Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

TES SAT ITU APA SIH?

Kulik info struktur, lokasi dan biaya tes SAT serta alasan mengapa pelajar yang mau kuliah di luar negeri perlu mengikuti tes ini hanya di Hotcourses Indonesia!

68.4K
TES SAT ITU APA SIH?

Punya rencana kuliah di luar negeri? Kalau iya, maka kamu wajib tahu bahwa banyak universitas di Amerika Serikat dan beberapa negara lain mencantumkan hasil nilai tes SAT (Scholastic Aptitude Test) sebagai salah satu persyaratan masuk. Tapi sebenarnya apa sih yang diuji tes ini, berapa biayanya, dan seperti apa struktur tes SAT? Langsung saja baca penjelasan berikut dari tim Hotcourses Indonesia.

 

APA ITU TES SAT?

 

Tes SAT adalah ujian standardisasi yang diciptakan oleh College Board, sebuah lembaga nirlaba yang berbasis di AS. Tes ini umumnya diikuti oleh para pelajar yang telah menuntaskan pendidikan 12 tahun dan ingin memasuki jenjang perguruan tinggi. SAT telah diakui secara global dan menjadi acuan berbagai universitas luar negeri saat menerima mahasiswa baru.

 

Berbeda dengan TOEFL dan IELTS yang menguji kelancaran berbahasa Inggris, tes SAT menguji kesiapanmu untuk mengikuti perkuliahan S1 di luar negeri. Nilai SAT yang baik juga bisa menjadi nilai plus jika kamu ingin mendapatkan beasiswa.

 

Pihak universitas luar negeri melihat nilai SAT sebagai indikasi apakah seorang calon mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan S1 dengan baik - Hotcourses Indonesia

Pihak universitas luar negeri melihat nilai SAT sebagai indikasi apakah seorang calon mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan jenjang S1 dengan baik

 

SIAPA YANG PERLU MENGIKUTI TES SAT?

 

Seperti yang telah disebutkan di atas, kamu wajib mengikuti tes ini jika kamu mau mendaftar ke universitas di Amerika Serikat untuk jenjang kuliah S1. Banyak universitas di negara-negara lain juga menerima nilai tes SAT, namun sifatnya tidak wajib. Negara-negara tersebut antara lain adalah Inggris, Kanada, Australia, Singapura, Malaysia.

 

JENIS-JENIS TES SAT

 

Sebelum tahun 2021, tes SAT terbagi menjadi 2 jenis:

  • SAT Reasoning Test: Tes yang bertujuan menguji kemampuan pelajar dalam membaca, menulis dan matematika.
  • SAT Subject TestTes yang bertujuan menguji keterampilan pelajar dalam bidang-bidang studi tertentu.

 

Namun pada tahun 2021, College Board memutuskan untuk menghentikan pelaksanaan SAT Subject Test. Penghentian ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi dan menyederhanakan tuntutan akademis yang diberikan pada para pelajar.

 

Mau tahu apa saja hal-hal yang diujikan dalam SAT Reasoning Test? Langsung intip bocorannya di bawah ini.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

STRUKTUR TES SAT

 

Tes SAT terbagi menjadi 3 bagian: ReadingWriting & Language, dan Math Test. Beberapa jenis soal yang akan kamu temui dalam SAT adalah:

  • Pilihan ganda
  • Menulis/mengisi jawaban

Pada tahun-tahun sebelumnya, SAT juga memiliki komponen SAT Essay yang bersifat opsional. Namun mulai tahun 2021, SAT Essay telah dihapuskan. Hal ini dilakukan karena pihak College Board memahami ada berbagai jalur lain yang diakui untuk mengukur kemampuan menulis para pelajar.

 

Yuk, kita dalami lagi bagian-bagian dari tes SAT.

 

1. Reading

Jumlah Soal: 52  (pilihan ganda)

Durasi: 65 menit

Bagian ini berfokus pada keahlian dan pengetahuan yang telah kamu pelajari sewaktu SMA, terutama yang kamu perlukan untuk sukses mengikuti perkuliahan S1 di luar negeri. Di bagian ini, kamu akan diminta menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks bacaan dan juga tabel atau grafik. Kemampuan untuk memahami bacaan sangat penting untuk bisa lulus dengan skor memuaskan di bagian ini.

 

 

Contoh-contoh soal bagian Reading bisa kamu temukan di sini

 

2. Writing & Language:

Jumlah Soal: 44  (pilihan ganda)

Durasi: 35 menit

Sama seperti bagian Reading, kamu akan diberikan berbagai teks bacaan dan grafik. Namun di bagian ini, kamu hanya perlu membaca soal, menemukan kesalahan di teks yang tersedia, dan kemudian memperbaikinya. 

 

 

Contoh-contoh soal bagian Writing & Language bisa kamu temukan di sini

 

3. Math Test (Ujian Matematika)

Tes ini terbagi dalam 2 bagian. 

  • Bagian soal yang boleh menggunakan kalkulator: 38 soal, durasi 55 menit

  • Bagian yang tidak boleh menggunakan kalkulator: 20 soal, durasi 25 menit

Soal-soal di bagian ini merupakan kombinasi pilihan ganda dan melengkapi/mengisi bagian kosong. 

 

Bagian yang menggunakan kalkulator memiliki soal-soal yang lebih rumit, sehingga menggunakan kalkulator akan membantumu menghitung lebih cepat. Di bagian yang tidak boleh menggunakan kalkulator, kamu akan diberikan daftar rumus matematika yang mungkin akan terpakai. Jadi kamu tidak perlu menghafal semua rumus matematika. Kamu hanya perlu tahu rumus mana yang harus digunakan untuk menyelesaikan setiap soal.

 

Math Test dirancang untuk mencerminkan perhitungan matematika yang akan kamu gunakan saat kuliah S1 di luar negeri, sewaktu bekerja dan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Penasaran seperti apa soalnya? Langsung saja intip contoh soal Math Test di SAT 

 

Penilaian SAT

 

Bagian Math Test akan mendapatkan penilaian sendiri, sementara penilaian bagian Reading dan Writing & Language akan digabungkan. Kisaran skor masing-masing bagian adalah 200 – 800. Jadi total skor SAT yang akan kamu dapatkan berkisar dari 400 hingga 1600. 

 

Sebelum mulai melakukan persiapan tes SAT, pastikan kamu telah membaca persyaratan masuk universitas yang kamu minati dan sudah mengetahui skor minimal SAT yang mereka minta. Jika hasil tes SAT belum mencapai target yang kamu inginkan, kamu bisa mengambil ulang tes ini.

 

Perlu diingat bahwa tes SAT bukanlah pengganti tes bahasa seperti TOEFL atau IELTS. Kamu tetap perlu mengikuti tes bahasa Inggris sebagai bagian persyaratan masuk kuliah di Amerika Serikat.

 

Dari semua peserta tes SAT, diperkirakan hanya 1% yang berhasil meraih nilai sempurna (1600) - Hotcourses Indonesia

Dari semua peserta tes SAT tiap tahunnya, diperkirakan hanya sekitar 1% akan berhasil meraih nilai sempurna (1600)

 

Kapan Harus Mulai Bersiap Mengikuti SAT?

 

Hal ini tentunya tergantung dari kemampuanmu sendiri. Tetapi pada umumnya, kamu sebaiknya mulai bersiap-siap sejak kelas X (1 SMA). Coba teliti contoh-contoh soal SAT untuk mempertimbangkan apakah kamu perlu mengikuti kursus persiapan tes SAT atau bisa belajar sendiri.

 

Biaya, Jadwal & Lokasi Tes SAT

 

Ada sekitar 20 lokasi ujian SAT di Indonesia. Akan tetapi tidak semua lokasi menyediakan jadwal ujian SAT sebanyak 7 kali dalam setahun. Informasi mengenai lokasi dan jadwal ujian SAT bisa kamu temukan di situs resmi College Board. Jangan lupa untuk memeriksa tenggat waktu pendaftaran di sini.

 

Rincian dana yang perlu kamu persiapkan untuk membayar biaya tes SAT tersedia di tautan ini. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kamu memahami kebijakan-kebijakan terbaru mengenai penyelenggaraan ujian SAT sehubungan dengan COVID-19.

 

Masih butuh info tambahan tentang kuliah di luar negeri? Kamu bisa membaca berbagai panduan yang telah kami susun mengenai tes-tes yang perlu kamu ambil untuk kuliah di luar negeri. Coba juga alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan universitas dan jurusan kuliah terbaik di mancanegara yang sesuai dengan kriteria pribadimu.

 

Masih punya pertanyaan tentang kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang punya segudang informasi untuk membantumu kuliah di luar negeri!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

collegeboard.org

wikipedia.org

test-guide.com

 

 

Wajib dibaca

article Img

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

195.4K
article Img

14 PERTANYAAN PENTING YANG PERLU KAMU TANYAKAN KEPADA KONSULTAN PENDIDIKAN LUAR NEGERI

Mendaftar kuliah ke luar negeri perlu banyak informasi dan waktu. Oleh karena itu tidak sedikit pelajar yang menggunakan jasa konsultan pendidikan untuk membantu pendaftaran ke universitas di luar negeri.   Baca juga: 5 kelebihan dari jasa konsultasi kuliah ke luar negeri .   Jika kamu juga berencana untuk menggunakan jasa konsultan pendidikan, berikut adalah daftar pertanyaan-pertanyaan penting yang perlu kamu tanyakan, supaya

88K