Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Apa itu Ujian SAT

11215

SAT (Scholastic Aptitude Test) adalah ujian standardisasi yang diciptakan oleh  College Board. Tes yang diadakan enam kali dalam satu tahun ini diakui secara global dan menjadi acuan universitas sewaktu menerima mahasiswa. Lebih dari dua juta mahasiswa mengikuti tes SAT setiap tahun.

 

 

Perlukah saya mengikuti tes SAT?

Jika kamu ingin mendaftar ke universitas di Amerika untuk jenjang kuliah S1, kamu wajib ikut tes ini. Selain Amerika, tes SAT juga berlaku di Inggris, Singapura, Finlandia dan Australia. Berbeda dengan TOEFL dan IELTS yang menguji kelancaran berbahasa Inggris, tes SAT menguji kesiapan kamu untuk mengikuti perkuliahan S1 di luar negeri. SAT juga bisa menjadi nilai plus jika kamu ingin mendapatkan beasiswa, dan bahkan beasiswa tambahan.

 

Tes SAT terbagi menjadi 2 jenis:

  • SAT Reasoning Test: menguji kemampuan pelajar dalam membaca, menulis dan matematika
  • SAT Subject Test: menguji keterampilan pelajar dalam bidang-bidang studi tertentu

 

​SAT Subject Test dikategorikan menjadi lima bidang studi umum:

 

Pada umumnya, mengambil SAT Reasoning Test sudah cukup, kecuali jika universitas yang kamu minati juga meminta skor Subject Test.

 

Berikut, Hotcourses Indonesia akan membahas lebih lanjut tentang SAT Reasoning Test.

 

 

Seperti apa format tes SAT?

 

Ada 3 format soal SAT, yaitu:

  • pilihan ganda
  • menulis jawaban
  • esai

 

Struktur tes SAT

 

1. Reading: 52 soal pilihan ganda yang berdurasi 65 menit

 

 

 

2. Writing & Language: 44 soal pilihan ganda yang berdurasi 35 menit

 

 

 

3. Math Test: Perpaduan antara soal pilihan ganda dan mengisi. Terdiri dari 2 bagian:

a. Bagian soal yang boleh menggunakan kalkulator: 38 soal, durasi 55 menit

b. Bagian yang tidak boleh menggunakan kalkulator: 20 soal, 25 menit

 

 

 

4. SAT Essay: Bagian ini menguji kemampuan pemahaman bacaan, analisa dan menulis. Kamu akan diberikan waktu 50 menit untuk membaca sebuah bacaan, kemudian menuliskan esai berdasarkan instruksi yang diminta.

 

 

 

 

Apasaja yang diuji dalam SAT?

 

1. Reading

Bagian ini berfokus pada keahlian dan pengetahuan yang telah kamu pelajari sewaktu sekolah menengah atas, dan yang kamu perlukan untuk sukses mengikuti perkuliahan S1. Di bagian ini, kamu akan membaca berbagai bacaan, dan juga grafik, kemudian menjawab soal. Kemampuan untuk memahami bacaan sangat penting untuk lulus dengan skor memuaskan di bagian ini.

 

Contoh soal Reading SAT

 

 

2. Writing & Language Test

Di bagian ini, kamu hanya perlu membaca soal, menemukan kesalahan dari kalimat, kemudian memperbaikinya. 

 

Contoh soal Writing & Language Test SAT

 

 

3. Math Test

Seperti dijelaskan di atas, tes ini terbagi dua. Bagian yang menggunakan kalkulator adalah soal-soal yang lebih rumit, sehingga menggunakan kalkulator akan membantumu untuk menghitung dengan lebih cepat. Di bagian yang tidak boleh menggunakan kalkulator, kamu akan diberikan daftar rumus matematika yang mungkin akan terpakai. Jadi di sini, kamu tidak perlu menghafal semua rumus matematika, yang penting kamu tahu rumus mana yang harus digunakan untuk menyelesaikan setiap soal.

 

Contoh soal Math Test SAT

 

 

4. SAT Essay

SAT Essay adalah ujian terpisah. Kamu tidak wajib mengikuti tes ini jika tidak diminta oleh universitas tempat kamu ingin mendaftar.

 

Yang perlu kamu lakukan untuk menyelesaikan bagian ini adalah: membaca bacaan yang disediakan, menjelaskan bagaimana cara penulis meyakinkan pembaca, kemudian dukung penjelasanmu dengan bukti yang bisa kamu dapatkan dari bacaan. Kamu tidak perlu menyatakan bahwa apakah kamu setuju atau tidak setuju dengan pendapat penulis bacaan.

 

Contoh Soal SAT Essay

Daftar universitas Amerika yang mewajibkan SAT Essay

 

 

Skor SAT

 

Total skor SAT yang akan kamu dapatkan berkisar dari 400 – 1600. Untuk masing-masing bagian (Reading, Writing, Math) kisaran skor adalah 200 – 800. Sedangkan untuk SAT Essay skor berkisar antara 2 – 8.

 

Sebelum mulai melakukan persiapan tes SAT, pastikan kamu telah membaca persyaratan masuk universitas yang kamu minati, dan sudah jelas dengan skor minimal SAT yang mereka minta. Jika hasil tes SAT belum mencapai target yang kamu inginkan, kamu bisa ambil ulang.

 

Informasi tentang persyaratan masuk bisa kamu peroleh dari brosur resmi universitas. Pilih dan download sekarang.

 

Catatan:

Tes SAT bukanlah pengganti dari tes TOEFL atau IELTS. Kamu bisa menanyakan hal ini ke universitas yang kamu minati. Akan tetapi, sebagian besar universitas Amerika meminta kedua tes tersebut.

 

 

Kapan kamu perlu mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti tes SAT?

 

Hal ini tentunya tergantung dari kemampuan masing-masing. Tetapi pada umumnya, disarankan kamu telah mulai bersiap-siap, baik itu mengikuti kelas kursus atau belajar secara otodidak sejak kelas 10 (SMA 1).

 

Kamu bisa mencoba menyelesaikan contoh soal SAT ini untuk mempertimbangkan apakah kamu perlu mengikuti kelas persiapan, atau kamu bisa belajar sendiri.

 

 

Biaya, jadwal dan lokasi tes SAT

 

Ada 17 lokasi ujian SAT di Indonesia. Akan tetapi tidak semua lokasi menyediakan tes untuk enam gelombang setahun. Klik di sini untuk informasi lebih jelas. Kamu bisa mencari berdasarkan tanggal ujian yang ingin kamu ikuti.

 

Untuk melihat jadwal tes SAT, klik di sini.

 

Rincian biaya tes SAT bisa kamu lihat di sini.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

160201