

 

Untuk meningkatkan peluang kerja, sangat penting untuk membangun koneksi sesegera mungkin. Jika kamu adalah orang yang susah untuk mendekati orang lain, jangan khawatir. Kamu bisa mengikuti berbagai lokakarya yang mengajarkan kamu teknik mendekati orang (misalnya calon atasan, manajer di perusahaan tertentu, dan lain-lain) baik secara online (via email atau surat) maupun secara langsung. Kamu tidak hanya mendapatkan teknik secara teori, tetapi juga berkesempatan untuk praktek melalui berbagai acara networking yang diadakan kampus.  Disitu kamu bisa berlatih bagaimana cara memperkenalkan diri, dan membangun koneksi.

6. Konseling Karir 

 

Layanan ini sangat berguna, terutama bagi mahasiswa yang belum jelas ingin menjalani karir apa setelah lulus. Di sini, mahasiswa akan diajak untuk mengenal bakat dan minat dan menemukan jalur karir yang cocok. Selain itu juga akan mengajarkan berbagai teknik penting dalam mencari pekerjaan, menulis CV dan menghadiri wawancara. Biasanya career centre di kampus juga akan mengadakan berbagai acara, misalnya career fair, talk show dari alumni sukses atau tokoh industri yang dapat memotivasi atau memberikan inspirasi karir bagi mahasiswa. Mahasiswa disarankan untuk aktif mengikuti setiap lokakarya atau acara yang diadakan. Karena selain mempelajari berbagai teknik yang bisa meningkatkan prospek kerja, juga berkesempatan untuk mengenal orang-orang dan membangun koneksi, yang nantinya mungkin akan bermanfaat bagi prospek kerja kamu setelah lulus.

 

 

 

7. Layanan Kesehatan

 

Kondisi badan yang tidak fit tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika kamu sakit sewaktu kuliah, tidak perlu bingung harus cari dokter kemana atau beli obat apa. Karena di kampus tersedia pusat kesehatan, dimana kamu bisa berobat. Layanan ini gratis bagi mahasiswa internasional yang memiliki asuransi kesehatan. Perlu diketahui beberapa negara (misalnya Inggris, Amerika, Australia) mewajibkan mahasiswa internasional untuk membeli asuransi kesehatan sebelum dapat berkulian.

 

 

 

8. Gimnasium

 

Di gimnasium atau fitness centre, kamu dapat menjaga badan tetap sehat dan bugar. Kamu bisa mengikuti olahraga apapun yang kamu minati. Setiap kampus menyediakan layanan dan fasilitas yang berbeda.  Jika kamu hobi olahraga, kamu bahkan bisa mengikuti pertandingan olahraga kampus atau antar kampus.

 

 

 

Ternyata komplit sekali bukan layanan mahasiswa yang disediakan di dalam kampus. Perlu diketahui, istilah yang digunakan setiap kampus bisa saja berbeda-beda. Misalnya di kampus A menggunakan Career Centre sebagai sebutan layanan karir, atau kampus B menggunakan istilah Career Office dan lain sebagainya. Yang perlu kamu lakukan adalah menghadiri acara orientasi/induction day, dimana semua fasilitas ini akan diperkenalkan, termasuk lokasi dan cara akses. Jika kamu belum jelas, jangan sungkan untuk bertanya ke International Office.

 

Informasi fasilitas juga bisa kamu dapatkan dari prospektus resmi, yang bisa kamu download di sini:

 

 

 

Sumber:

7 Amazing Student Services You Definitely Need to Use

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS